Cara Edit Tulisan di PDF Melalui PC dan HP Android - Salam Tekno

Cara Edit Tulisan di PDF Melalui PC dan HP Android

Seiring banyaknya dokumen berformat PDF yang tersedia di internet saat ini, seperti jurnal, ebook, tesis, dan lain-lain, tentunya cara edit tulisan di PDF ini akan sangat berguna bagi Anda ketika Anda hendak menjadikan PDF tersebut sebagai bahan referensi Anda dalam menulis.

Dengan mengetahui cara edit tulisan di PDF ini, tentu saja Anda bisa melakukan proses pengeditan seperti yang biasanya Anda lakukan. Seperti misalnya menghapus dan menambahkan tulisan, memasukkan gambar, membuat dan menghapus tabel, dan banyak lagi yang lainnya.

cara edit tulisan di pdf

Cara edit tulisan di PDF erat kaitannya dengan proses merubah file PDF ke word secara manual. Untuk itu, silahkan Anda kunjungi terlebih dahulu artikel tersebut pada postingan blog Salam Tekno yang lalu.

Cara Edit Tulisan di PDF

Anda bisa melakukan edit tulisan di PDF melalui PC/Laptop dan bahkan bisa juga melalui HP Android Anda. Berikut tutorialnya saya sajikan untuk Anda praktekkan.

Mengedit Tulisan di PDF Melalui PC/Laptop

Untuk dapat melakukan cara edit tulisan di PDF melalui PC, Anda bisa memanfaatkan tiga buah tool gratis yang ada. Ketiga tool tersebut yakni Microsoft Word, Nitro, dan Online tool.

Menggunakan Software Microsoft Word

Untuk bisa mengikuti tutorial cara mengedit PDF dengan Microsoft Word ini, pastikan dahulu word yang terpasang pada laptop Anda adalah versi 2013 ke atas. Sebab, untuk versi word di bawah versi 2013, Anda tidak dapat mengedit PDF langsung di dalamnya.

Pertama, siapkan file PDF Anda yang akan diedit. Disini saya akan mencontohkan cara mengedit file PDF hasil scan dokumen ke PDF pada artikel sebelumnya.

Buka Microsoft Word dan pilih Open Other Documents atau bisa juga dengan menekan CTRL+O untuk membuka file PDF Anda yang akan diedit.

menu membuka dokumen

Pilih Browse, cari lokasi file PDF Anda disimpan dan klik Open.

mencari dokumen PDF

Muncul jendela pemberitahuan untuk melakukan proses pengubahan file PDF ke dalam format word. Klik OK.

jendela notifikasi ms word

Selesai, sekarang Anda sudah dapat mengedit tulisan di PDF dengan Microsoft Word.

mengedit file pdf dengan word

Untuk menyimpannya kembali setelah selesai diedit, klik menu File dan pilih Save. Jika Anda ingin hasil dokumen yang telah diedit tersebut berformat PDF lagi, Anda harus melakukan convert word ke PDF. Caranya sederhana, pada Save as type pilih PDF (*.pdf) kemudian klik Save.

Menyimpan file PDF setelah diedit

Edit Tulisan di PDF dengan Nitro

Jika Anda cek beberapa artikel saya sebelumnya, hampir selalu saya merekomendasikan Nitro ini dengan segala kelebihannya sebagai software yang dapat digunakan sesuai tutorial apa yang sedang dibahas. Dan kali ini pun sama, Nitro dapat pula dijadikan sebagai aplikasi edit file pdf.

Lalu bagaimanakah cara edit PDF offline dengan Nitro? Simak dan ikuti tutorialnya berikut ini.

Jalankan software Nitro yang telah terpasang dan buka file PDF Anda dengan mengklik menu File >> Open >> Computer >> Browse. Cari lokasinya dan klik Open.

Membuka file PDF

Lihat panel menu yang berada di kiri atas software Nitro. Anda akan mendapati tiga buah tool, yakni Hand Tool, Edit Tool, dan Zoom Tool. Pilih Edit Tool untuk mengedit PDF Anda.

Edit tool pada Nitro

Letakkan kursor pada tulisan PDF yang akan Anda edit. Klik tulisan tersebut dan mulailah edit tulisan Anda.

cara edit tulisan di pdf dengan nitro

Anda juga tentunya dapat mengubah jenis font, ukuran font, dan memberi warna pada font tulisan Anda. Setelah pengeditannya selesai, klik Finish.

Panel tools pengeditan

Terakhir, simpan kembali PDF yang telah Anda edit dengan menu File >> Save atau File >> Save As untuk menjadikannya dokumen yang baru.

menu save nitro

Cara Edit PDF Online

Satu lagi tool yang dapat Anda gunakan untuk mengedit PDF di PC Anda adalah tool Online. Cara edit pdf online ini dapat diartikan juga dengan cara edit file pdf tanpa software, karena memang Anda hanya membutuhkan koneksi internet dalam proses pengerjaannya.

Salah satu tool Edit PDF online yang saya rekomendasikan untuk Anda gunakan adalah Sejda.com. Untuk itu, akses terlebih dahulu halaman web tersebut melalui web browser yang Anda pakai.

Klik Upload PDF File untuk menambahkan file PDF yang akan Anda edit.

Update PDF File

Mulailah edit PDF Anda. Dengan Sejda, Anda bisa menambah/menghapus/merubah tulisan, menyisipkan gambar dan tautan, membuat Shapes, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Cara edit pdf online

Klik Apply changes dan tunggu beberapa saat jika PDF Anda telah selesai diedit.

Proses menyimpan hasil penyuntingan

Your document is ready, saatnya Anda klik download PDF yang telah diedit untuk disimpan pada penyimpanan laptop Anda.

Your document is ready

Cara Edit Tulisan di PDF dengan HP Android

Selain digunakan di PC, Microsoft Word juga telah hadir di Playstore dan Appstore. Dan tentunya, Anda bisa memasang dan menggunakannya dalam tutorial cara mengedit file PDF di HP Android ini.

Sebenarnya saya telah membahas secara detail mengenai cara mengedit PDF di Android ini pada artikel sebelumnya, cara menggunakan camscanner. Silahkan Anda cek artikel tersebut dan sorot ke bagian cara menghilangkan watermark camscanner dan ikuti tutorialnya disana.

Kesimpulan

Cara edit tulisan di PDF dapat diakukan melalui PC maupun HP Android Anda. Software atau tool yang digunakan untuk mengedit PDF di PC adalah Microsoft Word, Nitro Pro, dan Sejda.com yang merupakan tool online. Adapun cara mengedit pdf di HP, Anda bisa menggunakan aplikasi Word yang tersedia di Playstore dan App Store.

Baiklah, sekian artikel mengenai cara mengedit file PDF ini saya sampaikan, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu Anda khususnya dalam urusan penyuntingan dokumen. Jika Anda rasa artikel ini bermanfaat, silahkan share artikel ini pada kawan-kawan Anda juga. Terima kasih dan Salam Tekno.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Edit Tulisan di PDF Melalui PC dan HP Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel