Cara Merubah File PDF ke Word Secara Manual Agar Bisa Diedit - Salam Tekno

Cara Merubah File PDF ke Word Secara Manual Agar Bisa Diedit

Cara merubah file PDF ke Word secara manual memang sangat diperlukan dalam kegiatan yang berhubungan dengan pengolahan dokumen. Manual disini bukan berarti Anda harus menyalin ulang apa yang ada di PDF tersebut ke dalam Microsoft Word, itu akan sangat merepotkan dan membuang-buang waktu Anda.

Maksud cara merubah file PDF ke Word secara manual disini adalah Anda tetap melakukannya sendiri tetapi dengan bantuan beberapa tool yang bisa Anda gunakan. Tool tersebut bisa berupa software offline maupun online.


Kita tahu bahwa sekarang ini terdapat beberapa jenis dokumen berformat PDF yang sering ditemui. Di antaranya adalah ebook, jurnal, buku digital, dan lain-lain, yang bisa jadi beberapa PDF tersebut adalah sumber referensi Anda dalam penyusunan dokumen yang sedang Anda kerjakan.

Cara mengubah file pdf ke word agar bisa diedit tentunya harus Anda ketahui dan kuasai untuk memperlancar penyusunan dokumen Anda tersebut.

Cara Merubah File PDF ke Word Secara Manual

Cara mengubah file pdf ke word agar bisa diedit secara manual ini terbilang mudah untuk Anda lakukan. Setidaknya ada beberapa cara untuk Anda coba praktekkan, cara-cara tersebut dapat dikelompokkan secara offline dan online.

Cara Mengubah PDF ke Word Menggunakan Nitro

Nitro adalah sebuah software pembaca PDF gratis yang kaya akan fitur dan kelebihan. Di antara fiturnya yang sempat saya bahas pada artikel sebelumnya adalah Anda bisa convert word ke pdf, scan dokumen ke pdf, dan tentunya cara merubah file pdf ke word dengan rapi yang akan saya bahas kali ini.

Unduh dan install terlebih dahulu software Nitro ini pada laptop Anda melalui tautan di bawah ini.

Unduh | Nitro PDF Reader (Gratis)

Buka software Nito yang telah terpasang pada laptop Anda.

convert pdf ke word dengan nitro

Pada menu bar Nitro, pilih Convert dan klik ikon To Word.

menu bar nitro

Akan muncul jendela Convert PDF to Word. Klik Add Files untuk menambahkan file PDF yang akan diubah formatnya menjadi Word. Disini saya mencontohkan menggunakan file PDF hasil scan dokumen menggunakan camscanner pada artikel yang lalu.

Jendela convert pdf to word

Anda juga bisa memilih pada halaman PDF berapa yang akan diubah menjadi word dengan menu Choose Pages.

choose page

Setelah semuanya siap, klik Convert.

Klik Convert

Proses Exporting PDF File akan berlangsung, tunggu beberapa saat sampai selesai.

Proses exporting pdf file

Cara merubah file PDF ke Word secara manual dengan Nitro selesai. File word hasil convert dari PDF akan otomatis terbuka aplikasi Microsoft Word. Sekarang Anda sudah bisa mengedit file tersebut.

convert pdf ke word selesai

Merubah File PDF ke Word dengan Microsoft Word

Sejak Microsoft Word versi 2013 ke atas, Anda sudah bisa menggunakannya untuk cara merubah file PDF ke word secara manual. Ini artinya word versi 2010, 2007, dan di bawahnya tidak dapat melakukan proses converter dokumen ini.

Untuk itu dalam mengikuti langkah ini, pastikan dahulu bahwa versi ms. word yang digunakan pada laptop Anda adalah 2013 atau di atasnya.

Buka Microsoft Word yang telah terpasang pada laptop Anda. Dalam contoh ini saya menggunakan Ms. Word 2016.

Membuka microsoft word

Setelah terbuka, klik Open Other Documents atau Anda bisa menggunakan CTRL+O pada keyboard.

menu membuka dokumen

Klik Browse dan cari lokasi PDF Anda disimpan. Setelah ketemu, klik Open.

mencari dokumen pdf

Muncul jendela notifikasi Microsoft Word yang isinya kurang lebih akan memulai pengkonversian dari PDF ke word. Klik OK dan tunggu beberapa saat hingga proses converting selesai.

Jendela peringatan ms word

File word hasil convert dari PDF akan terbuka secara otomatis. Jika diperhatikan, hasil cara merubah file pdf ke word ini cukup rapi tidak berbeda jauh dengan PDF aslinya.

Proses merubah file pdf ke word selesai

Cara Merubah File PDF ke Word Secara Online

Jika Anda sedang mencari cara convert pdf ke word tanpa software offline, Anda bisa mencoba cara yang terakhir ini. Ya, dengan memanfaatkan tool online yang tersedia di internet.

Salah satu tool online yang biasa saya gunakan dalam merubah file pdf ke word secara manual adalah pdftoworder.com. Silahkan Anda kunjungi website tersebut.

Jika Anda scrool ke bawah, Anda akan menemukan banyak sekali tool yang bisa Anda gunakan. Untuk tutorial ini Anda hanya cukup pilih PDF to Word.

Merubah pdf ke word secara online

Klik Choose File untuk memilih PDF yang akan diubah menjadi word pada penyimpanan laptop Anda. Anda juga bisa memasukkan PDF dari Dropbox maupun Google Drive. Klik Convert Now.

Memasukkan file dan klik convert

Proses Converting akan berlangsung. Lama tidaknya tergantung seberapa besar ukuran PDF dan kecepatan internet Anda tentunya.

Proses converting berlangsung

Selesai, sekarang Anda bisa menyimpan hasil convert tersebut ke penyimpanan Anda dengan mengklik Download the File. Menyimpan ke Dropbox dan Google Drive juga bisa Anda lakukan.

Selesai

Sayangnya, cara merubah file PDF ke word secara online ini hasilnya tidak serapi dibandingkan dengan kedua cara di atas. Hal ini memang salah satu kekurangan tool online yang sudah banyak orang yang mengetahuinya.

Kesimpulan

Cara merubah file PDF ke word secara manual agar bisa diedit dapat Anda lakukan dengan mudah dengan menggunakan tiga buah tool gratis. Ketiga tool tersebut adalah software Nitro PDF Reader, software Microsoft Word 2013 ke atas, dan pdftoworder.com yang merupakan tool online.

Baiklah, sekian artikel mengenai cara manual dalam merubah file PDF ke word ini saya sampaikan, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu Anda khususnya dalam urusan penyusunan dokumen. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Merubah File PDF ke Word Secara Manual Agar Bisa Diedit "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel