Cara Menggunakan SSH di Android Tanpa Root Gratis, Cepat dan Tanpa Ribet - Salam Tekno

Cara Menggunakan SSH di Android Tanpa Root Gratis, Cepat dan Tanpa Ribet

Menggunakan SSH di android ini adalah lanjutan dari artikel kemarin yang membahas tentang cara membuat akun SSH. Silahkan kunjungi terlebih dahulu artikel tersebut karena akan ada hubungannya dengan artikel kali ini.

Seperti yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya, penggunaan SSH (Secure Shell) ini dapat melindungi lalu lintas pertukaran data yang sedang berlangsung dari ancaman virus maupun malware yang merajalela di internet.

cara menggunakan ssh di android

Kelebihan lain dalam menggunakan SSH di android yakni dapat meningkatkan kecepatan internet, membuka situs yang terblokir, memasang aplikasi android yang tidak tersedia di negara kamu, berinternetan gratis, dan masih banyak lagi.

Tidak seperti menggunakan VPN di android yang bisa dengan berbagai macam cara seperti yang telah saya jelaskan di artikel yang lain, untuk menggunakan SSH di android kamu hanya bisa mengandalkan aplikasi pihak ketiga untuk melakukannya.

Hal ini dikarenakan sistem android hanya menyediakan pengaksesan VPN di dalamnya. Apakah ini berarti VPN lebih baik dari SSH? Tidak juga.

Penggunaan VPN dan SSH mempunyai tujuan yang sama, sama-sama untuk memproteksi data yang terhubung dalam jaringan yang dipakai. Semua ini hanya masalah fitur yang ada di android saja menurut saya.

Lalu bagaimanakah cara menggunakan SSH di android tanpa root? Simak penjelasannya di bawah ini.

Cara Menggunakan SSH di Android

Sebelum masuk ke tutorial, saya akan terlebih dahulu mengecek IP asli saya di Whatismyip.com.

informasi ip sebelum ssh

Pertama tentunya kamu harus mempunyai akun SSH. Jika belum punya silahkan kamu buat terlebih dahulu. Kamu bisa cek cara membuat akun SSH 30 hari ini.

Setelah mempunyai akun SSH, kamu butuh aplikasi pihak ketiga untuk menggunakannya.

Dari sekian banyak aplikasi tunneling SSH yang ada, saya lebih menyarankan pada aplikasi KPN Tunnel Revolution.

Kenapa? Karena KPN Tunnel Revolution ini penggunaannya gak ribet dan bisa dipasang pada android yang tidak di root. Aplikasi ini gratis dan tersedia di playstore. Unduh dan pasang terlebih dahulu di android kamu.

Download | KPN Tunnel Revolution (Gratis)

Setelah terpasang, buka dan jalankan KPN Tunnel Revolution. Seperti inilah tampilannya.

Tampilan kpn tunnel revolution

Pilih Tipe Proksi dengan Proksi Direct dan Port Lokal-nya adalah 2323. Untuk Payload Dasar, biasanya diisi dengan celah/bug operator untuk berinternet gratis, akan tetapi karena kita hanya akan menggunakan SSH di android, cukup kosongkan saja.

Mengatur tipe proksi dan port

Tap menu setelan yang ada di sebelah kiri titik tiga vertikal. Centang dan buka pengaturan SSH Tunnel. Untuk pengaturan yang lain, biarkan saja seperti itu.

Mengatur SSH Tunnel

Selanjutnya adalah cara memasukan akun ssh di android.

Pada menu Server SSH, masukkan nama server, port, nama pengguna (username), dan kata sandi (password) akun ssh yang telah kamu buat sebelumnya.

Memasukkan akun ssh

Gulir ke bawah pada menu Koneksi, centang pada Menghubungkan Ulang dan isikan Ping Url dengan www.bing.com. Ping URL ini bertujuan agar koneksi internet kamu menjadi stabil.

Mengatur Ping koneksi

Gulir lagi ke bawah pada menu Lanjutan. Aktifkan Kustomisasi DNS dengan mengisi DNS Utama 8.8.8.8 dan DNS Cadangan 8.8.4.4 (ini merupakan DNS Google).

Mengatur dns

Nyalakan akses data dan tap Mulai, jika ada pemberitahuan perijinan penggunaan VPN oleh KPN Ultimate, pilih saja Yes atau Ijinkan.

Memulai menggunakan ssh di android

Jika telah terhubung, maka akan muncul notifikasi pada android kamu seperti di bawah ini.

Notifikasi ssh terhubung

Terakhir, silahkan kamu cek kembali IP kamu di Whatismyip apakah telah berganti dengan server SSH atau belum. Dan selamat, sekarang kamu sudah bisa menggunakan SSH di android.

Informasi IP setelah terhubung SSH
Oke begitulah cara menggunakan SSH di android. Jika artikel ini dirasa bermanfaat, silahkan share artikel ini ya. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menggunakan SSH di Android Tanpa Root Gratis, Cepat dan Tanpa Ribet"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel