Cara Mengirim Aplikasi dan Game Lewat Whatsapp di Android - Salam Tekno

Cara Mengirim Aplikasi dan Game Lewat Whatsapp di Android

Cara mengirim aplikasi lewat whatsapp sudah bisa Anda lakukan sekarang ini. Ya walaupun belum ada fitur tersendiri pada WhatsApp untuk mengirim aplikasi, namun Anda tetap bisa mengakalinya dengan cara yang akan Salam Tekno bagikan kali ini.

Cara membagikan aplikasi lewat whatsapp dengan teman Anda memang kegiatan yang sangat menyenangkan. Terlebih jika aplikasi dan game tersebut terdapat menu multiplayer di dalamnya, tentunya Anda akan dapat memainkannya berdua bersama teman Anda.

cara mengirim aplikasi lewat whatsapp

Jika Anda dan teman Anda kebetulan sedang berdekatan, mengirim aplikasi dan game dapat Anda lakukan melalui bluetooth maupun aplikasi Share It. Namun bagaimana jika teman Anda berada jauh atau tidak bersama Anda saat ini? Untuk itulah, cara mengirim aplikasi lewat whatsapp ini bisa Anda coba manfaatkan. Alternatif lain, cara mengirim aplikasi lewat email juga mungkin bisa membantu.

Kita tahu bahwa selama ini whatsapp mempunyai menu untuk dapat mengirim audio, dokumen, video, gambar, lokasi, maupun kontak. Namun, apakah mengirim aplikasi di whatsapp juga bisa dilakukan? Jawabannya tentu sangat bisa. Pada artikel ini akan saya kupas tuntas cara mengirim aplikasi lewat wa ini.

Cara Mengirim Aplikasi Lewat WhatsApp

Untuk dapat mengirim aplikasi lewat whatsapp, Anda tentunya harus mempunyai file mentahan (file apk) dari aplikasi maupun game yang akan Anda kirim. Jika kebetulan Anda tidak mempunyainya, Anda bisa coba untuk mem-backup aplikasi dan game yang telah terpasang pada android Anda.

Cara Mem-Backup Aplikasi yang Terpasang di Android

Pertama, Anda membutuhkan aplikasi lain untuk dapat membackup aplikasi yang telah terpasang di Android. Salah satu aplikasi yang dapat Anda manfaatkan adalah ES File Explorer. Silahkan Anda pasang terlebih dahulu ES File Explorer ini di Play Store, atau langsung saja klik tautan di bawah ini.

Download | ES File Explorer (Gratis)

Buka ES File Explorer yang telah Anda pasang dan klik menu APP.

Beranda ES File Explorer

Cari aplikasi maupun game yang akan Anda kirim. Dalam hal ini saya akan contohkan cara mengirim game lewat wa, yaitu game Badminton League. Klik dan tahan pada aplikasi tersebut sampai muncul tanda ceklis, kemudian klik Cadangan.

Proses membackup aplikasi

Tunggu sebentar hingga proses pencadangan selesai. File mentahan apk hasil backup dapat Anda temukan di Penyimpanan internal > Backups > Apps.

File apk hasil backup

Nah, seperti itulah cara mem-backup aplikasi maupun game agar dapat mendapatkan file apk mentahan untuk dikirimkan lewat whatsapp. Sekarang adalah bagaimana cara kirim aplikasi lewat whatsapp.

Saya akan membagikan tiga cara mengirim aplikasi lewat wa. Tiga cara tersebut yakni dengan mengirimkan tautan, mengirimkan langsung melalui whatsapp, dan mengubah format aplikasi .apk menjadi format dokumen .txt. Semuanya dapat Anda lakukan tanpa aplikasi.

Cara Mengirim Aplikasi Lewat Whatsapp dengan Tautan

Cara mengirim aplikasi lewat whatsapp tanpa aplikasi yang pertama adalah dengan mengirimkan tautan aplikasi dan game yang telah ada di Playstore. Berikut langkah-langkahnya.

Pertama, buka Google Play Store dan cari aplikasi dan game yang akan Anda kirim pada teman Anda.

Aplikasi Playstore

Gulir ke bawah, Anda akan menemukan tombol Bagikan disana. Klik tombol tersebut dan bagikan melalui WhatsApp.

Cara mengirim aplikasi lewat wa dengan tautan

Cari kontak WhatsApp teman yang akan Anda kirimkan aplikasi. Anda bisa memanfaatkan kotak pencarian yang disediakan untuk mencarinya. Klik nama kontak teman Anda dan tap tombol Centang.

Memilih kontak teman

Terakhir, klik tombol kirim. Teman Anda akan otomatis dialihkan ke Playstore ketika mengklik tautan yang Anda kirimkan tersebut.

mengirim chat
Artikel Menarik Lainnya:
Anda pecinta film? Ingin pergi ke biskop tapi dompet sedang tipis? Jangan khawatir, kunjungi artikel cara download film di laptop ini agar Anda tetap terus menonton film yang menjadi hobi Anda.

Cara Mengirim Aplikasi Langsung Lewat Whatsapp

Cara mengirim aplikasi lewat wa yang kedua adalah dengan mengirimkannya langsung melalui whatsapp. Untuk dapat mengikuti tutorial kedua ini, Anda harus memperbarui terlebih dahulu aplikasi whatsapp yang Anda gunakan ke versi terbaru.

Buka aplikasi WhatsApp dan pilih chat teman yang akan Anda kirimkan aplikasi. Klik ikon penjepit kertas dan pilih Dokumen.

Cara kirim aplikasi langsung lewat whatsapp

Klik Lihat dokumen lain untuk mencari lokasi aplikasi disimpan.

Lihat dokumen lain

Untuk menampilkan penyimpanan android, klik menu di sebelah atas kiri dan pilih penyimpanan yang bernama sesuai dengan tipe HP yang Anda punya. Jika Anda mencari cara mengirim aplikasi lewat wa di hp xiaomi, sangat tepat Anda mengunjungi artikel ini karena saya menggunakan HP Xiaomi Redmi 4A dalam memberikan contoh.

Menampilkan penyimpanan android

Cari lokasi dimana aplikasi hasil backupan Anda disimpan. Dalam contoh ini kebetulan berada di dalam Penyimpanan internal > Backups > Apps.

Lokasi aplikasi disimpan

Jika sudah ketemu, klik aplikasi yang akan dikirim ke teman Anda. Anda akan ditanya apakah akan mengirim tersebut atau membatalkannya. Klik Kirim.

Klik kirim

Terakhir, tunggulah proses pengiriman selesai. Lama tidaknya tergantung ukuran aplikasi dan koneksi internet Anda.

proses mengirim aplikasi lewat wa

File yang Anda kirim tersebut tersebut memiliki format .apk. Cara membuka file apk di whatsapp teman Anda sangatlah mudah. Klik saja chat berisi aplikasi yang Anda kirimkan, secara otomatis Whatsapp akan mengunduh aplikasi tersebut. Selesai diunduh, maka teman Anda akan dapat memasang dan memainkan aplikasi yang Anda kirimkan.
Artikel Lain Seputar WhatsApp:
Apakah Anda suka sama salah satu tokoh kartun bernama Hello Kitty? Anda bosan dengan tampilan whatsapp yang begitu-begitu saja? Tenang, saya telah menyiapkan tema whatsapp hello kitty ini spesial untuk Anda.

Cara Kirim Aplikasi Lewat Whatsapp dengan Merubah Format Apk

Berikutnya dalam tutorial cara kirim aplikasi lewat wa adalah dengan merubah format aplikasi .apk menjadi format dokumen .txt. Jika Anda belum memperbarui whatsapp, cara ketiga ini bisa menjadi solusi untuk Anda coba. Berikut tutorialnya untuk Anda.

Pergilah ke folder backups yang berisi aplikasi mentahan pada proses sebelumnya. Klik dan tahan pada aplikasi tersebut, klik Lainnya dan pilih Ganti nama.

Langkah merubah nama aplikasi

Ganti format .apk tersebut menjadi .txt kemudian klik Oke. Akan muncul informasi mengenai penggantian akhiran nama berkas, klik Oke untuk menyetujuinya.

Merubah format apk

Aplikasi Anda akan berubah menjadi format dokumen. Klik dan tahan aplikasi tersebut kemudian klik Kirim.

tombol berbagi android

Pilih dan kirim melalui WhatsApp.

kirim melalui whatsapp

Temukan kontak teman Anda yang akan dikirimkan aplikasi, klik nama teman Anda dan tap tombol kirim.

Menemukan kontak

Tunggu proses pengiriman aplikasi Anda selesai. Tidak akan membutuhkan waktu yang lama jika Anda mempunyai koneksi internet yang cepat.

Proses mengirim aplikasi

Cara membuka aplikasi yang dikirim lewat wa yang telah dirubah formatnya menjadi .txt pada hp teman Anda sangatlah sederhana. Cukup ganti kembali formatnya menjadi .apk. Caranya, unduh aplikasi berformat .txt tersebut pada chat, kemudian pergi ke Penyimpanan > WhatsApp > Media > WhatsApp Documents, temukan aplikasi tersebut dan ganti format .txt dengan format .apk. Selesai, maka teman Anda sudah dapat memasang dan memainkan aplikasi yang Anda kirimkan.

Cara membuka aplikasi yang dikirim lewat wa

Kesimpulan

Cara mengirim aplikasi lewat whatsapp dapat Anda lakukan dengan tiga cara, yakni dengan melalui tautan, mengirimkannya langsung melalui whatsapp, dan kirim aplikasi dengan merubah format Apk. Tapi sebelum itu, Anda harus mem-backup aplikasi yang akan Anda kirim untuk mendapatkan file mentah dari aplikasi tersebut.

Nah, sekian artikel mengenai cara mengirim aplikasi lewat whatsapp yang dapat saya sampaikan kali ini. Semoga dapat membantu Anda dalam berbagi kebahagiaan bersama teman Anda. Kritik, saran, kerja sama, maupun pertanyaan silahkan tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Sekian dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengirim Aplikasi dan Game Lewat Whatsapp di Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel