Cara Menulis Arab di Android, Lengkap dengan Harakat - Salam Tekno

Cara Menulis Arab di Android, Lengkap dengan Harakat

Pada artikel sebelumnya telah saya jelaskan cara bagaimana agar bisa menulis arab di PC khususnya pada software Microsoft Word. Dan tak lengkap rasanya jika saya tidak melengkapi artikel tersebut dengan artikel mengenai cara menulis arab di android dengan harakat yang akan saya sampaikan kali ini.

Menulis arab di android dengan harakat

Sebelumnya, kamu pasti pernah kan dapat kiriman dari teman kamu yang isinya ada tulisan arabnya? Entah itu kalimat salam, potongan ayat-ayat Al-Qur'an dan hadits, maupun kalimat teks arab lainnya. Tapi pernahkah juga kamu berfikir bagaimana si aku bisa menulis font arab di android juga? Jika iya pernah, maka simaklah tutorial pada artikel ini dan praktekkan.

Sebagai catatan, menulis text arab di android ini berlaku untuk semua jenis dan merk ponsel android. Dari mulai Android Jelly Bean sampai terbaru Android Oreo dan segala jenis merk android, semua bisa mengikuti tutorial ini.

Cara Menulis Arab di Android dengan Harakat

1. Pasang Keyboard Android dengan Fitur Multi Bahasa

Sesuai dengan namanya, fitur multi bahasa dapat memungkinkan kamu untuk dapat dengan bebas menambah bahasa keyboard pada android yang kamu miliki. Untuk itu, pastikan terlebih dahulu ponsel androidmu telah memiliki keyboard dengan fitur multi bahasa atau belum. 

Hampir semua aplikasi keyboard android saat ini telah mendukung fitur multi bahasa ini. Tentunya satu dengan yang lainnya memiliki keunggulan yang berbeda-beda.

Namun dari sekian banyaknya aplikasi yang tersedia, saya lebih merekomendasikan menggunakan aplikasi Google Keyboard. Karena selain gratis, Google Keyboard ini merupakan salah satu aplikasi resmi yang dikeluarkan oleh Google. Google Keyboard juga merupakan salah satu keyboard arab dengan harakat android.

Google Keyboard

Biasanya Google Keyboard ini telah menjadi aplikasi bawaan pada setiap ponsel android. Namun, jika di android kamu tidak ada, di bawah ini telah saya sediakan link downloadnya. Dengan Google Keyboard ini, kamu tidak harus lagi untuk download aplikasi tulisan arab untuk hp android.

Download | Google Keyboard (Gratis)

Unduh dan install untuk meneruskan ke langkah selanjutnya.

2. Menambah Bahasa Arab di Google Keyboard Android

Langkah kedua dalam menulis arab di android adalah dengan menyetting dan menambah bahasa arab pada aplikasi Google Keyboard yang telah diinstall.

Caranya cukup mudah, pergi ke menu Setelan >> Setelan tambahan >> Bahasa & Masukan. Lihat gambar untuk lebih jelas.

Menu setelan android

Pada Keyboard Saat Ini, akan ditampilkan beberapa aplikasi keyboard yang telah terinstall. Pastikan kamu pilih Google Keyboard (Gboard). Setelah itu ketuk pada pilihan Gboard.

Setelan keyboard android

Akan ditampilkan Setelan Keyboard Gboard. Disana terdapat beberapa menu yang bisa kamu coba. Oleh karena kita akan menambah bahasa, ketuk pada pilihan Bahasa.

Tampilan menu google keyboard

Terlihat disana saya hanya menggunakan Bahasa Indonesia, untuk itu ketuk Tambahkan Keyboard untuk menambah bahasa.

Tambahkan keyboard

Akan ditampilkan semua bahasa yang bisa kamu tambahkan. Cari dan pilihlah pada bahasa Arab.

Bahasa arab
Terdapat dua pilihan bahasa Arab yang bisa digunakan, yakni Arab dan Arab (Maroko). Pilih Arab agar lebih universal.

Pilihan bahasa Arab

Kemudian kamu akan dialihkan pada setelan Tata letak. Kamu bisa pilih mau menggunakan tipe On Screen Keyboard berupa papan tombol atau tulis tangan. Untuk pengetikan tulisan Arab yang lebih mudah, pilih yang papan tombol dan setelah itu ketuk Tambahkan.

Tata letak keyboard

Selesai, maka daftar pilihan bahasa pada Gboard telah bertambah dengan bahasa Arab.

Daftar bahasa Gboard

3. Mengetik dan Menulis Text Arab

Tahap ketiga ini adalah inti dari pembahasan kita sekarang. Bukalah aplikasi mana yang akan kamu gunakan untuk mengetik. Kamu bisa memakai aplikasi Message, Whatsapp, dan lain-lain. Tak hanya itu, pada kotak update status media sosial juga bisa kamu gunakan.

Kali ini saya mencontohkan cara menulis arab di whatsapp.

Untuk mengganti keyboard atau bahasa ke Arab, ketuk icon Globe atau tekan lama tombol spasi.

Pengalihan bahasa keyboard

Cobalah ketik sesuatu. Bisa berupa salam, ayat Al-Qur'an, atau yang lainnya. Cara membuat nama dengan tulisan arab juga bisa kamu coba, seperti yang saya contohkan di bawah ini.

Menulis teks arab

Jangan lupa berikan tanda spasi pada setiap kata yang telah sempurna.

4. Memberi Harakat

Dan terakhir dalam tutorial cara mengetik arab di android adalah memberi teks arab yang telah diketik tadi dengan harakat maupun tanda baca.

Caranya ketuk dan tahan tanda titik yang terletak di sebelah kanan spasi. Kemudian gulir pada harakat mana yang akan kamu gunakan.

Pemberian harakat

Berilah semua huruf hijaiyah harakatnya masing-masing. Dan selesai. Untuk mengganti kembali bahasa Goolge Keyboard, ketuk simbol globe atau ketuk dan tahan tombol spasi.

Selesai

Baik, itulah artikel cara menulis arab di android dengan harakat yang bisa saya sampaikan. Jika menurutmu artikel ini bermanfaat jangan sungkan untuk membagikannya ke yang lain.

Saya harap artikel ini dapat membantu kamu khususnya yang sedang tertarik dalam menulis arab di android. Kritik, saran, dan pertanyaan saya tunggu pada kolom komentar di bawah. Sekian dari saya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Cara Menulis Arab di Android, Lengkap dengan Harakat"

  1. Kenapa qwerty ku cm hurufnya aja yg berubah,tp untuk angkanya masih tetap angka biasa?

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel