Cara Memasang (Instal) Aplikasi di Laptop untuk Pemula - Salam Tekno

Cara Memasang (Instal) Aplikasi di Laptop untuk Pemula

Apakah Anda baru saja mempunyai laptop baru dan belum ada aplikasi apapun di dalamnya? Anda seorang pemula dan bingung bagaimana cara memasang aplikasi di laptop? Jangan dulu meminta bantuan ke orang lain atau tukang service, mengapa? Karena melalui artikel Salam Tekno kali ini, saya akan berbagi pengetahuan mengenai cara instal aplikasi di laptop yang bisa Anda terapkan sendiri di rumah.

Memasang aplikasi atau bahasa kerennya instal software di laptop sebenarnya sangat mudah sekali. Sekali saja Anda bisa dan berhasil memasang sebuah aplikasi, maka dipastikan untuk aplikasi-aplikasi laptop lainnya Anda juga akan bisa memasangnya sendiri.

cara memasang aplikasi di laptop

Perlu diketahui, cara instal aplikasi di laptop adalah sebuah langkah awal untuk bisa mengoperasikan laptop Anda. Dengan adanya sebuah aplikasi (software), Anda akan merasa dimudahkan dalam segala urusan atau kegiatan yang Anda lakukan.

Seperti misalnya, untuk membuat surat Anda dimudahkan dengan aplikasi Microsoft Word, untuk menjelajahi dunia Anda cukup membuka aplikasi Firefox atau Chrome, untuk menonton film ada aplikasi KMPlayer dan aplikasi sejenisnya, dan untuk mengirim file berukuran besar ada aplikasi SHAREit. Bayangkan jika pada laptop Anda tidak ada aplikasi apapun, hampir tidak ada yang bisa Anda lakukan dengan laptop tersebut.

Sebelum ke tutorial cara menginstal software sistem aplikasi, terlebih dahulu Anda harus mempunyai mentahan atau paket installer dari aplikasi tersebut. Untuk mempunyai paket installer software, tentunya Anda harus mendownloadnya di internet. Anda juga bisa memintanya ke orang lain melalui flashdisk, karena cara menginstal aplikasi dari flashdisk ke laptop bisa juga Anda lakukan.
Baca juga: Cara download font gratis
Untuk mengunduh sebuah aplikasi laptop, Anda bisa mengunjungi situs resmi dari aplikasi yang akan Anda pasang atau bisa juga pergi ke website penyedia software dan game gratis full version, seperti GigaPurbalingga, Bagas31, Kuyhaa Android19, dan lain sebagainya.

Dalam mendownload sebuah aplikasi laptop juga Anda harus membaca dan memahami system requirements (persyaratan sistem)-nya terlebih dahulu. Jangan sampai di laptop Anda memakai Windows 10 dan Anda mencari cara menginstal aplikasi di laptop windows 10 namun yang Anda dapatkan malah aplikasi yang berasal dari artikel download aplikasi di laptop windows 8. Hal ini akan menjadi kendala nanti, khususnya ketika Anda akan memasang software driver untuk device laptop.

Lalu bagaimanakah cara memasang aplikasi ke laptop jika telah memiliki paket installer softwarenya? Simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

Cara Memasang atau Instal Aplikasi di Laptop

Carilah lokasi tempat Anda menyimpan aplikasi mentahan yang telah Anda miliki, data dari flashdisk maupun DVD bisa langsung Anda instal tanpa harus memindahkannya terlebih dahulu ke penyimpanan internal (hardisk) laptop. Saya akan coba contohkan cara memasang aplikasi SHAREit di laptop pada tutorial kali ini.
Baca juga: Cara memindahkan video DVD ke laptop
Klik kanan pada aplikasi tersebut dan pilih Open, atau klik dua kali (double click) untuk lebih singkatnya.

membuka aplikasi

Jendela User Account Control akan terbuka, kurang lebih maksud dan isinya adalah menanyakan Anda apakah ingin mengijinkan program ini dipasang pada komputer Anda atau tidak. Klik Yes untuk mengijinkan.

user account control

Setiap software pasti akan menampilkan jendela License Agreement (Perjanjian Lisensi) setiap kali akan dipasang. Klik Accept untuk menerima perjanjian tersebut dan melanjutkan proses pemasangan.

license agreement

Selanjutnya adalah memilih lokasi tujuan penginstalan aplikasi. Anda dapat memilih lokasi lain dengan mengklik menu Browse atau membiarkannya tetap di lokasi default. Klik Next untuk melanjutkan.

memilih lokasi penginstalan

Langkah selanjutnya adalah tergantung aplikasi yang diinstal. SHAREit sendiri menambah tugas tambahan seperti Create a desktop shortcut (membuat pintasan desktop) pada penginstalannya. Anda dapat mencentangnya ataupun tidak, terserah Anda. Setelah itu klik Next.

menu pemasangan tambahan

Proses penginstalan aplikasi Anda akan berlangsung, silahkan Anda tunggu. Setiap software mempunyai durasi waktu pemasangan yang bervariasi.

proses pemasangan aplikasi

Cara memasang aplikasi di laptop selesai, klik Finish.

cara instal aplikasi di laptop selesai

Silahkan buka aplikasi Anda yang telah dipasang tadi, cara membukanya cukup klik dua kali pada shortcut (pintasan)-nya pada desktop.

aplikasi SHAREit

Bagi Anda pengguna laptop baru, di bawah ini saya rekomendasikan beberapa software penting yang harus ada dan harus dipasang pada laptop Anda. Aplikasi tersebut di antaranya:
  1. Untuk kepentingan pengolahan dokumen, instal aplikasi Microsoft Office 2010 ke atas.
  2. Aplikasi pemutar video. Bisa KMPlayer, Daum Pot Player, GOM Player, atau yang lainnya.
  3. Software pemutar musik dan lagu, seperti AIMP atau iTunes.
  4. Aplikasi peramban web (browser), seperti Google Chrome dan Firefox.
  5. Pembaca dan pengedit file PDF, saya rekomendasikan Nitro untuk Anda pasang.
  6. Untuk keperluan desain, Anda butuh software Corel Draw, Photoshop, atau Adobe Ilustrator.
  7. Software Antivirus, seperti Smadav, Eset Smart Security, Avira, dan lain-lain.
  8. Aplikasi untuk mengirim file berukuran besar, pasang SHAREit.
  9. Aplikasi-aplikasi lain sesuai kebutuhan.

Kesimpulan

Cara memasang (instal) aplikasi di laptop ini sangatlah mudah. Secara keseluruhan memasang aplikasi ini memerlukan beberapa tahap. Umumnya tahapan memasang aplikasi tersebut yakni tahap persetujuan User Account Control, tahap License Agreement, memilih lokasi tujuan penginstalan, dan tahap terakhir tergantung aplikasi yang dipasang. Lebih singkatnya, Anda cukup mengklik tombol Next atau selanjutnya saja sampai penginstalan selesai.
Baca juga: Cara download film di laptop
Selain aplikasi atau software Windows yang dipasang, cara memasang aplikasi android di laptop juga sudah dan dapat dilakukan untuk saat ini, seperti misalnya cara instal youtube di laptop. Mungkin lain kali pada artikel selanjutnya saya akan bahas hal tersebut.

Setelah membaca artikel ini, apakah Anda sudah berhasil memasang aplikasi di laptop baru Anda? Satu kali Anda bisa instal aplikasi, maka untuk aplikasi lainnya dipastikan Anda juga dapat memasangnya. Jadi, tidak perlu merasa takut atau khawatir lagi akan terjadi hal yang tidak diinginkan pada laptop Anda. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Memasang (Instal) Aplikasi di Laptop untuk Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel