Cara Jitu Memperbaiki Masalah Modem Tidak Bisa Connect ke Internet - Salam Tekno

Cara Jitu Memperbaiki Masalah Modem Tidak Bisa Connect ke Internet

Modem tidak connect ke internet
Modem tidak connect ke internet
Cara Jitu Memperbaiki Masalah Modem Tidak Bisa Connect Ke Internet. Modem, jaman sekarang siapa yang tidak tahu salah satu alat koneksi jaringan ini. Dengan ukurannya yang kecil dan mudah dibawa membuat alat ini seakan-akan menjadi salah satu daftar barang yang wajib dibawa oleh para pecinta internet khususnya para pelajar dan mahasiswa. Kemudahan dalam penggunaannya pun menjadi alasan tambahan kenapa modem masih populer sampai saat ini.

Namun dibalik kemudahannya, terkadang terdapat pula beberapa masalah yang muncul, di antaranya ialah yang sekarang akan dibahas dalam artikel ini yaitu masalah modem yang tidak bisa terkoneksi ke internet. Perhatikan gambar di bawah ini.

Modem tidak connect ke internet

Pernahkah sobat mengalami masalah modem seperti pada gambar di atas? Pada gambar tersebut saya menggunakan modem dengan merk Huawei E173, namun saya rasa merk modem apapun pasti tidak jauh berbeda penampakannya dan pasti sama cara memperbaikinya.

Penyebab Modem Tidak Bisa Connect ke Internet

Sebelum berbicara mengenai solusi, alangkah baiknya kita mengetahui beberapa penyebab kenapa modem kesayangan kita tidak bisa terkoneksi ke internet di bawah ini.

  1. Sim card (kartu yang digunakan untuk modem) telah habis paket internetnya atau berada dalam masa tenggang. Pastikan dulu sim card sobat sebelum melangkah ke langkah selanjutnya.
  2. Kemungkinan sobat tidak sengaja telah mengutak-atik pengaturan pada software bawaan modem dan telah melakukan kesalahan.
  3. Sering menggonta-ganti kartu sim yang menyebabkan pengaturan pada modem sering berubah-ubah.
  4. Masalah pada modem, seperti driver modem yang hilang karena virus, dan lain-lain.
  5. Sim card rusak atau tidak ada sinyal (sinyal pada modem bertanda silang). Kebanyakan permasalahan kenapa modem tidak bisa connect ke internet karena faktor ini.

Cara Memperbaiki Modem Tidak Bisa Connect ke Internet

Setelah kita mengetahui faktor penyebabnya, ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk bisa memperbaiki modem tidak bisa terkoneksi ke internet ini. Simak beberapa caranya di bawah ini.

1. Scan Komputer

Scan terlebih dahulu sistem pada komputer sobat. Hal ini dilakukan untuk mengetahui penyebab rusaknya modem sobat dikarenakan virus atau tidak.

2. Uninstall dan Install Kembali Driver Modem

Driver modem yang hilang bisa kita perbaiki dengan cara uninstall semua driver yang berhubungan dengan modem anda menggunakan Control Panel atau bantuan pihak ketiga seperti Revo Uninstaller, IOBit Uninstaller, dan lain-lain.

Setelah proses uninstall berhasil dilakukan, pasangkan modem dan install kembali driver modem sobat seperti biasa.

3. Ganti APN

Apa itu APN? APN adalah singkatan dari Access Point Name. Setiap sim card atau provider pasti berbeda-beda settingannya. Misal sobat memakai kartu XL namun menggunakan APN Telkomsel, sudah pasti akan ada gangguan. Maka dari itu, sobat harus memakai APN yang sesuai dengan sim card yang sobat gunakan.

Bagaimana cara mengubah settingan APN? Setiap merk modem sudah pasti memberikan menu yang berbeda satu sama lain. Namun biasanya pada menu Settings>>Setting Preferences>>Profil Management inilah tempat kita dapat menyetting APN.

Untuk beberapa konfigurasi APN pada setiap provider sim card sobat bisa download melalui link di bawah ini.

4. Buat Koneksi Dial Up

Terakhir, apabila modem sobat masih tidak bisa terkoneksi ke internet sobat harus membuat koneksi dial up di komputer sobat. Untuk cara pembuatan dan cara penggunaannya sobat bisa lihat melalui link di bawah ini.


Nah begitulah Cara Jitu Memperbaiki Masalah Modem Tidak Bisa Connect ke Internet, semoga bermanfaat dan dapat membantu permasalahan sobat semua. Terima Kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

18 Responses to "Cara Jitu Memperbaiki Masalah Modem Tidak Bisa Connect ke Internet"

  1. Wah kebetulan nih modemku lagi error, thx artikel nya sangat membantu

    ReplyDelete
  2. thanks gan :) jadi gak perlu keluar buat benerin modem

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah nih, tadinya saya mau kekonter buat perbaiki, abis searhing dapet disini , makasih gan

    ReplyDelete
  4. Wih.dulu ane juga punya masalah gini juga gan.

    Tapi karna malas setting setting..yawdah gw pakai wifi aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sayang tuh gan modem nya jadi nganggur

      Delete
  5. Waah, makasih infonya mas
    Barusan modem ane bermasalah

    ReplyDelete
  6. Jadi kalo dalam masa tenggang ga bisa ya?

    ReplyDelete
  7. wah ,.. terimakasih banyak gan infonnya , barusan saya muter muter nyari cara biar bisa connect ,. akhirnnya ketemu di sini

    ReplyDelete
  8. Gan saya dah coba smua cara di atas tpo blom bsa juga
    Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  9. hallo bos, beberapa hari kemaren saya beli modem, kenapa klw panas kok modem ya mati ya, apa modem ya yg rusa ya, mohon bantuan solusi ya bos, sebelum ya terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan modemnya overheat, seperti Handphone kalau sudah panas, bisa mati sendiri.

      Delete
  10. Kenapa ya mas modem tmn saya di laptop dia bisa tpi dlaptop saya tidak bisa pdhal di laptop saya udh connect tpi gdk internet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di uninstall dulu drivernya kemudian pasang lagi, sesuaikan APN dengan yang sudah saya bagikan di atas.

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel