Cara Membuat Plotagraph di Android, Buat Fotomu Menjadi Bergerak - Salam Tekno

Cara Membuat Plotagraph di Android, Buat Fotomu Menjadi Bergerak

Masih seputar bahasan gambar bergerak, artikel Salam Tekno kali ini akan saya ulas sebuah tutorial mengenai bagaimana cara membuat plotagraph di Android yang mana sebelumnya telah saya bahas juga tentang cara membuat gambar bergerak berformat GIF dan rekomendasi tempat download video GIF di internet yang bisa Anda kunjungi.

cara membuat plotagraph di android

Anda pasti sering menjumpai sebuah foto di Instagram yang salah satu objek di dalamnya diam namun objek lainnya seperti background terlihat bergerak bukan? Itulah yang dinamakan dengan Plotagraph, sebuah efek animasi yang tengah hits saat ini terutama bagi pengguna Instagram. Lihat contohnya di bawah ini.


Contoh foto di atas saya ambil dari akun Instagram Taqy Malik. Di dalam foto tersebut objek yang bergerak adalah awan sedangkan objek selain awan nampak diam, terlihat menarik bukan? Awan bergerak tersebut hanyalah salah satu contoh efek animasi plotagraph yang bisa Anda buat melalui aplikasi plotagraph untuk Android, dan tentunya masih banyak efek lain yang bisa Anda buat di dalam aplikasi tersebut.

Lalu, bagaimanakah cara membuat plotagraph di Android agar foto yang Anda miliki terlihat menarik karena bergerak? Simak dan ikuti langkah-langkahnya dengan baik berikut ini.

Cara Membuat Efek Foto Plotagraph di Android

Untuk membuat plotagraph di Android, Anda harus download aplikasi plotagraph android dan memasangnya terlebih dahulu. Lalu, apa saja aplikasi Android yang dapat membuat efek plotagraph pada foto? Berikut beberapa aplikasi tersebut yang bisa digunakan.

Aplikasi Plotagraph untuk Android

#1 Plotaverse

Aplikasi untuk membuat efek plotagraph untuk Android yang pertama adalah Plotaverse yang dikembangkan oleh perusahaan Plotagraph, Inc dan telah menjadi aplikasi resmi Plotagraph. Plotaverse juga telah tersedia dalam bentuk website dan software untuk perangkat PC. 

Sayangnya, Anda hanya dapat menggunakan aplikasi ini secara online sehingga dapat menghabiskan data internet yang cukup banyak. Selain itu, plotagraph apk satu ini juga mengharuskan agar Anda melakukan pendaftaran terlebih dahulu sebelum dapat menggunakannya.

#2 Photoshop

Plotagraph apk kedua adalah Photoshop, sudah tidak asing lagi di telinga bukan? Sebagai aplikasi edit foto terbaik saat ini, pastinya Photoshop juga dapat digunakan untuk membuat efek plotagraph pada foto atau gambar yang Anda miliki.

Namun, cara membuat efek animasi plotagraph di photoshop ini lumayan susah apalagi menggunakan ponsel Android. Untuk itu, saya tidak akan membahas lebih lanjut mengenai cara membuat plotagraph di photoshop pada artikel ini.

#3 Zoetropic

Aplikasi awan bergerak android terakhir yang saya rekomendasikan sekaligus yang akan saya contohkan tutorial pembuatan plotagraphnya adalah Zoetropic yang dikembangkan oleh Zoemach Technologia.

Aplikasi Zoetropic ini tersedia dua macam di Google Play Store, ada yang berbayar dan ada yang gratis. Yang berbayar tentunya memiliki fitur yang lebih lengkap dibanding yang gratis, dan harganya hanya sekitar 2.99$ atau sekitar 45 ribu rupiah saja. Cukup murah bukan?

Cara membuat plotagraph di Android menggunakan Zoetropic ini jauh lebih sederhana dan mudah dibandingkan dengan aplikasi lain yang lain. Silakan simak tutorialnya berikut ini.

Tutorial Membuat Plotagraph di Android

Pertama, siapkan sebuah foto yang akan Anda beri efek animasi Plotagraph. Saran saya, pilihlah foto yang objek di dalamnya terdapat awan, air, debu, asap, atau apapun yang kiranya tidak aneh jika diberi animasi untuk bergerak.

Kemudian, silakan download salah satu aplikasi pembuat plotagraph yang telah saya rekomendasikan di atas. Sebagai contoh, saya akan menggunakan aplikasi Zoetropic yang versi gratisnya. Klik tautan di bawah ini untuk memasang Zoetropic melalui Google Play Store.

Download | Zoetropic (Gratis)

Setelah terpasang, buka aplikasi Zoetropic. Anda akan disambut dengan ucapan selamat datang di Zoetropic disertai dengan rangkaian slide berisi tutorial penggunaannya. Tap selanjutnya hingga ke akhir slide kemudian tap Oke.

selamat datang di zoetropic

Halaman depan Zoetropic akan terbuka. Tap menu Ketuk di sini untuk memulai kemudian pilih Galeri jika foto telah Anda siapkan sebelumnya atau pilih Kamera untuk langsung mengambil foto dari jepretan ponsel.

ketuk disini untuk memulai

Jika Anda memilih Galeri, izinkan Zoetropic untuk mengakses foto, media, dan file di perangkat Anda kemudian cari foto yang telah Anda siapkan.

izinkan zoetropic mengakses media

Beri nama projek pembuatan plotagraph Anda kemudian tap Simpan. Nama tersebut juga akan menjadi nama dari file video atau foto setelah diekspor.

memberi nama memori

Foto Anda akan muncul pada jendela projek. Silakan kreasikan pengeditan sesuai keinginan Anda melalui tool atau alat yang disediakan di sana. Dan berikut ini akan saya paparkan mengenai fungsi dari masing-masing tool tersebut.

jendela kerja zoetropic

  1. Alat Pratayang, berfungsi untuk melihat pratinjau animasi objek yang telah Anda beri efek gerakan padanya.
  2. Alat Gerak, berfungsi untuk memberi efek animasi pada objek. Anda hanya perlu menentukan titik awal gerakan kemudian menggesernya ke titik animasi berakhir. Akan muncul tanda panah setelah Anda menggunakannya.
  3. Alat Sekuen, berfungsi untuk membuat gerakan sekuensial atau melengkung. Cukup geser jari Anda pada objek, maka akan muncul urutan titik pada tanda panah sepanjang Anda menggeser jari Anda.
  4. Alat Stabilisasi, berfungsi untuk membatasi gerakan objek agar tidak bergerak melebihi posisi objek lain yang tidak bergerak. Cukup Anda buat titik-titik sepanjang objek yang menjadi batas gerakan.
  5. Alat Pilih, fungsinya untuk memilih tanda panah gerakan dan tanda titik stabilisasi untuk dihapus.
  6. Alat Masker, berfungsi untuk membekukan daerah atau objek pada gambar agar tidak ikut bergerak.
  7. Alat Audio, Anda mencari cara membuat gambar bergerak dan bersuara? Gunakan alat ini untuk menambahkan suara atau audio pada gambar atau foto yang sedang diedit.
Sekiranya Anda telah selesai mengedit foto tersebut, tap tiga titik vertikal yang berada di pojok kanan atas dan pilih menu Simpan/Ekspor Video.

simpan ekspor video

Akan ditampilkan beberapa pengaturan terlebih dahulu sebelum Anda dapat menyimpan gambar plotagraph yang telah Anda buat. Kurang lebih, berikut penjelasannya.

pengaturan simpan video

  1. Atur kecepatan gerak animasi gambar Anda dengan menggeser slider ke kiri untuk memperlambat atau ke kanan untut mempercepat.
  2. Cocokkan audio/video diaktifkan untuk menyesuaikan kecepatan animasi secara otomatis dengan panjangnya durasi audio yang dimasukkan.
  3. Perulangan, atur berapa kali Anda ingin mengulang animasi dalam satu putaran video. Fitur ini hanya dapat digunakan pada Zoetropic premium.
  4. Waktu video akan otomatis terisi sesuai dengan kecepatan animasi yang Anda atur.
  5. Resolusi, semakin tinggi resolusi yang Anda atur maka akan semakin bagus kualitas gambar pada video.
  6. Tanpa logo atau Dengan logo, pilih dan tap salah satu menu ini untuk memulai proses membuat video tanpa atau dengan watermark. Tanpa logo hanya dapat dinikmati pada Zoetropic versi berbayar.
Setelah Anda tap tombol tanpa atau dengan logo, pilihlah salah satu dari dua jenis format video yang tersedia, MP4 atau GIF. Namun, format GIF hanya berlaku untuk pengguna Zoetropic versi premium.

memilih format file

Proses rendering pembuatan video dari foto yang telah diberi efek plotagraph akan berlangsung, silakan tunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai.

proses membuat video

Cara membuat plotagraph di Android akhirnya selesai. Anda bisa langsung membagikannya ke Instagram atau sosial media lainnya atau tidak dengan mentap Batal.

bagikan video

File hasil pembuatan plotagraph Anda akan tersimpan di penyimpanan internal, tepatnya pada folder Movies > Zoetropic Video. Dan ini adalah hasil gambar yang saya jadikan contoh dalam tutorial, saya yakin Anda pasti bisa membuatnya lebih bagus dan rapi dari yang saya buat.

Kesimpulan

Cara membuat plotagraph di Android untuk membuat gambar atau foto menjadi bergerak dan bersuara dapat dilakukan melalui aplikasi plotagraph untuk Android, yakni Plotaverse, Photoshop, maupun Zoetropic. Tutorial pembuatan plotagraph dengan Zoetropic jauh lebih mudah dan sederhana dibanding aplikasi yang lain. Selain itu, Zoetropic juga bisa Anda download dan gunakan secara gratis dan bahkan versi premiumnya hanya sekitar 45 ribu rupiah saja.

Itulah tutorial cara membuat plotagraph di Android agar foto atau gambar menjadi bergerak, cukup mudah bukan? Jika Anda mempunyai plotagraph apk lain yang bisa dimanfaatkan, silakan beritahu saya dan pengunjung lainnya melalui kolom komentar yang ada di bawah. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Membuat Plotagraph di Android, Buat Fotomu Menjadi Bergerak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel