Cara Mengatasi Laptop Overheat (Panas Berlebih) Tanpa Harus Bongkar Laptop - Salam Tekno

Cara Mengatasi Laptop Overheat (Panas Berlebih) Tanpa Harus Bongkar Laptop

Mengatasi Laptop Overheat
Cara Mengatasi Laptop Overheat
Cara Mengatasi Laptop Overheat (Panas Berlebih) - Pernahkah sobat mengalami kejadian dimana laptop yang sedang sobat gunakan tiba-tiba menjadi panas dan mengeluarkan bunyi mendesis yang kuat? Hal itulah yang dinamakan overheat atau panas berlebihan.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan laptop menjadi overheat, faktor-faktor tersebut mungkin saja tidak kita sadari selama ini. Penggunaan laptop dengan durasi lama merupakan faktor yang sering mengakibatkan overheat, selain itu bermain game, banyaknya file di drive C, bahkan peletakan laptop yang salah ketika digunakan dapat menjadi pemicu laptop menjadi overheat ini.

Jika dibiarkan, tentunya akan sangat menimbulkan kerusakan yang cukup parah pada laptop sobat. Overheat dapat menyebabkan laptop ngelag, hang, bahkan yang paling parah dapat menyebabkan processor laptop sobat mati. Tentu saja hal itu tidak diinginkan oleh sobat sekalian.

Untuk mengatasi overheat pada laptop ini ada beberapa cara mudah yang bisa sobat lakukan tanpa harus susah-susah membongkar laptop. Simak pembahasannya di bawah ini.
Artikel menarik lainnya: Aktivasi Windows 10 Ampuh

Cara Mengatasi Laptop Overheat (Panas Berlebih)

1. Batasi Penggunaan Laptop

Penggunaan laptop secara terus menerus tanpa dimatikan dalam durasi waktu yang lama akan membuat laptop cepat overheat. Laptop memiliki daya tahan yang relatif kecil dibandingkan dengan Personal Computer (PC). Hal ini karena komponen-komponen yang ada pada laptop tentu berbeda dengan komponen yang digunakan pada PC.

Kemampuan laptop biasanya tak lebih dari 3 jam jika digunakan secara terus menerus, apalagi digunakan untuk bermain game, menonton film, dan sebagainya. Oleh karena itu, sangat penting bagi sobat untuk membatasi penggunaan laptop jika tidak ingin laptop sobat mengalami overheat.

2. Menggunakan Cooling Pad

Cara mengatasi laptop overheat selanjutnya adalah dengan menggunakan cooling pad. Cooling pad dapat membantu mengurangi suhu panas pada laptop sobat antara 1 sampai 5 derajat. Bahkan tipe yang lebih canggih akan mempunyai kemampuan yang lebih untuk mengurangi panas dibanding tipe biasa lainnya.

Namun, hindari juga pemakaian colling pad secara berlebihan. Hal ini dikarenakan penggunaan colling pad memungkinkan dapat membawa debu dan kotoran masuk pada laptop sehingga bisa menyebabkan kerusakan tambahan pada laptop sobat.

3. Posisi Laptop yang Tepat

Ketika sobat sedang menggunakan laptop, tempatkanlah laptop sobat di tempat yang mempunyai sirkulasi udara yang baik. Jangan meletakkan laptop di tempat yang pengap, misalnya di atas kasur atau di atas bantal.

Laptop yang sedang menyala di atas kasur maupun bantal dapat menyebabkan sirkulasi udara menjadi buruk, udara panas akan terperangkap oleh bantal sehingga udara baru yang akan masuk akan menjadi terhalang sehingga hal ini dapat menyebabkan laptop menjadi overheat dan akan terjadi penurunan performa laptop itu sendiri.

4. Pindahkan Data di Drive C atau Uninstall Program yang Tidak Perlu

Yang harus diperhatikan dalam mengatasi laptop yang overheat adalah jangan biarkan drive system (biasanya di drive C) laptop sobat menjadi penuh. Hal ini dikarenakan jika drive system penuh maka butuh waktu lama bagi processor dalam membaca drive system laptop sobat sehingga tidak ayal hal ini akan menyebabkan laptop menjadi overheat.

Hal yang harus dilakukan tentunya sobat harus mengganti penyimpanan pribadi sobat di drive selain drive C. Apakah di drive D, E maupun drive yang lainnya. Hal ini juga dilakukan untuk mencegah file sobat hilang jika system mengalami masalah. Selain itu, uninstall software yang kurang penting juga menjadi pilihan yang tepat untuk mengatasi laptop yang overheat.

5. Istirahatkan Laptop

Hal terakhir yang bisa sobat gunakan untuk mengatasi laptop yang overheat tentunya adalah dengan mengistirahatkan laptop kesayangan sobat setelah digunakan dalam waktu lama dan terus menerus untuk bekerja.

Seperti halnya manusia, laptop juga membutuhkan istirahat setelah bekerja lama. Istirahatkanlah laptop minimal 30 menit sebelum digunakan kembali dengan keadaan laptop dimatikan total.

Meskipun sepertinya cara di atas terlihat sederhana, tapi cara ini sudah terbukti ampuh untuk mengatasi overheat pada laptop sehingga patut sobat coba, baik untuk memperbaiki maupun untuk tindakan pencegahan.

Oke sekian pembahasan mengenai bagaimana cara mengatasi laptop yang overheat tanpa harus bongkar laptop. Terima kasih.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

21 Responses to "Cara Mengatasi Laptop Overheat (Panas Berlebih) Tanpa Harus Bongkar Laptop"

  1. tambahin gan... suhu ruangan sma jangan main bawah kasur atau kursi...

    ReplyDelete
  2. Mantap ini nambah ilmu thanks gan

    ReplyDelete
  3. Artikelnya Sangat membantu saya.Terima kasih gan :)

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu overheat gan, harus diistirahatkan dulu laptopnya setelah digunakan bekerja selama 3 jam

      Delete
  5. wah, sangat bermanfaat gan, thanks

    ReplyDelete
  6. cara bongkar laptopnya gimana gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara di atas ngga usah pake bongkar laptop gan

      Delete
  7. thanks gan,,, artikel yg sangay membantu, kbtlan laptop saya juga sring panass

    ReplyDelete
  8. kebanyakan program jga gk bagus ternyata:v itulah alasan manusia perlu hardisk:v hehe...

    ReplyDelete
  9. pake coolpad + ruangan full ac pasti tak jamin cepat teratasi masalah overheat hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kendalanya lagi ga semua org punya ac gan :D

      Delete
  10. infonya sangat membantu. tapi kalo boleh tau colling pad itu apa ya? thanks sebelumnya

    ReplyDelete
  11. kalo laptop panas itu kisaran brp suhu y gan ??? kalo 132F masih normal tidak?

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel