3 Cara Mudah Menggunakan SSH di PC Windows


Tidak seperti Linux dan Ubuntu, sistem operasi Windows tidak menyertakan klien SSH di dalamnya. Tidak diketahui mengapa pihak developer Windows memutuskan demikan.

Untuk itu agar Anda dapat menggunakan SSH di PC khususnya Windows, mau tidak mau Anda harus mencari cara lain agar Anda bisa melakukan hal itu.

cara menggunakan ssh di pc

Terdapat tiga cara menggunakan SSH di PC yang bisa Anda coba lakukan. Di antaranya yakni memakai ekstensi FireSSH di Waterfox dan ekstensi Secure Shell di Google Chrome, serta memasang software Putty.

Bagaimana perbedaan penggunaan dari ketiga cara tersebut? Akan saya jelaskan.
  • Jika Anda lebih menyukai dan berencana untuk menggunakan SSH hanya pada browser Anda, maka pilihlah FireSSH untuk Firefox atau Secure Shell untuk Chrome.
  • Jika Anda ingin menggunakan software SSH yang powerfull dengan antarmuka dan konfigurasi yang lengkap, gunakan Putty. Putty adalah software yang paling populer untuk mengkoneksikan SSH di PC karena kemudahannya.

Perlu diketahui untuk dapat menggunakan SSH di PC, Anda harus terlebih dahulu mempunyai akun SSH. Jika Anda sudah mempunyainya silahkan lanjut ke tutorial, jika belum Anda bisa baca cara membuat akun SSH ini.

Cara Menggunakan SSH di PC Windows

Memakai FireSSH di Waterfox

Waterfox dan Firefox selama ini memang dikenal dengan ekstensi dan plugin-plugin tambahannya yang powerfull, dan ekstensi FireSSH adalah salah satu diantaranya.

Akan tetapi FireSSH ini hanya dapat Anda pasang pada Waterfox, tidak dapat Anda pasang pada Firefox. Mungkin seiring perkembangan kemajuannya, FireSSH akan dapat Anda pasang di Firefox maupun pada banyak peramban web yang lain.

Download | Waterfox (Gratis)

Oke saya anggap Anda sudah memasang Waterfox yang telah terpasang ektensi FireSSH di dalamnya.

Buka browser Waterfox Anda, klik tombol menu Waterfox dan arahkan ke Web Developer. Cari dan pilih FireSSH untuk menjalankannya.

Pada tampilan FireSSH akan terdapat dua menu tab, yaitu Main dan Advanced. Pada tab Main, silahkan Anda isi semua kotak yang ada dengan informasi akun SSH yang Anda punya yang telah Anda buat sebelumnya.

Kemudian pada tab Advanced, Anda bisa mengatur tunneling SSH agar Anda dapat terkoneksi dengan SSH server.

FireSSH

Ada beberapa keuntungan jika Anda telah terhubung dengan SSH, di antaranya akan mencegah malware yang masuk melalui Wifi publik, mengakses sumber daya dari jarak jauh di jaringan lokal, melewati pemfilteran web, dan dapat menjelajah internet seolah-olah Anda sedang berada di negara lain.

Memasang Secure Shell di Google Chrome

Cara menggunakan SSH di PC selanjutnya adalah dengan memasang ekstensi Secure Shell pada Google Chrome. Secure Shell sendiri adalah aplikasi web resmi yang dikembangkan oleh pihak Google.

Silahkan Anda cari pasang terlebih dahulu Secure Shell ini pada Chrome Web Store.

Untuk menjalankan Secure Shell, klik pada ikon Apps pada Chrome. Anda akan menemukan beberapa aplikasi yang telah terpasang, termasuk Secure Shell salah satu di antaranya.

Tampilan Apps di Google Chrome

Setelah Secure Shell terbuka, silahkan Anda isi kembali kotak-kotak yang ada dengan akun SSH milik Anda dengan memasukkan nama pengguna dan nama host (alamat IP). Anda juga dapat menambahkan argumen baris perintah SSH tambahan jika perlu.

Aplikasi Secure Shell

Tidak seperti FireSSH, Secure Shell ini memiliki kekurangan yang cukup besar. Yakni Anda tidak dapat mengatur SSH tunneling. Sungguh sangat disayangkan sekali untuk aplikasi sekelas besutan Google.

Memanfaatkan Software Putty

Seperti halnya cara menggunakan ssh di android yang memanfaatkan aplikasi bernama KPN Tunnel Revolution, menggunakan ssh di PC juga bisa memanfaatkan sebuah software bernama Putty.

Putty adalah software tunneling SSH paling populer untuk Windows saat ini.

Software ini bersifat open source (gratis), dan bahkan Anda tidak perlu menginstallnya karena sudah tersedia versi portabelnya.

Download | Putty (Gratis)

Hal yang mungkin akan Anda keluhkan pada saat pertama kali memakai Putty adalah antarmukanya yang tampak agak sedikit rumit. Namun Anda akan merasakan kemudahannya setelah Anda mulai menggunakannya.

Untuk mulai menggunakan SSH di Putty, Anda hanya perlu menjalankan softwarenya, kemudian masukkan Host Name (or IP address) sesuai dengan akun SSH yang Anda punya, dan klik Open. Putty akan terhubung ke server dan meminta Anda untuk mengisi username dan password Anda.

Putty SSH Tunnel

Jika Anda tanya saya lebih memilih menggunakan SSH atau menggunakan VPN, saya lebih merekomendasikan Anda menggunakan VPN di PC. Kenapa? Salah satu alasannya adalah karena menggunakan VPN jauh lebih mudah dibanding SSH.

Nah itulah tiga cara menggunakan SSH di PC gratis yang bisa saya sampaikan. Saya harap artikel ini bisa membantu Anda yang sedang mencari tutorial connect SSH lewat PC khususnya untuk Windows. Oke seperti biasa, silahkan masukkan, saran atau bahkan rekomendasi cara lain yang mungkin Anda ketahui, saya tunggu melalui kolom komentar di bawah. Terima kasih.

Related Posts:

0 Response to "3 Cara Mudah Menggunakan SSH di PC Windows"

Post a Comment