Cara Burning Video ke CD dan DVD Agar Bisa Diputar di DVD Player


Tidak seperti burning file ke dalam CD atau DVD biasa, burning video ke CD/DVD agar dapat diputar di DVD Player ini hanya dapat Anda lakukan dengan bantuan software tertentu.

Kebalikan dari burning adalah ripping. Ripping secara sederhana dapat diartikan menyalin video yang ada di CD/DVD ke penyimpanan laptop. Jika Anda tertarik, Anda bisa baca cara ripping video DVD ke laptop ini.

Cara burning video ke CD/DVD

Salah satu software yang sudah terkenal untuk burning CD/DVD adalah Nero.

Namun Nero ini adalah software berbayar yang tidak bisa Anda dapatkan dengan mudah. Kalaupun Anda sudah bisa mendapatkannya, Anda akan dihadapkan pada proses penginstalannya yang tidak mudah pula. Banyak yang mengeluhkan akan hal ini.

Untuk itu saya telah menyiapkan dua buah software alternatif pengganti Nero yang bisa Anda gunakan pada proses burning video ini.

Kedua software burning CD dan DVD ini bernama Ultra DVD Creator dan DVD Styler.

Keduanya adalah software yang benar-benar open source (gratis). Ya walaupun fitur yang ditawarkan tidak selengkap pada Nero, namun setidaknya bisa menjadi solusi untuk Anda gunakan.

Ultra DVD Creator dapat Anda gunakan untuk burning video ke dalam kaset CD. Sedangkan DVD Styler hanya bisa Anda gunakan untuk burning video ke kaset DVD saja.

Saya sendiri telah mencoba kedua software tersebut dan nyatanya memang benar-benar sukses untuk burning video agar bisa diputar di DVD Player.

Bagaimana cara saya melakukannya? Saya akan bagi pembahasannya ke dalam tiga bagian berikut ini.

Cara Burning Video ke CD Menggunakan Ultra DVD Creator

Ceritanya saya diminta oleh teman saya untuk burning video untuk diputar di DVD player yang ditugaskan oleh dosennya. Saya bilang padanya agar membeli kaset DVD-RW yang selain mempunyai kapasitas yang besar, juga bisa digunakan beberapa kali.

Akan tetapi yang dia beli malah CD-R yang kapasitasnya hanya 400 MB. Terpaksa saya menerimanya karena saya pikir dengan menggunakan Nero semua bisa diatasi.

Singkat cerita akhirnya saya mendapatkan software Nero setelah bersusah-susah mencarinya. Namun masalahnya tidak sampai disitu, ketika hendak menginstall Nero sangatlah sulit. Dan ini sangatlah menjengkelkan, mungkin diantara pembaca juga ada yang pernah mengalaminya.

Akhirnya dengan terpaksa saya searching di google cara burning video ke CD.

Dari semua blog yang saya temui, rata-rata mereka menggunakan software Nero dalam tutorialnya. Hampir tidak ada yang membahas dengan menggunakan software lain.

Saya pun mulai memutar otak hingga akhirnya saya menemukan software lain yang bisa burning video ke CD agar bisa diputar pada CD Player juga.

Ya, tentunya software Ultra DVD Creator inilah yang saya maksud.

Baiklah sudah ceritanya, sekarang beginilah cara burning video ke CD.

Oh ya hampir lupa, dikarenakan kapasitas CD hanya dapat menampung sekitar 400-700 MB, pastikan terlebih dahulu video yang akan Anda burn tidak melebihi kapasitas CD tersebut.

Jika ternyata melebihi, Anda harus melakukan kompres pada video tersebut. Silahkan Anda baca cara kompres ukuran video ini untuk membantu Anda.

Oke lanjut ke tutorial.

Pertama, tentunya Anda harus mengunduh dan memasang Ultra DVD Creator di laptop Anda. Sudah saya sediakan link yang bisa Anda kunjungi di bawah ini.

Download | Ultra DVD Creator (Gratis)

Buka Ultra DVD Creator. Disana akan terdapat tiga buah menu, Video Disc Creator, Video Disc Burner, dan Mpeg File Converter. Pilih Video Disc Creator.

Tampilan ultra dvd creator

Anda akan dihadapkan pada pemilihan Disc Type. Pilih VCD disc untuk burning video ke CD.

Select disk type

Klik Add Files dan cari lokasi dimana Anda meletakkan video. Anda bisa menambahkan lebih dari satu file video yang diinginkan. Pilih semua video Anda dan klik Open.

Proses menambahkan video

Tunggu proses Analyzing file selesai sampai video Anda telah muncul pada jendela kerja Ultra Video Creator.

Video berhasil terekspor

Pada CD Recorder, pilihlah drive DVD Room laptop Anda. Dan pada Disc Label isikan sesuatu terserah yang Anda inginkan.

Memberikan label disc

Klik menu Settings dan sesuaikan pengaturannya seperti gambar di bawah ini, kemudian klik Save.

Tampilan settings dialog

Langkah terakhir masukkan kaset CD dan klik Make untuk memulai burning video Anda. Tunggu hingga prosesnya selesai.

Setelah proses burning selesai, silahkan Anda coba putar video Anda pada DVD Player. Semoga berhasil.

Cara Burning Video ke DVD Menggunakan DVD Styler

Tak kalah dengan software Nero, DVD Styler ini memberikan Anda fitur yang cukup lengkap untuk sekelas software open source (gratisan).

Salah satu fitur DVD Styler yang sangat jarang ditemui pada software burning DVD gratis yang lain adalah Anda dapat membuat menu interaktif dengan gaya dan tampilan yang dapat Anda atur sendiri.

Sehingga sangat tepat saya katakan jika Anda menggunakan DVD Styler sebagai pengganti Nero dalam melakukan burning video ke DVD agar terbaca di DVD Player.

Baiklah langsung saja ke tutorial.

Pertama, tentunya Anda harus mengunduh dan memasang software DVD Styler. Anda dapat mengunduhnya gratis melalui link di bawah ini.

Download | DVD Styler (Gratis)

Pada saat pertama kali dijalankan akan muncul jendela Welcome untuk membuat projek baru. Silahkan sesuaikan seperti gambar di bawah ini kemudian klik OK.

Tampilan jendela welcome

Keterangan gambar:
  • Pada Disc label isikan nama projek Anda sesuai keinginan.
  • Pada Disc capacity, silahkan Anda pilih jenis kaset apa yang Anda gunakan. Cara mudah untuk mengetahuinya, lihat ukuran kapasitas yang tertera pada kaset DVD.
  • Video Format pilih PAL 720x576, Aspect Ratio pilih 16:9, dan Audio Format pilih AC3 49 kHz.


Selanjutnya silahkan Anda pilih template menu DVD yang telah disediakan DVD Styler. Isi Caption sesuai dengan nama Disc label pada tahap sebelumnya.

Memilih template

Masukkan video Anda ke jendela kerja. Bisa dengan dua cara, klik ikon Add Files dan cari lokasi video berada, dan bisa juga dengan menyeret video langsung ke DVD Styler. Anda bisa menambahkan lebih dari satu video.

Menambahkan video

Oh ya, jika Anda tidak bisa menemukan video atau file apapun dikarenakan terhapus atau hilang entah kemana, silahkan Anda baca artikel saya sebelumnya cara mengembalikan file yang terhapus ini. Oke, lanjut.

Setelah video Anda sukses terekspor, maka otomatis video tersebut masuk pada Menu 2. Anda bisa menghapus maupun menambahkan sesuatu. Silahkan kreasikan sendiri gaya dan tampilan yang Anda inginkan.

Jika Anda ingin menambahkan Teks, caranya klik kanan dan pada dropdown Add pilih Text, selanjutnya ketik teks yang akan Anda buat.

Menambahkan teks

Untuk mengubah background, Anda bisa coba dengan klik kanan dan pilih Properties. Pada menu Background, cari lokasi dimana Anda menyimpan gambar yang hendak dijadikan background.

Mengubah background

Sekali lagi silahkan Anda kreasikan sendiri tampilan yang Anda inginkan.

Mengkreasikan video pada menu 1

Mengkreasikan video pada menu 2

Untuk mulai burning video ke DVD autoplay yang telah Anda buat, masukkan kaset DVD kosong kemudian klik ikon Burn. Pastikan pilihan Device Anda telah sesuai dengan alamat DVD Room dan klik Start.

Tampilan menu burn

Tunggu proses burning selesai.

Proses burning video

Dan terakhir setelah proses burning selesai, silahkan Anda coba putar video Anda pada DVD Player. Semoga berhasil.

Cara Burning CD/DVD Tanpa Menggunakan Software

Bagian terakhir yang akan saya jelaskan adalah cara burning CD atau DVD semua jenis file tanpa menggunakan software apapun.

Ya walaupun pembahasan burning video telah selesai, namun pembahasan ini masih tetap ada hubungannya dengan burning CD atau DVD.

Pernahkah Anda mendapat tugas dari guru atau dosen yang harus dikumpulkan di dalam sebuah CD? Nah inilah yang saya maksud. Saya akan memberitahu Anda bagaimana cara burning CD/DVD yang ditugaskan kepada Anda tersebut.

Pertama, masukkan CD/DVD kosong ke DVD drive laptop Anda.

Pilih file yang akan dimasukkan ke CD/DVD, klik kanan dan pilih Send to > DVD RW Drive (F:).

Proses memasukkan file ke CD

Akan tampil jendela Burn a Disc. Isikan Disc title sesuai dengan yang Anda inginkan, kemudian centang Like a USB flash drive.

Burn a Disc

Like a USB flash drive ini dapat menjadikan CD/DVD Anda seperti halnya flashdisk. Pilihan ini cocok jika kaset yang Anda gunakan adalah CD/DVD RW. Klik Next untuk melanjutkan.

Tunggu proses formatting berlangsung.

Proses formatting DVD

Setelah format selesai, proses selanjutnya akan otomatis mengcopy tugas Anda tadi ke CD/DVD. Maka Anda akan mendapati CD/DVD Anda telah terisi dengan file yang Anda burning tadi.

Burning DVD selesai

Kesimpulan

Anda dapat melakukan burning video ke CD atau DVD agar dapat diputar pada DVD Player dengan menggunakan dua buah software, yaitu Ultra DVD Creator dan DVD Styler.

Adapun untuk cara burning CD atau DVD untuk memasukkan file ke dalamnya tidak harus menggunakan software apa pun. Cukup memanfaatkan fitur bawaan Windows.

Baiklah sekian artikel ini saya bahas, saya harapkan Anda sudah bisa memburning CD atau DVD baik untuk tujuan agar video dapat diputar di DVD Player, atau sekedar untuk memasukkan file ke dalamnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba. Terima kasih.

Related Posts:

0 Response to "Cara Burning Video ke CD dan DVD Agar Bisa Diputar di DVD Player"

Post a Comment