Cara Memindahkan (Ripping) Video DVD ke Penyimpanan Harddisk


Seiring perkembangan teknologi, terutama perkembangan layanan streaming seperti Youtube, penjualan DVD kini semakin merosot. Hal ini mungkin menjadi pertanda bahwa DVD akan menyusul pendahulunya, VHS dan kaset audio. Bila hal itu terjadi, DVD player sendiri mungkin sudah tidak akan laku lagi di pasaran.

Sebelum itu terjadi, akan lebih baik jika kamu memindahkan file video dari DVD yang kamu punya ke harddisk kamu. Hal ini dilakukan mengingat DVD ini terkenal sangat rentan mengalami kerusakan. Tentunya kamu tidak mau kan jika kehilangan video kesayangan kamu gara-gara kaset DVD kamu rusak. Apalagi videonya itu video kenangan, seperti momen-momen pernikahan, reunian, dan yang lain, pasti nyesek banget kalau itu semua hilang.

Selain itu dengan kamu memindahkan video dari DVD, ini akan memudahkan kamu untuk menonton video itu kapanpun dan dimanapun kamu mau loh. Kamu bisa menonton di laptop bahkan di smartphone kamu. Jadi nonton video akan jadi lebih simpel dan efisien dibanding menggunakan DVD Player. Lalu bagaimanakah cara memindahkan video DVD ke harddisk?


cara memindahkan video dvd (ripping)

Cara Memindahkan Video DVD ke Harddisk

Perlu diingat, untuk memindahkan file video dari DVD ke harddisk tidak semudah mengcopy file lain seperti yang biasa kamu lakukan. Jika biasanya kamu hanya CTRL+C kemudian CTRL+V untuk memindahkan file tertentu, maka hal itu tidak akan berlaku untuk memindahkan file video dari DVD. Kamu memerlukan bantuan pihak ketiga (software) dalam proses ini.

Ada banyak software DVD ripping yang bisa kamu gunakan. Dari mulai yang berbayar sampai yang gratis pun ada. Untuk software berbayar tentunya kamu harus mengeluarkan dana yang tidak sedikit. Untuk beberapa software DVD ripping tertentu, kamu bisa menghabiskan biaya lebih dari $50. Tapi tenang saja, software gratisan pun tidak kalah dengan software berbayar.

HandBrake

Salah satu software gratis yang bisa kamu andalkan adalah Handbrake. Software ini telah tersedia untuk digunakan di Windows, Mac, dan juga Linux. Hebatnya lagi, software ini juga bisa digunakan untuk mengkonversi video ke format dan codec lainnya. Recommended banget nih pake software ini.

Download: Handbrake (Gratis)
Download: libdvdcss (32-bit)
Download: libdvdcss (64-bit)

Untuk apa libdvdcss? Ini untuk memasuki DVD Copy Protected. Tanpa file ini, kamu tidak akan bisa memindahkan file video DVD kamu. Sebab DVD Copy Protected ini biasa tertanam di dalam DVD untuk mencegah pembajakan. Ini adalah area abu-abu legal, tidak ada software ripping DVD yang bisa memasuki DVD Copy Protected ini kecuali Handbrake. Tentunya hal ini bisa menambah kehebatan software satu ini.

Download dan install Handbrake. Kemudian pindahkan file libdvdcss ke folder instalasi Handbrake. Biasanya terletak di C:\Program Files atau Program Files(x86)\Handbrake. Jika sudah, mari kita ke langkah memindahkan video DVD ke Harddisk.

libdvdcss copy

Langkah Memindahkan Video DVD ke Harddisk

Langkah 1: Pindai DVD Kamu

Sebelum menjalankan software, masukkan dulu DVD ke DVD Room pada laptop maupun PC kemudian buka software Handbrike.

Setelah software terbuka, kamu akan melihat menu Source Selection di sisi kiri layar. Double klik pada ikon DVD dan abaikan pilihan Folder dan File.

Handbrake pilihan sumber


Handbrake akan memakan waktu beberapa saat untuk memindai konten. Disinilah kegunaan file libdvdcss, jika kamu sampai salah meletakkan file ini, maka akan muncul pesan kesalahan. Jika tidak muncul, kamu akan dibawa ke menu Settings.

Pengaturan awal handbrike

Langkah 2: Pilih Konten Kamu

Handbrike memungkinkan kamu untuk memilih konten apa yang ingin kamu pindahkan dari DVD. Kamu dapat melakukan semua pengaturan ini di menu Source.

Pengaturan source

Video DVD dapat dipecah menjadi beberapa bagian. Hal ini dilakukan untuk memudahkan navigasi dan Angle (sudut). Pada DVD modern, Angle biasanya digunakan untuk menyimpan dubbing atau subtitel yang ada pada video. Aturlah Angle dan Chapters sesuai keinginan kamu. Kamu juga dapat mengubah Chapters menjadi Frame atau Second dalam proses pemotongan video.

Langkah 3: Pilih Lokasi Penyimpanan

Disini kamu tinggal memilih lokasi tujuan dimana kamu ingin menyimpan video hasil ripping. Klik Browse untuk memilih tujuan dan pastikan kamu memberikan rip nama yang sesuai.

Pengaturan output

Langkah 4: Setel Kualitas

Di sisi kanan layar, kamu akan menemukan menu Presets. Secara default, handbrake akan menyesuaikan sendiri kualitas output video dengan kualitas asli DVD kamu. Selain itu, kamu juga bisa menentukan sendiri kualitas output yang ingin kamu gunakan.

Pengaturan kualitas output

Ada banyak pilihan yang bisa kamu pilih. Tapi yang perlu diingat, semakin tinggi kualitasnya maka akan semakin lama bagi handbrake dalam melakukan proses pemindahan video kamu.

Langkah 5: Pilih Audio dan Subtitel

Di bagian bawah tampilan handbrake, kamu akan melihat enam buah menu: Picture, Filters, Video, Audio, Subtitles, dan Chapters.

Pada menu Picture, Filter dan Video, kamu bisa bebas mengatur bagian ini sesuai dengan keinginan kamu. Yang perlu kamu perhatikan adalah pada menu Audio dan Subtitles. Pilihlah audio dan juga subtitel yang sesuai dengan bahasa yang kamu pakai.

Pengaturan audio


Langkah 6: Rip DVD Kamu

Nah setelah kamu menyesuaikan pengaturan output video, sekarang tinggal saatnya untuk memindahkan video dari DVD kamu. Kamu cukup klik tombol Start Encode yang ada di bagian atas layar.

Mulai proses ripping

Proses ripping (pemindahan video dari DVD) bisa memakan waktu cukup lama, hal ini tergantung pada durasi video dan pengaturan kualitas yang telah kamu pilih tadi.

Untuk memantau progres pemindahan file, kamu bisa mengeceknya melalui menu Activity Log.

Log proses aktivitas

Yup itulah cara memindahkan (ripping) video DVD ke penyimpanan harddisk. Seperti biasa, kamu dapat meninggalkan masukan dan pendapat kamu di bagian komentar di bawah ini. Terima kasih.

Related Posts:

32 Responses to "Cara Memindahkan (Ripping) Video DVD ke Penyimpanan Harddisk"

  1. Wah Mantap gan, saya bookmark dulu barang kali nanti pengen nyoba.
    Thanks untuk sharing nya..

    ReplyDelete
  2. Makasih mas tutorialnya sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  3. Nyobain ah, btw nice artikel gan....

    ReplyDelete
  4. ternyata bisa yah?, nice post gan

    ReplyDelete
  5. oh ternyata ini cara yg bner, pntesan saya prnah copy file dri dvd langsung ke hdd gk bisa

    ReplyDelete
  6. Kebetulan banget nemu post ini saat aku binguung gunda serta galau mau mindahin video dvd ke hdd tp ngak tau. Makasih pencerahannya gan.

    ReplyDelete
  7. Thank tipsnya sekalian ijin sedot ya gan..

    ReplyDelete
  8. Jos keren bgt , sangat bermanfaat

    Www dot gmlirik dot blogspot dot com

    ReplyDelete
  9. ternyata bisa ya kayak gitu,, izin coba gan, thanks

    ReplyDelete
  10. ijin download gan, terimakasih banyak artikel nya sangat membantu :*

    ReplyDelete
  11. keren om, ukuran video langsung kempes abis pake handbrake. tapi kualitasnya lumayan juga gak jatuh" banget sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, kalau mau kualitasnya yang bagus setting kualitasnya juga harus tinggi, tapi bisa membutuhkan waktu yang lama dalam proses ripping nya

      Delete
  12. Skrang sya tau nih klo gmpang cranya, izin download ya gan

    ReplyDelete
  13. oh, ternyata begini toh..
    Selama ini pasrah aja. makasih gan.

    ReplyDelete
  14. Info yang bagus gan, bisa buat tambahan pengetahuan

    ReplyDelete
  15. Kalo ane sih biasa pake aplikasi isobuster tapi ini baru tau pake handbrake juga bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Isobuster itu software berbayar gan, saya menggunaken Handbrake karena disamping free, juga kegunaannya tidak kalah jauh sama software berbayar.

      Delete
  16. wah kebenaran nih gan ane suka edit video cuma size nya itu gede gede

    ReplyDelete
  17. mantap ternyata sangat mudah untuk memindahkan nya :D

    ReplyDelete
  18. bermanfaat nnih ,, ini ni tutor yg mendidik :D

    ReplyDelete
  19. wah hal baru nih gan makasi makasi tutorialnya mudah untuk dilakukan

    ReplyDelete
  20. gini toh, sempet musing musing nyarinya, thanks gan

    ReplyDelete
  21. Terima kasih informasinya, turtorialnya mudah dipahami.

    ReplyDelete
  22. terima kasih mas salam kenal aja semoga sukses semua amien

    ReplyDelete
  23. Replies
    1. Rip dulu pake cara di atas, klw sudah jadi file video, burning lagi ke kaset dvd sebanyak-banyaknya. Selesai.

      Delete