Cara Mengaktifkan Bluetooth dan Wifi Hilang di Laptop Setelah Upgrade Windows 10


Cara Mengaktifkan Bluetooth dan Wifi Hilang di Laptop Setelah Upgrade Windows 10. Kali ini saya akan share pengalaman saya mengenai masalah setelah upgrade Windows 10 terbaru, ya tidak lain dan tidak bukan ialah masalah wifi dan bluetooth hilang.

Bluetooth dan wifi hilang
Bluetooth dan wifi hilang


Seperti yang diketahui bahwa untuk Windows 10 versi terbaru ini pengguna akan disuguhkan dengan fitur-fitur menarik dan juga ringan untuk digunakan. Tapi di samping kelebihan-kelebihannya itu, ternyata masih saja terdapat bug, salah satu di antaranya ialah bug hilangnya wifi dan bluetooth ini.

Masalah ini juga pernah menimpa pada laptop saya, setelah sekian lama menunggu proses update nya yang memang lama ditambah kuota internet yang makin berkurang eh malah ketika kelar update ada aja masalah yang baru. Setelah googling sana-sini ke berbagai situs, hasilnya nihil ngga ngefek apa-apa, apes dah (kok malah curhat??)

Setelah bereksperimen, akhirnya saya bisa menemukan masalahnya dimana. Dan sengaja saya share dimari supaya kalian-kalian yang mempunyai masalah yang sama seperti saya bisa juga menikmati Windows 10 tanpa ada kendala apa pun. Saya menggunakan Laptop Lenovo G40-45, namun mungkin cara ini juga bisa dipraktekkan di laptop yang lain. Oke langsung saja inilah Cara Mengaktifkan Bluetooth dan Wifi Hilang di Laptop Setelah Upgrade Windows 10.

Install Driver Wifi dan Bluetooth Original

Cara Mengaktifkan Bluetooth dan Wifi Hilang di Laptop Setelah Upgrade Windows 10 yang pertama adalah kalian harus menginstall driver yang original. Kalian bisa mencari driver laptop kalian di situs resmi merk laptop kalian.

Selain mencari dari situs resmi, kalian juga bisa menginstall driver original dengan cara update driver. Caranya kalian bisa pergi ke device manager kemudian klik kanan pada driver wifi atau bluetooth, kemudian update driver.

Jangan sekali-kali menginstall driver dari pihak ketiga seperti Driver Booster, Device Doctor dan semisalnya. Karena biasanya dengan bantuan pihak ketiga ini driver yang diinstall kadang-kadang tidak cocok dengan hardware yang terdapat di laptop (pengalaman). So, selalu gunakanlah driver yang original.

Uninstall Lenovo Utility

Mungkin dipikiran kalian apa hubungannya Wifi dan Bluetooth hilang dengan Lenovo Utility? Ya memang kalau dipikir-pikir ngga ada hubungannya. Tapi, mungkin inilah cara yang paling jitu untuk menyelesaikan masalah yang kita bahas. Lah kok bisa? Sebenarnya cara ini tidak sengaja saya temukan, ketika itu saya sedang menguninstall software-software yang kurang penting karena drive C saya sudah hampir penuh.

Setelah uninstall Lenovo Utility ini dan restart laptop, saya terkejut ketika melihat Wifi dan Bluetooth saya yang tadinya hilang entah kemana tiba-tiba aja nongol di Action Center. Saya pun langsung berasumsi inilah penyebabnya selama ini.

Kalian bisa menguninstall Lenovo Utility ini melalui Control Panel maupun pihak ketiga. Saya saranin untuk menggunakan pihak ketiga seperti IOBit Uninstaller, karena biasanya software ini mampu menghapus file-file sampah yang tertinggal setelah menguninstall suatu software. Beda halnya menggunakan Control Panel.

Disable Start-up Lenovo Utility

Jika Cara Mengaktifkan Bluetooth dan Wifi Hilang di Laptop Setelah Upgrade Windows 10 yang kedua tidak berhasil, kalian coba install lagi Lenovo Utility, kemudian disable (non aktifkan) start-up nya. Caranya kalian pergi ke Task Manager (CTRL+SHIFT+ESC) kemudian pilih tab Startup. Kemudian pada Lenovo Utility kalian disable kan dengan klik kanan pada Lenovo Utility dan pilih Disable.

Nah, itulah Cara Mengaktifkan Bluetooth dan Wifi Hilang di Laptop Setelah Upgrade Windows 10. Jika ada pertanyaan kalian bisa tanyakan di komentar maupun fanspage salam tekno (saya saranin di fanspage agar cepat dijawab). Jangan lupa share artikel ini jika kalian rasa artikel ini bermanfaat, terima kasih telah berkunjung.

Related Posts:

8 Responses to "Cara Mengaktifkan Bluetooth dan Wifi Hilang di Laptop Setelah Upgrade Windows 10"

  1. Lenovo Utility kan buat laptop lenovo, kalau laptop lainnya?

    ReplyDelete
  2. "Mungkin" di laptop lain ada software yang sejenis sama lenovo utility gan

    ReplyDelete
  3. Wah... Terimakasih banyak ya infonya. Kebetulan laptopnya sama dan jenis ya sama. Jd membantu. Semoga sukses terus.. 😊

    ReplyDelete
  4. Salam tekno,
    Ini buat tambahan aja ....

    Mungkin harus dicoba juga untuk Add Hardware di Device Manager.

    Yang saya alami juga, option bluetooth di Action Center dan option bluetooth di Setting Device juga hilang.

    Saya coba lakukan Add Hardware.

    Caranya klik Action pada Device Manager, pilih Add legacy hardware,
    Klik Next pada Welcome to the Add Hardware Wizard.
    Pilih “Instal the hardware that manually I selected from a list (Advanced)”.
    Cari hardware type bluetooth yang ada pada laptop kamu, lalu seleksi dan klik Next.
    Seleksi atau klik model hardware bluetooth-nya dan klik Next.
    Kemudian akan muncul proses instal, lalu klik Finish jika selesai.
    Jika belum ada perubahan klik Scan for hardware changes.

    Kebetulan saya juga tulis tutorial lengkapnya di blog saya, http://komputer-ide.com/9-langkah-detail-cara-menghidupkan-bluetooth-di-laptop/


    Semoga tambahan info ini bermanfaat !

    ReplyDelete
    Replies
    1. bila dh tekan “Instal the hardware that manually I selected from a list (Advanced)”, tp tiada bluetooth dlm senarai tu, bagaimana ye?

      Delete
    2. klik Scan for hardware changes kakak

      Delete