Cara Menulis Tulisan Arab di Microsoft Word Itu Ternyata Mudah Loh!


Menulis huruf Arab di komputer khususnya pada aplikasi Microsoft Word adalah hal yang sangat mudah dilakukan. Bagi kamu seorang guru yang kebetulan mau mengetik soal bahasa Arab atau bagi mahasiswa/pelajar yang punya tugas ngetik hadits Nabi sekarang tidak perlu bingung lagi jika kamu telah mengetahui caranya pada artikel ini.

cara menulis arab di word

Sebenarnya sudah banyak yang share tutorial menulis tulisan Arab di internet, namun setelah saya periksa satu persatu pembahasan mereka sepertinya kurang lengkap. Maka dari itu dengan artikel ini saya akan mencoba menjelaskan kembali sekaligus melengkapi apa yang kurang dari pembahasan yang mereka sampaikan.

Sebelum masuk ke bagian tutorial, penting saya beritahukan bahwa saya menggunakan Windows 10 dan Microsoft Word 2016. Tapi bagi pengguna Windows dan Word yang lain jangan berkecil hati ya, karena kabar baiknya pada Windows dan Word versi apapun ternyata tutorialnya sama seperti yang akan saya jelaskan. Yang membedakan hanyalah dari penempatan pengaturan dari masing-masing Windowsnya saja.

Oke tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut tutorialnya.

Cara Menulis Tulisan Arab di Microsoft Word

1. Setting Bahasa Arab Pada Windows

Langkah pertama adalah mengatur terlebih dahulu bahasa yang digunakan pada Windows. Nah disinilah yang saya maksud di atas. Saya menggunakan Windows 10, maka dari itu saya akan menjelaskan cara menulis arab di word windows 10.

Untuk pengguna Windows versi lain mungkin akan sedikit berbeda penempatan settingannya, tapi intinya adalah sama, yaitu menambahkan bahasa Arab pada pilihan bahasa Windows yang dipakai.

Pertama, pergi ke Control Panel dan Pilih Clock, Language, and Region.

tampilan control panel
Disini kita akan dihadapkan pada tiga pilihan, Date and Time, Language, dan Region. Pilih Language untuk melanjutkan.

Clock, Language, and Region setting
Nah disana akan terlihat bahasa apa yang sudah digunakan pada Windows. Terlihat di gambar bahwa saya hanya menggunakan Bahasa Indonesia sebelumnya. Untuk menambahkan bahasa Arab, klik Add a language.

Tambah bahasa pada windows

Untuk menambahkan bahasa Arab, cari bahasa yang bernama Arabic. Pilih bahasa Arabic dan klik Open. Sebenarnya tidak cuma bahasa Arab, bahasa yang lain juga bisa ditambahkan jika kamu mau.

Menambah bahasa Arabic

Disana akan ditampilkan berbagai pilihan sesuai negara yang menggunakan bahasa Arab sebagai bahasanya. Untuk lebih universal, sebaiknya kita pilih yang Arabic (Saudi Arabia). Jika sudah, klik Add.

Pilih Arabic Saudi Arabia

Nah maka bahasa yang dipakai Windows akan bertambah dengan bahasa Arab.

Buka Software On Screen Keyboard

On Screen Keyboard adalah software bawaan dari Windows. Kamu tidak perlu repot mencari dan mendownload aplikasi menulis arab di komputer yang lain.

Buat apa si software ini? On Screen Keyboard adalah keyboard dalam bentuk digital. Jadi, bisa digunakan sebagai pengganti keyboard. Software ini otomatis menyesuaikan karakter huruf sesuai bahasa yang dipilih. Jadi, dengan software ini kamu bisa tahu dimana letak huruf-huruf Hijaiyah pada keyboard.

Buka software tersebut dengan cara, tekan tombol Windows pada keyboard, ketikkan "On Screen Keyboard" tanpa tanda petik, kemudian tekan Enter. Seperti inilah tampilan On Screen Keyboard dengan bahasa Indonesia.

On screen keyboard bahasa Indonesia

Buka software Microsoft Word

Karena yang dibahas dalam artikel ini adalah cara membuat tulisan arab di microsoft word, maka silahkan buka Microsoft Word-nya masing-masing dan buatlah sebuah dokumen baru. Bagi pengguna word 2007, 2010, 2013, dan 2016 semuanya sama, tidak ada perbedaan sama sekali.

Memulai microsoft word

Sebenarnya tidak harus selamanya di Microsoft Word, menulis arab di software lain juga bisa. Seperti Notepad atau aplikasi sejenisnya yang bisa digunakan untuk mengetik.

Mengganti Bahasa Windows ke Bahasa Arab

Untuk mengganti/beralih bahasa Windows ke bahasa Arab, caranya klik icon language di Taskbar. Dan pilih bahasa Arabic yang telah ditambahkan di langkah awal tadi.

Beralih bahasa windows

Bisa juga dengan memakai shortcut (pintasan) pada keyboard. Caranya simple, cukup dengan tekan Windows+Space secara bersamaan, maka bahasa akan otomatis terganti.

Mulai Mengetik Arab di Word

Ketika bahasa Windows diganti ke bahasa Arab, maka otomatis software On Screen Keyboard akan menyesuaikan karakter hurufnya mengikuti bahasa yang dipilih, yakni bahasa Arab.

On screen keyboard Arabic

Disini saya akan mencontohkan cara membuat tulisan bismillah di microsoft word.

Cara mengetiknya bisa dengan mengklik huruf yang ada di On Screen Keyboard, bisa juga dengan keyboard laptop/komputer dengan memperhatikan letak huruf Hijaiyahnya pada On Screen Keyboard. Saya lebih menyarankan dengan keyboard laptop supaya kita terbiasa dan secara tidak sadar akan hafal sendiri dimana letak masing-masing huruf Hijaiyah.

Berikan spasi pada setiap kata yang telah sempurna. Jika tidak, maka satu kata dengan kata lainnya akan bersambung.

Dengan dan tanpa spasi

Font yang saya gunakan pada contoh di atas adalah Arabic Typesetting. Silahkan download di bawah ini jika dirasa kamu membutuhkannya.

Download | Arabic Typesetting (Gratis)

Memberikan Harakat dan Tanda Baca pada Tulisan

Untuk memberikan harakat dan tanda baca, caranya adalah pada software On Screen Keyboard, klik Shift. Maka karakter yang semula huruf Hijaiyah, akan berganti dengan beberapa harakat dan tanda baca. Silahkan beri harakat pada tulisan Arab basmallah yang telah dibuat tadi.

Memberikan harakat dan tanda baca

Disana tidak ada salah satu harakat yang dibutuhkan, misalnya pada huruf Mim pada kata Ar-Rohman.

Huruf Mim pada kata tersebut seharusnya menggunakan harakat Mad Fathah atau Alif Khanjariah. Namun, pada On Screen Keyboard tidak ada tanda baca tersebut.

Huruf Mim tidak berharakat
Cara menemukan harakat Alif Khanjariah maupun harakat/tanda baca lain yang tidak ada di Screen Keyboard adalah dengan memanfaatkan Symbol pada menu Insert yang disediakan oleh Microsoft Word.

Pada menu Insert, klik segitiga terbalik pada menu Symbol. Kemudian klik More Symbols untuk menampilkan semua symbol yang disediakan.

Menu symbol pada microsoft word

Pada kotak Subset, pilih menu Arabic. Sedangkan pada kotak Font, pilih (normal text). Silahkan kamu cari Harakat dan tanda baca yang dibutuhkan. Untuk Alif Khanjariah, Unicode name-nya adalah Arabic Letter Superscript Alef. Jika sudah ketemu klik Insert dan dilanjut dengan Close.

Pengaturan simbol harakat arabic

Jika kamu melakukannya dengan benar, maka huruf Mim pada kata Ar-Rohman sudah ada harakatnya.

Huruf Mim berharakat

Cara Menyalin Tulisan Arab di Word

Bagian terakhir yang perlu saya tambahkan adalah cara copy paste tulisan Arab di Word agar tidak terbalik.

Jika pada tulisan biasa/latin cukup dengan cara kuno (Ctrl+C dan Ctrl+V), maka pada tulisan Arab ini agak sedikit berbeda caranya.

Sebagai contoh, saya akan menyalin ayat ketiga dari surat Al-Ikhlas dari website tafsirq.

Blok ayatnya terlebih dahulu. Kemudian klik kanan dan pilih Copy.

Mengcopy tulisan Arab di internet

Kemudian pada Microsoft Word, pastikan jenis font yang dipilih telah mendukung karakter bahasa Arab. Atur juga Paragraph menjadi Align Right (dari kanan ke kiri).

Mengatur setelan word sebelum paste

Terakhir pada icon Paste, klik tanda panah ke bawah. Disana terdapat tiga pilihan Paste, yakni Keep Source Formatting, Merge Formatting, dan Keep Text Only. Silahkan kamu klik Keep Text Only.

Pilihan paste microsoft word

Maka dengan cara copy paste tulisan Arab tersebut, ayat hasil copy paste tidak akan mungkin terbalik.
Ayat hasil copy paste
Demikianlah artikel cara menulis tulisan Arab di Microsoft Word ini. Selamat mencoba dan semoga artikel ini dapat membantu dan memberikan manfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan atau kritik silahkan tuangkan melalui komentar di bawah, akan saya tunggu dengan senang hati. Terima kasih.

Related Posts:

4 Responses to "Cara Menulis Tulisan Arab di Microsoft Word Itu Ternyata Mudah Loh!"

  1. Alhamdulillah mudah dipahami dan dipraktekkan. Terima kasih atas artikelnya admin. Sukses selalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, terima kasih atas kunjungannya mba Hilda. Senang bisa membantu.

      Delete
  2. Sangat bermanfaat, semoga berkah ya kak

    ReplyDelete
  3. شكرا كثيرا بارك الله لك

    ReplyDelete