Font Tidak Terbaca (Missing Font) di Corel Draw dan Cara Mengatasinya - Salam Tekno

Font Tidak Terbaca (Missing Font) di Corel Draw dan Cara Mengatasinya

Apakah Anda pernah atau sedang mengalami masalah font tidak terbaca di Corel Draw? Tenang saja, tutorial Corel Draw di artikel Salam Tekno kali ini akan membahas bagaimana cara mengatasi masalah tersebut sekaligus mencegahnya agar tidak terjadi lagi.

font tidak terbaca di corel draw

Font tidak terbaca atau missing font artinya tidak atau belum terpasangnya font yang digunakan di dalam desain Corel Draw pada suatu laptop atau komputer.

Biasanya, masalah ini terjadi ketika kita membuka file .cdr yang didapat dari internet atau dari komputer atau laptop lain yang membuatnya.

Lalu bagaimana cara agar tidak missing font sekaligus mengatasi font tidak terbaca di Corel Draw tersebut? Berikut yang dapat kita lakukan.
Baca juga: Cara membuat tulisan melingkar di Corel Draw

Mengatasi Font Tidak Terbaca (Missing Font) di Corel Draw

Download Font yang Missing

Missing font dapat terjadi karena di dalam laptop belum terpasang font yang digunakan dalam desain Corel Draw tersebut.

Oleh karena itu, langkah pertama untuk mengatasi font tidak terbaca di Corel adalah mengunduh font yang dibutuhkan terlebih dahulu.

Jika Anda mendapatkan file .cdr di internet khususnya di situs Freepik, biasanya nama dan link download font yang dibutuhkan akan tersedia. Anda tinggal mengakses link tersebut saja untuk cara download missing font pada CorelDraw.

Jika Anda mendapatkan file .cdr dari teman, maka mintalah teman Anda agar memberitahukan nama font yang dia gunakan dalam desainnya.

Setelah itu, tinggal kalian cari dan download saja nama font tersebut di internet. Pelajari cara download font gratis yang telah saya bahas pada artikel sebelumnya.

Memasukkan Font ke Corel Draw

Setelah mengunduh font yang dibutuhkan, maka langkah selanjutnya adalah menambah atau memasukkan font tersebut ke Corel Draw.

Cara memasukan font ke Corel Draw telah saya contohkan tutorialnya pada artikel dan blog yang lain. Silahkan Anda kunjungi artikel tersebut.

Cara Agar Tidak Missing Font di Corel Draw

Jika Anda adalah yang membuat file desain CorelDraw (.cdr), maka berikut dua cara agar tidak terjadi missing font jika file .cdr tersebut dibuka di laptop yang lain.

Mengkonversi Font Menjadi Kurva

1. Klik kanan pada teks dengan font yang Anda gunakan dan pilih Convert to Curves. Bisa juga dengan cara singkatnya (shortcut) yakni menekan tombol Ctrl+Q secara bersamaan pada keyboard.

cara agar tidak missing font

2. Teks akan berubah menjadi kurva sehingga bisa ditampilkan di laptop lain meskipun belum memasang font yang Anda gunakan.

font menjadi kurva

Catatan: Tulisan atau teks yang telah dikonversi menjadi kurva tidak dapat diedit kembali. Oleh karenanya, pastikan bahwa desain Anda telah benar-benar selesai.

Memberikan Informasi Font

Cara untuk mencegah font tidak terbaca di CorelDraw kedua adalah dengan memberikan informasi mengenai font yang digunakan.

Ini dilakukan jika tulisan atau teks dalam desain kemungkinan akan diedit kembali di laptop atau komputer lain yang membuka file .cdr yang kita buat.

Anda bisa meniru apa yang dilakukan oleh situs Freepik. Buat file .txt dengan program Notepad dan tuliskan nama font yang Anda gunakan beserta link downloadnya (jika memungkinkan).

Satukan file .cdr dan file .txt tersebut dalam satu folder, kemudian arsipkan folder tersebut menjadi file .rar. File .rar inilah yang harus Anda bagikan nantinya.
Baca juga: Cara membuat background transparan di Corel Draw
Itulah bahasan kita kali ini mengenai font tidak terbaca (missing font) di Corel Draw serta penyebab, cara mengatasi, dan cara mencegahnya. Apakah ada yang ingin Anda tanyakan? Manfaatkan kolom komentar di bawah untuk menyampaikan pertanyaan Anda. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Font Tidak Terbaca (Missing Font) di Corel Draw dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel