Cara Membuat File Zip di Android dan PC, Mudah dan Cepat - Salam Tekno

Cara Membuat File Zip di Android dan PC, Mudah dan Cepat

Artikel kali ini Salam Tekno akan membahas mengenai cara membuat file zip baik itu di Hp Android maupun di PC Windows. Bagi Anda yang belum tahu apa itu file zip dan kegunaannya, simak pembahasannya di bawah ini.

File ZIP adalah standar kompresi data yang diciptakan oleh Phil Katz dan merupakan jenis kompresi yang paling populer. Cara membuat file menjadi zip berguna agar ukuran data menjadi lebih kecil, sehingga penggunaan media penyimpanan dan transfer data akan menjadi lebih efisien.

cara membuat file zip

Cara membuat file zip juga dapat mengamankan data Anda lebih aman dari serangan virus. Oleh sebab itu jika Anda download game PS3 atau download film di internet seperti yang telah saya jelaskan pada artikel terdahulu, maka file yang akan Anda unduh selalu memiliki format Zip atau Rar.

Lalu bagaimanakah cara membuat file zip di android maupun PC? Simaklah pembahasannya berikut ini.

Cara Membuat File Zip di PC dan Android

Cara Membuat File Zip di Windows PC

Bagi Anda pengguna Windows 8.1 atau Windows 10, untuk membuat berkas zip Anda tidak harus memasang software tertentu lagi karena fitur bawaan Windows telah bisa untuk melakukannya.

Pertama, letakkan semua file yang akan Anda jadikan Zip dalam satu folder. Anda bisa membuat file Zip dari semua jenis media yang ada, seperti gambar, musik, video, game, aplikasi, dan sebagainya.

folder pembuatan zip

Klik kanan pada folder tersebut, klik Send to dan pilih Compressed (zipped) folder. Kemudian tunggu pembuatan file zip berlangsung, lama tidaknya tergantung ukuran file yang telah Anda tentukan sebelumnya.

compressed (zipped) folder

Selesai, akan muncul berkas Zip yang telah Anda buat dengan nama yang sama dengan nama folder.

pembuatan zip selesai

Berbeda halnya dengan cara membuat file zip di windows 7 yang belum ada fitur untuk mengkompres file, Anda harus memasang software pihak ketiga untuk membantu Anda.

Di antara software yang populer untuk Windows 7 yang bisa Anda gunakan untuk membuat file Zip adalah Winrar, Winzip, dan 7-Zip. Dalam tutorial kali ini saya akan menggunakan Winrar, Anda dapat mengunduhnya gratis melalui tautan di bawah ini.

Download | WinRAR (Gratis)

Buka software WinRAR yang telah terpasang pada Windows 7 Anda, carilah lokasi tempat menyimpan folder yang akan dijadikan file Zip, klik atau pilih pada folder tersebut, kemudian klik Add.

cara membuat file zip di windows 7

Anda dapat mengganti nama dan lokasi penyimpanan pada label Archive name, untuk membuat file zip pilih Archive format ZIP, dan Anda juga dapat memberikan password pada file Zip Anda nanti pada menu Set password. Terakhir klik OK jika semuanya dirasa telah siap.

pengaturan winrar

Cara membuat file zip di windows 7 sekaligus di PC menggunakan software WinRAR selesai.

proses pembuatan zip selesai

Cara Membuat File ZIP di Hp Android

Cara zip file di android saat ini juga Anda sudah tidak perlu memasang aplikasi di Playstore lagi. Dengan mengandalkan fitur bawaan ponsel android saja Anda sudah bisa Zip file di hp. Saya menggunakan ponsel xiaomi pada tutorial kali ini.

Seperti biasanya, masukkan dan kumpulkan semua berkas dalam satu folder. Klik dan tahan pada folder tersebut, pilih Lainnya dan klik Kompres.

kompres

Beri nama file Zip Anda dan klik Oke, kemudian tunggu proses pengkompresan berlangsung.

menu kompres

Cara membuat file zip android selesai. Mudah bukan?

cara membuat file zip di android

Jika di ponsel Anda tidak terdapat menu Kompres untuk membuat file Zip, alternatifnya yaitu dengan menggunakan aplikasi. Adapun aplikasi pembuat file Zip di android yang bisa Anda coba di antaranya WinZip, RAR, 7Zipper, dan lain sebagainya.

Cara Membuat file Zip/Rar Online

Cara membuat file zip yang terakhir adalah dengan memanfaatkan situs online. Cara ini bisa dilakukan di PC maupun ponsel android. Sayangnya, kekurangan cara online ini adalah tidak bisa mengkompres sebuah folder. Artinya Anda harus membuat berkas Zip satu persatu dari semua file Anda.

Akses Zipmyfiles.net pada browser yang akan digunakan.

cara membuat file rar online

Klik Choose Files dan pilih Pengelola Berkas untuk upload.

pengelola berkas

Cari lokasi penyimpanan berkas Anda kemudian klik pada salah satunya.

memilih berkas

Proses pembuatan file Zip akan berlangsung, tunggu beberapa menit.

please wait

Terakhir, klik Download Your Zip untuk mendapatkan file Zip yang telah dibuat.

Download Zip

Terakhir, lakukan proses pengunduhan seperti biasanya. Cara membuat file rar online akhirnya selesai.

Unduh

Baiklah sekian artikel cara membuat file Zip di PC dan Android ini saya sampaikan, semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan tanyakan melalui komentar di bawah maupun pada fanspage facebook salam tekno. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Membuat File Zip di Android dan PC, Mudah dan Cepat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel