3 Cara Menggunakan Whatsapp di PC dengan Mudah - Salam Tekno

3 Cara Menggunakan Whatsapp di PC dengan Mudah

Siapa sih sekarang yang tak mengenal aplikasi chatting bernama Whatsapp? Ya hampir dipastikan semua pengguna smartphone mengenalnya. Dari mulai kaum remaja bahkan sampai orang tua semua memakainya.

Dengan kemudahan dan disertai fitur-fitunya yang selalu terupdate dan paling sering dinantikan, Whatsapp mampu dan berhasil bersaing dengan aplikasi chatting lain yang sejenis, misalnya Blackbarry Messenger (BBM), Line, dan lainnya.

cara menggunakan whatsapp di pc

Hingga tak salah saya katakan bahwa Whatsapp adalah salah satu aplikasi yang wajib terpasang pada setiap jenis smartphone.

Pendapat saya ini tentunya didukung oleh fakta bahwa terdapat sebagian vendor yang menjadikan Whatsapp ini sebagai aplikasi bawaan pada smartphone besutan mereka.

Sejak awal peluncurannya, kita tahu bahwa Whatsapp hanya tersedia untuk para pengguna smartphone. Dari mulai Symbian, Blackberry, Windows Phone, Android, hingga IOS.

Namun seiring perkembangannya, Whatsapp sering melakukan update yang terbilang cukup mengejutkan bagi penggunanya.

Salah satu contohnya adalah dengan menghentikan peredarannya bagi smartphone dengan Operating System yang dianggap sudah tak lagi berkembang, di antaranya adalah Symbian dan Blackberry.

Mengingat sekarang smartphone Symbian dan Blackbarry sudah jarang ada yang menggunakan, bahkan sudah hampir tidak terlihat lagi di pasaran, memang pantas rasanya jika pihak developer Whatsapp memutuskan hal demikian.

Hingga pada akhirnya pada tahun lalu, CEO Whatsapp, Jon Koum melalui status media sosialnya mengumumkan bahwa Whatsapp sudah bisa diakses melalui PC, baik melalui Whatsapp Web, maupun pada aplikasi desktop.
Mungkin Anda tertarik
Cara menulis Arab di Word
Tentunya ini merupakan berita yang menggembirakan bagi para pengguna Whatsapp khususnya yang dalam kesehariannya selalu berhadapan dengan layar monitor dibanding smartphone.

Dengan Anda mengetahui cara menggunakan whatsapp di PC ini akan ada beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan. Misalnya saja, Anda akan bisa berinteraksi dengan keluarga, saudara, dan kerabat meskipun Anda tengah disibukkan dengan pekerjaan Anda di depan monitor.

Lalu bagaimanakah cara menggunakan Whatsapp di PC? Setidaknya ada tiga cara yang bisa Anda pakai. Simak pembahasannya berikut ini.

Tiga Cara Menggunakan Whatsapp di PC

#1 Mengakses Fitur Whatsapp Web

Cara menggunakan Whatsapp di PC yang pertama adalah dengan mengunjungi situs Whatsapp Web melalui browser Anda.

Dengan cara menggunakan Whatsapp web ini, ada satu hal yang perlu Anda ingat. Yakni Anda tidak benar-benar dapat menggunakan whatsapp di PC tanpa HP, artinya Anda tetap masih membutuhkan smartphone yang telah terpasang Whatsapp dan harus selalu aktif ketika proses berlangsung.

Cara kerjanya adalah dengan menscan QR Code yang tertera pada Whatsapp Web dengan menggunakan kamera smartphone. Cara melihat QR Code Whatsapp akan saya jelaskan sekaligus pada tutorial di bawah ini.

Pertama, buka browser di PC Anda. Anda bisa pilih menggunakan Google Chrome, Firefox atau lainnya.

Akses halaman https://web.whatsapp.com.

cara menggunakan whatsapp web

Buka aplikasi Whatsapp di smartphone. Tap titik tiga vertikal di ujung kanan atas dan pilih WhatsApp Web.

menu whatsapp web

Akan muncul pemberitahuan Pindai kode, tap OKE, saya mengerti untuk melanjutkan.

Pindai kode

Arahkan kamera Smartphone Anda menuju layar monitor, tepatnya pada QR Code yang tertera pada browser.

scan qr code whatsapp

Setelah proses pemindaian selesai, secara otomatis Anda akan diarahkan pada tampilan Whatsapp pada browser Anda.

whatsapp web

Selamat, Anda telah mengetahui cara menggunakan Whatsapp di PC dengan memakai Whatsapp Web. Sekarang Anda dapat melakukan aktivitas chatting pada PC layaknya pada smartphone Anda, misalnya mengirim pesan (chat), lokasi, voice note (rekaman suara), mengirim gambar, dan lain-lain.

#2 Menginstall Software Whatsapp for PC

Cara menggunakan whatsapp di PC kedua adalah dengan install whatsapp for pc windows 7 ke atas.

Caranya hampir sama dengan cara menggunakan Whatsapp Web di atas, perbedaannya hanyalah pada media yang digunakan. Jika pada Whatsapp Web menggunakan peramban web (browser), sedangkan pada kali ini adalah dengan menginstall Whatsapp PC.

Berikut langkah-langkahnya:

Unduh terlebih dahulu software Whatsapp PC dengan mengakses halaman https://www.whatsapp.com/download/. Pilih sesuai OS yang Anda gunakan.

Buka software Whatsapp PC yang telah Anda unduh. Tunggu hingga proses install selesai.

proses installasi whatsapp

Setelah proses install selsai, maka tampilan Whatsapp PC akan terbuka. Tampilannya tidak jauh berbeda ketika Anda mengakses Whatsapp Web.

whatsapp for pc

Buka Whatsapp pada Smartphone, tap titik tiga vertikal dan pilih Whatsapp Web.

menu whatsapp web

Jika sebelumnya Anda telah menggunakan Whatsapp di PC dengan Whatsapp Web, maka akan tampil status Komputer aktif. Untuk menambah komputer, tap tanda plus (+).

Komputer aktif

Arahkan kamera smartphone Anda pada QR code yang tampil pada software whatsapp.

scan qr code whatsapp

Selesai, sekarang Anda sudah bisa menggunakan Whatsapp di PC dengan cara yang kedua.
Catatan Penting
Dua cara tersebut di atas dapat Anda gunakan selama smartphone Anda juga dalam keadaan terkoneksi ke internet. Jika smartphone Anda offline, otomatis Anda juga tidak dapat mengakses Whatsapp melalui PC.

#3 Menggunakan Emulator Android di PC

Sebelum adanya Whatsapp Web dan software Whatsapp PC, banyak orang yang memanfaatkan emulator android ini untuk mereka gunakan dalam membuka whatsapp maupun aplikasi dan game android lain di PC mereka.

Untuk Anda yang sedang mencari cara menggunakan whatsapp di pc tanpa hp, mungkin cara ini juga bisa Anda gunakan.

Emulator android ini dapat Anda gunakan untuk menginstall semua jenis aplikasi maupun game android pada PC. Jadi seolah-olah Anda mempunyai smartphone dalam PC Anda sendiri.

Ada banyak sekali software emulator android yang bisa Anda coba. Di antaranya yang dapat saya sebutkan adalah Bluestack, Andy, Nox, MEmu, dan lain-lain. Tentu semuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Saya sendiri lebih merekomendasikan Anda menggunakan emulator android Bluestack dan Nox. Kenapa? Karena menurut saya kedua emulator tersebut cukup ringan dan hampir tidak mengalami lag ketika saya menggunakannya.

Selain itu, kedua emulator ini juga sangat populer dan banyak sekali digunakan oleh youtuber gaming dalam membuat konten-konten mereka.

Baiklah langsung saja untuk cara menggunakan whatsapp di pc dengan bluestack, terlebih dulu silahkan Anda unduh bluestack dan juga apk whatsapp melalui link di bawah ini.

Download | Bluestack (Gratis)
Download | Apk Whatsapp (Gratis)

Install bluestack seperti biasa Anda menginstall software yang lain, kemudian buka. Setelah itu, Anda import Apk whatsapp di PC Anda ke dalam bluestack.

Setelah diimport, pasang Apk whatsapp tersebut seperti Anda memasang aplikasi di smartphone android Anda, kemudian buka. Selanjutnya, silahkan Anda masuk ke whatsapp dengan menggunakan nomor telepon yang sudah terdaftar sebelumnya maupun dengan nomor baru. Selesai.

Kelebihan menggunakan whatsapp di pc dengan bluestack maupun emulator android lain adalah Anda tidak harus menggunakan smartphone yang terkoneksi ke internet ketika hendak membuka Whatsapp di PC. Artinya dengan atau tanpa kehadiran smartphone, Anda masih tetap bisa menggunakan Whatsapp di PC Anda.

Kesimpulan

Cara menggunakan whatsapp di PC dapat Anda lakukan dengan tiga cara. Yakni mengakses halaman Whatsapp Web, menginstall software Whatsapp PC, dan menggunakan emulator android. Tentu ketiga cara tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

Jadi, dari ketiga cara menggunakan whatsapp di PC tersebut, manakah yang akan Anda gunakan? Silahkan tulis pendapat Anda melalui kotak komentar di bawah. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "3 Cara Menggunakan Whatsapp di PC dengan Mudah"

  1. Saya sering pake cara yang pertama gan dengan whatsapp web. Saya malah baru tau ada software whatsapp tersendiri buat PC. Artikelnya bagus, semangat terus gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih telah berkunjung. Kami akan selalu menyediakan artikel yang bermanfaat bagi pembaca dengan penuh semangat tentunya.

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel