Cara Menggunakan Camscanner, Aplikasi Scan Dokumen di Android - Salam Tekno

Cara Menggunakan Camscanner, Aplikasi Scan Dokumen di Android

Tahukah Anda bahwasanya sekarang Anda sudah bisa melakukan scan dokumen di android yang Anda miliki? Ya tentu saja. Dengan perkembangan smartphone khususnya android yang semakin canggih saat ini, beberapa aktivitas yang tadinya hanya dapat Anda kerjakan melalui PC, kini hampir semuanya bisa Anda kerjakan hanya dalam genggaman Anda.

Salah satu aktivitas yang biasanya dilakukan di PC adalah scan dokumen. Seperti yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya cara scan dokumen dengan printer, Anda memerlukan alat scanner untuk melakukan scan. Akan tetapi dengan menggunakan Android, Anda hanya cukup memanfaatkan fitur kamera yang ada pada setiap android saat ini.

cara menggunakan camscanner untuk scan dokumen di android

Tentunya selain praktis, cara scan dokumen di android ini juga bisa dilakukan oleh semua pengguna smartphone android tanpa terkecuali.

Cara Menggunakan Camscanner untuk Scan Dokumen di Android

Cara scan dokumen di android ini menggunakan fitur kamera yang ada pada android. Tentunya bukan scan namanya jika Anda hanya memfoto dokumen tersebut. Yang Anda butuhkan adalah sebuah aplikasi scan dokumen di android.

Salah satu aplikasi scan dokumen di android yang dapat Anda gunakan adalah Camscanner.

Camscanner adalah aplikasi scan android gratis yang kaya akan kelebihan dan fitur. Di antara fiturnya adalah Anda bisa scan dokumen ke format PDF, mengkonversi word ke PDF, bahkan Anda bisa lakukan cara membuat pdf di camscanner ini.

Lalu bagaimanakah cara menggunakan CamScanner untuk scan dokumen di Android? Simak langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Scan Dokumen di Android Menggunakan CamScanner

Cara menggunakan CamScanner untuk scan dokumen di Android tentunya Anda harus sudah memasang aplikasi CamScanner pada android Anda. Jika belum silahkan Anda unduh dan pasang terlebih dahulu di Playstore melalui tautan di bawah ini.

camscanner for android

Unduh | CamScanner for Android (Gratis)

Setelah terpasang, buka aplikasi CamScanner. Jika Anda membuka Camscanner untuk pertama kalinya, akan muncul permohonan izin untuk mengakses foto, media, dan file pada perangkat Anda. Tap Izinkan.

Izinkan camscanner mengakses media

Anda akan diarahkan pada tampilan Selamat Datang ke CamScanner. Disini Anda bisa membuat maupun masuk ke dalam akun CamScanner Anda. Jika tidak, tap Gunakan sekarang untuk langsung menuju ke menu utama Camscanner tanpa login.

selamat datang di camscanner

Untuk memulai proses scan, tap Mulai Pemindaian pada ikon yang bergambar kamera di sebelah kanan bawah layar android Anda.

Mulai pemindaian

Izinkan CamScanner untuk mengambil gambar dan merekam video.

izinkan camscanner mengakses kamera

Siapkan dokumen yang hendak Anda scan dan pilih tipe dokumen yang ada pada camscanner. Camscanner sendiri menyediakan lima buah tipe dokumen yang bisa Anda scan, yaitu Kartu ucapan, PPT, Dokumen, Kartu ID, dan QR Code. Arahkan kamera ponsel Anda pada dokumen yang telah Anda siapkan. Jika dirasa sudah sempurna, tap ikon kamera.

Menyesuaikan kamera dengan dokumen

Untuk lebih menyempurnakan hasil camscanner nanti, aturlah canvas dengan menggeser bulatan-bulatan kecil pada bingkai. Jika sudah klik tanda centang.

Mengatur canvas

Selanjutnya, Anda bisa memberikan efek-efek tertentu pada hasil camscanner yang akan dihasilkan nanti. Anda juga bisa mengubah nama file tersebut sesuai keinginan Anda. Kembali tap tanda centang untuk melanjutkan.

Memberi efek dan mengubah nama

Jika dokumen yang Anda scan lebih dari satu, Anda bisa mengulang kembali poin-poin cara menggunakan camscanner di atas dengan mentap ikon kamera.

Menambah dokumen scan baru

Sampai disini Anda sudah bisa mengetahui cara menggunakan camscanner pdf. Hasil camscanner ini adalah berupa file berformat pdf yang dapat Anda temukan di folder CamScanner pada penyimpanan internal.

Lokasi dokumen hasil camscanner

Namun yang jadi masalahnya adalah ketika Anda membuka file PDF hasil scan tadi, Anda akan melihat sebuah watermark bertuliskan Scanned by CamScanner. Tentu saja hal tersebut akan membuat dokumen Anda terlihat kurang mengenakan.

Preview dokumen berwatermark


Cara menghilangkan tulisan scanned by camscanner hanya dapat Anda lakukan jika Anda telah mengupgrade aplikasi camscanner Anda menjadi premium.

Namun jangan khawatir, ada cara menghilangkan tulisan camscanner lain yang dapat Anda gunakan. Penasaran? Simak tutorialnya di bawah ini.

Cara Menghilangkan Watermark di Camscanner

Untuk dapat menghilangkan tulisan scanned by camscanner, Anda bisa menggunakan aplikasi yang mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Aplikasi tersebut adalah Microsoft Word.

Microsoft Word kini sudah dapat Anda pasang pada android. Untuk itu, silahkan Anda unduh dan pasang terlebih dahulu di playstore melalui tautan di bawah ini.

Unduh | Microsoft Word for Android (Gratis)

Buka aplikasi Microsoft Word setelah berhasil terpasang pada Android Anda.

cara menghilangkan tulisan scanned by camscanner

Buka file PDF hasil scan tadi dengan cara mentap ikon Buka di sebelah kanan bawah Word.

Membuka dokumen di word

Pilih Perangkat ini >> Penyimpanan >> CamScanner kemudian pilih file PDF hasil scan pada proses sebelumnya.

Mencari lokasi dokumen hasil camscanner

File PDF Anda akan terbuka. Selanjutnya klik ikon edit yang bergambar kertas pena di samping ikon search.

edit dokumen pdf

Akan tampil pemberitahuan untuk mengkonversi PDF Anda ke dalam format Word. Tap OK.

mengkonversi pdf anda
File word hasil konversi pdf tadi akan terbuka, tap Simpan salinan pada peringatan yang bertuliskan Anda tidak dapat menyimpan perubahan ke file ini.

Simpan salinan

Tentukan lokasi penyimpanan yang akan dipakai untuk menyimpan word hasil salinan.

Menentukan lokasi penyimpanan salinan

Dengan begitu sekarang Anda sudah bisa menghilangkan tulisan camscanner tersebut dengan mentap ikon bergambar Pensil.

mengedit dokumen pdf

Cari tulisan Scanned by CamScanner kemudian hapus.

menghapus tulisan camscanner

Sampai tahap ini seharusnya Anda sudah bisa menghilangkan watermark di camscanner.

Simpan dokumen Anda dengan mentap titik tiga vertikal dan pilih Simpan. Namun jika Anda menginginkan hasil scan camscanner tersebut berupa PDF, pilih dan tap Cetak.

Simpan dan Cetak dokumen

Proses Menyiapkan file untuk dicetak akan berlangsung.

Proses menyiapkan file
Tap dropdown pada menu printer yang digunakan dan pilih Simpan sebagai PDF. Untuk setelan yang lain biarkan default. Terakhir tap ikon PDF.

Mengatur pencetakan word

Proses selanjutnya adalah menentukan lokasi file pdf Anda akan disimpan. Tap titik tiga vertikal dan pilih Tampilkan simpanan internal.

Tampilkan simpanan internal
Tap ikon pilihan di sebelah kiri atas layar android Anda dan pilih penyimpanan yang akan digunakan. Anda juga bisa menyimpannya pada Google Drive.

Memilih penyimpanan

Tentukan lokasi penyimpanan yang akan Anda gunakan untuk menyimpan PDF, kemudian tap Simpan.

Menyimpan dokumen pdf

Terakhir, silahkan Anda buka file PDF hasil scan camscanner yang telah diedit tadi.

Lokasi pdf
Selesai, Anda sudah bisa mengetahui cara menghilangkan tulisan scanned by camscanner. Sekarang dokumen Anda sudah terlihat profesional dengan tidak adanya watermark tersebut.

cara menghapus watermark camscanner selesai

Kesimpulan

Cara menggunakan CamScanner untuk scan dokumen di Android ke PDF ini cukup mudah, banyak fitur yang dapat membantu Anda di dalamnya. Untuk menghilangkan watermark di camscanner sendiri, Anda cukup memanfaatkan aplikasi Microsoft Word pada android Anda. Dengan begitu, dokumen hasil camscanner Anda akan terlihat lebih profesional.

Akhir kata, saya ucapkan terima kasih kepada Anda yang telah membaca artikel cara menggunakan camscanner ini. Semoga dapat membantu Anda dalam urusan scan dokumen di android. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

3 Responses to "Cara Menggunakan Camscanner, Aplikasi Scan Dokumen di Android"

  1. Kalau cara mengubah ukuran filenya Boss ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk tutorial mengecilkan ukuran pdf segera mungkin akan kami update. Terima kasih.

      Delete
  2. super lengkap, uraiannya tentang camera scanner

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel