Cara Lengkap Mengubah (Convert) File Word ke PDF Secara Offline Maupun Online - Salam Tekno

Cara Lengkap Mengubah (Convert) File Word ke PDF Secara Offline Maupun Online

Dokumen dengan format word dan pdf merupakan dua jenis dokumen yang tengah populer saat ini. Dari mulai pelajar, mahasiswa, maupun orang kantoran semua pasti mengenal dan menggunakannya untuk keperluannya masing-masing. Baik itu keperluan studi, bisnis, maupun keperluan lainnya.

Kedua jenis format dokumen ini juga seakan-akan mempunyai keterkaitannya masing-masing. Hal ini tentunya bukan sekedar perkiraan saja, melainkan dibuktikan dengan banyaknya orang yang mencari cara convert file word ke pdf maupun sebaliknya.

cara convert word ke pdf

Pernahkah Anda mengalami masalah berupa dokumen yang telah Anda buat dengan rapi namun ketika Anda hendak ngeprint di tempat print malah semuanya jadi berantakan? Entah itu margin, spasi, dan lain sebagainya yang berubah.

Tentunya hal tersebut menjengkelkan bukan mengingat Anda mau tidak mau harus mengedit lagi dokumen tersebut dari awal yang tentu saja dapat membuang-buang waktu berharga yang Anda miliki.

Salah satu penyebabnya yakni berbedanya versi Microsoft Word yang digunakan di laptop Anda dengan yang terinstall pada komputer di tempat print. Misalnya, Anda menggunakan word 2013 sedangkan yang terinstall di tempat print adalah word 2007, tentunya hal ini dapat merusak dokumen Anda ketika dibuka di tempat print.

Nah untuk mencegah hal yang tidak diinginkan tersebut, Anda bisa mencoba dengan cara mengubah file word ke pdf.

Selain untuk mencegah isi dokumen Anda berantakan, cara mengubah format word ke pdf juga dapat mengamankan dokumen Anda dari serangan virus yang mungkin saja tertanam pada komputer di tempat print tujuan Anda.

Cara mengubah word ke pdf dapat Anda lakukan dengan tiga cara baik itu secara online maupun secara offline. Silahkan Anda simak dan ikuti panduan cara mengubah word ke pdf berikut ini.

Cara Mengubah (Convert) Word Menjadi PDF

#1 Menggunakan Microsoft Word

Salah satu cara convert word ke pdf offline adalah dengan menggunakan Microsoft Word itu sendiri.

Jika Anda tertarik untuk menulis Arab di word, saya telah menyiapkan artikelnya untuk Anda baca. Silahkan kunjungi melalui link yang tertera pada teks di atas.

Sampai sekarang ini Microsoft Word masih menjadi aplikasi pengolah kata yang sangat populer digunakan oleh setiap pengguna PC/laptop.

Dan mulai versi 2010, Microsoft Word telah memiliki fiturnya sendiri untuk melakukan konversi file dari format .Docx ke format .Pdf.

Akan tetapi khusus untuk cara convert word ke pdf office 2007, Anda harus menginstall Add-in Microsoft Save as PDF or XPS terlebih dahulu. Anda bisa unduh Add-in tersebut melalui tautan di bawah ini. Jika sudah diinstall, langsung menuju tutorial.

Unduh | Microsoft Save as PDF or XPS (Gratis)

Buat atau buka file dokumen word Anda yang akan diconvert. Klik File atau logo microsoft office (untuk office 2007) yang terletak pada sisi kiri atas, kemudian pilih Save As.

Save as microsoft word

Tentukan lokasi dokumen Anda akan disimpan, isikan File name sesuai keinginan Anda, dan pada bagian Save as type, pilih PDF. Setelah itu klik Save.

Konfigurasi save as ms. word

Selesai, file PDF Anda sudah jadi dan sudah bisa digunakan untuk keperluan Anda.

cara mengubah word ke pdf pertama

#2 Menggunakan Software PDF Reader

Cara convert word ke pdf selanjutnya adalah dengan menggunakan software PDF Reader. Sesuai namanya, PDF Reader adalah software yang dibuat dan digunakan untuk membuka dan membaca dokumen yang berformat .PDF.

Banyak sekali software PDF Reader yang dapat Anda temukan saat ini, seperti Adobe Reader, Nitro, Foxit Reader, dan lain-lain. Bahkan Windows 8 ke atas telah memiliki software PDF Reader bawaannya sendiri. Beberapa peramban web saat ini juga seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, dan sebagainya telah bisa Anda gunakan untuk membuka dokumen PDF.

Software PDF Reader yang akan saya gunakan pada tutorial kali ini adalah Nitro. Beberapa alasannya adalah memiliki fitur yang lengkap serta kemudahannya dalam proses convert word ke pdf yang tentunya gratis untuk Anda gunakan.

Hal ini tidak seperti cara mengubah word ke pdf dengan adobe reader yang mengharuskan Anda untuk login terlebih dahulu sebagai member premium, yang artinya Anda harus mengeluarkan biaya untuk bisa memperoleh fitur lengkapnya.

Baiklah, pertama-tama unduh dan install Nitro PDF Reader pada laptop Anda.

Unduh | Nitro PDF Reader (Gratis)

Setelah diinstall, buka Nitro PDF Reader Anda.

cara convert word ke pdf dengan nitro

Pada ikon PDF, klik segitiga terbalik dan pilih From File.

create pdf from file

Klik Add Files untuk menambahkan dokumen word Anda yang akan diubah menjadi PDF. Anda bisa menambah lebih dari satu file dokumen word.

Add Files

Cari lokasi dokumen word Anda disimpan dan klik Open. Jika Anda tidak menemukan dokumen yang dimaksud, bisa jadi dokumen tersebut telah secara tak sengaja terhapus. Untuk mengembalikannya silahkan Anda kunjungi cara mengembalikan file yang terhapus ini. Oke, lanjut ke tutorial.

Mencari dokumen word

Setelah dokumen word Anda muncul, klik Create.

Klik create

Kemudian akan muncul jendela Save As. Seperti biasa, tentukan lokasi dokumen PDF Anda akan disimpan, jangan lupa isikan nama dokumen pada kotak File name, dan pada kotak Save as type pilih tipe format PDF Files. Setelah itu klik Save.

Jendela Save As Nitro

Tunggulah hingga proses convert word ke pdf selesai. Lama tidaknya tergantung banyaknya halaman pada dokumen word Anda.

Proses convert file

Selesai, sekarang Anda sudah bisa cara convert word ke pdf dengan Nitro PDF Reader.

Convert word ke pdf kedua

#3 Menggunakan Software Converter

Selain digunakan untuk convert video, beberapa di antara software converter juga dapat Anda gunakan untuk mengubah file word menjadi PDF. Bahkan ada juga yang dapat memperkecil ukuran video tanpa mengurangi kualitasnya seperti yang telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya.

doPDF adalah salah satu software yang bisa Anda manfaatkan untuk cara convert word ke pdf offline. Software ini tersedia untuk Anda unduh secara gratis melalui link di bawah ini.

Unduh | doPDF (Gratis)

Buka doPDF yang telah diinstall. Pada tab Create one document, klik Browse untuk memasukkan dokumen word yang akan diubah menjadi PDF.

doPDF Getting Started

Cari lokasi dokumen word Anda disimpan, kemudian klik Open.

Mencari dokumen word 3

Setelah itu klik Create. Jika muncul pop up seperti gambar di bawah ini, klik OK.

Create PDF

Disini Anda dapat mengatur kualitas convert word ke PDF yang akan dihasilkan. Saya sarankan untuk hanya merubah kotak File selection dengan lokasi PDF Anda akan disimpan saja, selebihnya biarkan seperti itu. Klik OK untuk melanjutkan.

Konfigurasi doPDF

Proses convert file word ke pdf akan berlangsung dengan cepat sampai akhirnya file PDF Anda akan terbuka secara otomatis.

#4 Convert Word ke PDF Online

Cara mengubah format word ke pdf online adalah cara terakhir dalam artikel ini. Tentunya laptop Anda harus terhubung dengan jaringan internet dibanding ketiga cara lain di atas.

Tahukah Anda jika Whatsapp sekarang sudah bisa diakses menggunakan PC? Silahkan kunjungi cara menggunakan whatsapp di PC ini jika Anda tertarik untuk membacanya.

Meskipun demikian, bagi Anda yang mungkin menginginkan sebuah cara mengubah file word ke pdf tanpa software, cara online ini mungkin bisa menjadi jawaban untuk Anda gunakan.

Baiklah, pertama Anda kunjungi halaman https://smallpdf.com/id/word-ke-pdf. Selanjutnya klik Pilih file untuk mengupload dokumen word Anda.

cara mengubah word ke pdf online

Seperti biasa, cari lokasi file word Anda dan klik Open.

Mencari file word

Proses Mengupload dan Mengkonversi akan berlangsung.

Proses mengupload

Proses mengkonversi

Selesai, dokumen word Anda telah berhasil diubah menjadi PDF. Anda bisa mengunduhnya langsung ke komputer atau memilih menyimpannya pada Dropbox dan Google Drive terlebih dahulu. Anda juga bisa mengedit dan mengkompres file pdf Anda. Untuk mengunduhnya, cukup klik Unduh File maka secara otomatis dokumen pdf Anda akan terunduh.

Kesimpulan

Cara mengubah (convert) file Word ke PDF dapat dilakukan dengan empat cara. Empat cara tersebut dibagi ke dalam dua bagian, yaitu secara offline dan online. Cara convert word ke pdf offline yakni menggunakan microsoft word, menggunakan software pdf reader, dan menggunakan software converter. Sedangkan secara online, bisa dengan mengakses halaman web Smallpdf.com.

Jadi cara convert word ke pdf manakah yang akan Anda pilih? Jika boleh Salam Tekno kasih saran, saya lebih sering menggunakan cara yang pertama dengan menggunakan microsoft word. Oke semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Lengkap Mengubah (Convert) File Word ke PDF Secara Offline Maupun Online"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel