Cara Menggunakan VPN di PC, Gratis dan Mudah


Cara menggunakan VPN di PC gratis ini merupakan artikel lanjutan dari artikel sebelumnya mengenai cara membuat akun VPN. Berbeda pada Android, pada PC ini setidaknya ada empat cara yang bisa kamu gunakan. Keempat cara tersebut diantaranya, menggunakan setelan bawaan Windows, dengan OpenVPN Connect, memanfaatkan software pihak ketiga, serta menginstall extension (plugin) pada browser.

cara menggunakan vpn di pc
Image Credit: Denys Prykhodov via Shutterstock
Sebelum lanjut ke tutorial, sebaiknya kamu mempersiapkan terlebih dahulu dua buah akun VPN (PPTP dan OpenVPN) yang akan digunakan pada proses nanti. Belum tahu caranya? Silahkan kamu cek artikel cara membuat akun VPN gratis ini. Jika sudah punya akunnya, mari lanjut ke tutorial pembahasan.

Cara Menggunakan VPN di PC Gratis

Menggunakan Setelan Bawaan Windows

Sebelumnya saya meminta maaf pada pengguna Linux dan Ubuntu yang kebetulan membaca artikel ini karena saya hanya akan menjelaskan untuk pengguna Windows. Namun, saya rasa untuk pengguna Linux maupun Ubuntu tutorialnya sama seperti yang akan saya jelaskan, yang berbeda mungkin hanya terletak pada lokasi setelan VPN-nya.

Perlu diketahui juga, pada tutorial ini saya menjelaskan cara setting VPN di PC Windows 10. Untuk cara menggunakan VPN di Windows 7 maupun versi Windows yang lain tidak akan jauh berbeda dari tutorial yang akan saya jelaskan ini.

Oke, lanjut ke tutorial.

Siapkan akun VPN PPTP. Sudah punya? Bagus. Kalau belum, buat terlebih dahulu. Atau bisa gunakan akun contoh di bawah ini. Hanya berlaku selama lima hari sejak artikel ini dibuat loh ya hehe.

IP Address: 128.199.249.226
Username: tcpvpn.com-salamtekno
Password: 1
Pergi ke Windows Settings. Caranya klik menu Search dan ketikkan kata Settings. Kemudian pilih Network & Internet.

Windows settings
Pilih menu VPN dan klik Add a VPN connection.

Menu vpn windows 10
Isikan data-data yang diminta sesuai gambar di bawah ini. Jika sudah klik Save.

Settingan vpn

Nah untuk mengkoneksikan VPN-nya, klik ikon wifi di sebelah kanan bawah dan klik Connect pada profil VPN yang telah dibuat tadi.

Connect

Jika sudah terkoneksi dengan VPN, silahkan kamu cek IP negara kamu udah berganti belum. Caranya cukup kunjungi situs whatismyip.com.

Pengecekan server
Bisa dibilang cara yang pertama ini adalah cara menggunakan VPN di PC tanpa software. Hal ini dikarenakan yang dibutuhkan pada cara yang pertama ini hanyalah sebuah akun VPN.

Menggunakan Open VPN Connect

Sama seperti cara menggunakan VPN di android, di PC juga kamu bisa menggunakan software OpenVPN Connect ini. OpenVPN Connect adalah salah satu software VPN untuk laptop gratis. Nah untuk bisa menggunakan OpenVPN, kamu diharuskan untuk mempunyai akun sekaligus sebuah konfig. Maka dari itu buatlah terlebih dahulu sebuah akun dan download konfignya juga. Jika tidak, silahkan kamu download software OpenVPN tersebut beserta contoh akun dan konfignya di bawah ini.

Download | OpenVPN Connect for PC (Gratis)
Download | Config + Akun OpenVPN (Gratis)

Nah bagaimana cara menggunakannya? Simak tutorial berikut.

Setelah kamu download dan install software OpenVPN, klik panah segitiga Show hidden icons. Kemudian klik kanan pada ikon OpenVPN GUI dan pilih Import File.

Import config

Cari lokasi dimana kamu menyimpan config yang telah kamu download, kemudian klik Open.

Browse config

Jika muncul pesan import sukses, klik saja OK.

Sukses import

Kembali lagi ke ikon OpenVPN GUI, klik kanan dan klik Connect.

Proses konek openvpn

Masukkan Username dan Password akun kamu kemudian klik OK.

Masukkan username password

Jika telah berhasil terkoneksi, maka akan ada notifikasi seperti gambar di bawah dan icon wifi kamu akan berubah.

Openvpn connected

Terakhir silahkan kamu cek server internet kamu telah berubah atau belum.

Memanfaatkan Software Pihak Ketiga

Cara yang ketiga yang bisa kamu lakukan untuk connect VPN di PC adalah dengan bantuan software penyedia layanan VPN. Salah satu software yang bisa diandalkan adalah Psiphon. Selain gratis, Psiphon ini juga sering dicari oleh orang-orang untuk digunakan sebagai cara menggunakan vpn untuk internet gratis di PC. Ya, bisa dikatakan software ini sudah sangat familiar di kalangan para gretongan.

Download | Psiphon for PC (Gratis)

Cara penggunaan Psiphon ini saya jelaskan di tutorial di bawah ini.

Pertama, tentunya download dan install terlebih dahulu.

Buka software Psiphon dan pilih server yang mau digunakan. Ada banyak server yang tersedia. Disini saya mencontohkan dengan server United States. Jika sudah, klik Connect.

Konfigurasi psiphon

Tunggu sampai berhasil terkoneksi. Biasanya jika sudah Connect, kita akan langsung dialihkan ke website Psiphon.

Psiphon connected
Terakhir, seperti biasa lakukan pengecekan server dengan masuk ke website whatismyip.

Menginstall Extension (Plugin) Pada Browser

Cara terakhir dalam menggunakan VPN di PC adalah dengan menginstall extension pada browser kamu. Ada banyak extension yang tersedia di internet baik untuk Google Chrome maupun Mozilla Firefox. Namun kebanyakan berbayar, jika gratispun dibatasi dengan bandwidth yang menurut saya sangat kecil.

Tapi tenang, ada salah satu extension gratis yang menyediakan unlimited bandwidth. Namanya adalah Touch VPN. Silahkan download terlebih dahulu extension Touch VPN sesuai browser yang kamu gunakan. Untuk pengguna Chrome, kamu bisa download melalui link dibawah ini.

Download | Touch VPN for Chrome (Gratis)

Cara penggunaannya cukup mudah. Silahkan download dan install terlebih dahulu.

Setelah terinstall, klik Icon Touch VPN di pojok kanan atas browser.

Pada menu Browse, pilih All Sites. Dan pada menu From, silahkan pilih negara yang akan kamu gunakan. Saya menggunakan negara Canada sebagai contoh.

Konfigurasi ekstensi touch vpn

Biasanya setelah memilih negara, maka otomatis Touch VPN akan melakukan proses pengkoneksian ke server.

Touch vpn connected

Oke dan terakhir seperti biasa, silahkan lakukan pengecekan server.

Nah itulah bagaimana cara menggunakan VPN di PC gratis yang bisa saya sampaikan. Saya harap artikel ini bisa membantu kamu yang sedang mencari tutorial connect VPN lewat PC khususnya untuk Windows 10. Oke seperti biasa, silahkan masukkan dan saran kalian saya tunggu melalui kolom komentar di bawah. Terima kasih.

Related Posts:

20 Responses to "Cara Menggunakan VPN di PC, Gratis dan Mudah"

  1. Akhirnya bisaaaa......akses bt kuliah online
    Terimakasih ya, cinta banget deh
    Sukses selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kembali kasih mba Zulfa, terima kasih juga telah berkunjung.

      Delete
  2. Mas, kan aku coba download OpenVPN ya, dia minta akun sama password gitu. Itu mau liat akun sama password dimana ya? soalnya pas aku asal masukin namaku dan password langsung muncul tulisan "wrong username and password. please try again."
    mohon bantuannya :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus buat akun terlebih dahulu mba Lia, mba bisa cek di artikel kami mengenai cara membuat akun vpn. Terima kasih atas kunjungannya.

      Delete
    2. mas,klau misalny udh 5 hari gk bisa digunain lgi ya VPN nya?jdi harus buat id pasword baru?

      Delete
    3. Yup, benar sekali mas Deki Haryadi.

      Delete
  3. kak saya mau nanya.... kita ngubah vpn tuh untuk apa ya?

    ReplyDelete
  4. Tergantung keperluan, ada yang pake vpn buat game, menyembunyikan ip, dan lain-lain. Banyak yang bisa dilakukan.

    ReplyDelete
  5. Mas aku mau nanya, semua cara yang di atas tuh gaperlu pake alat tambahan lain lagi seperti modem atau yang lainnya? terus work ga semua cara yang di atas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting ada koneksi internet, semua cara di atas bisa dipakai, worked.

      Delete
  6. internet irrupted terus pakek windows 10 yg cara setting nya gk bisa terus min

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu agan pake cara yang ke berapa?

      Delete
  7. itu semuanya benar work nggk,kan itu gratisan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semuanya work gan, tak kalah sama yang berbayar. Bisa agan coba semua.

      Delete
  8. Saya coba pakai cara pertama di windows 7,kok harus isi Domain (Optional). Maksudnya itu mananya ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak usah diisi gan, karena itu hanya Optional (pilihan). Tidak diisi juga tidak masalah. Semoga work.

      Delete
    2. ga bisa nyambung gan... d minta domain username & pasword buat connectnya... -_-

      Delete
    3. Iya buat akun vpn terlebih dahulu gan, sudah ada tutorialnya di blog ini. Semoga berhasil.

      Delete
  9. gan .. gabis download file yg ini knp ya ? | Config + Akun OpenVPN (Gratis)

    thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan klik linknya, kalau udah masuk ke Zippyshare klik button Download yang berwarna jingga/orange. Terima kasih dan semoga berhasil.

      Delete