Aplikasi untuk Membuka URL di Android, Jelajahi Dunia!


Aplikasi untuk membuka URL sebenarnya sudah terpasang pada setiap smartphone Android apapun jenis dan merknya. Bahkan biasanya, beberapa aplikasi pembuka URL tersebut telah menjadi aplikasi default atau bawaan dari ponsel Android itu sendiri. Sebut saja Google Chrome atau Mi Browser yang telah tertanam sendiri pada Android Xiaomi, jadi Anda tidak perlu lagi mencari dan memasangnya.

aplikasi untuk membuka url

Sebelum masuk ke pembahasan aplikasi untuk membuka url di android, terlebih dahulu saya akan bahas sedikit apa itu URL. URL (Uniform Resource Locator) atau dalam bahasa Indonesianya disebut LSS (Lokator Sumber Seragam) adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber, seperti dokumen dan gambar di internet. Lebih jelasnya, URL ini berfungi untuk menunjukkan alamat sebuah situs web yang ingin ditampilkan atau dikunjungi. Seperti misalnya Anda ingin mengunjungi blog Salam Tekno ini, maka URL-nya adalah https://salam-tekno.blogspot.com.

Aplikasi untuk membuka URL sering dikenal dengan istilah peramban web atau browser. Jika tidak ada satu saja aplikasi browser yang terpasang pada ponsel Android, maka dapat dipastikan Anda akan sulit untuk membuka dan mengunjungi sebuah situs web melalui URL. Seperti misalnya yang sering terjadi adalah munculnya peringatan tidak ditemukan aplikasi untuk membuka URL.

Cara mengatasi tidak ditemukan aplikasi untuk membuka URL pada Android tentunya dengan mengidentifikasi dan menganalisis asal muasal penyebabnya terlebih dahulu. Jika memang karena tidak ada satu pun aplikasi peramban web (browser) di ponsel Anda, maka solusinya adalah mencari dan memasang browser tersebut untuk digunakan.

Cara menemukan aplikasi untuk membuka URL ini tidaklah sulit. Mengapa? Sudah ada banyak sekali aplikasi-aplikasi browser yang tersedia di Play Store maupun di google. Saya sendiri merekomendasikan Anda untuk download aplikasi untuk membuka URL seperti Google Chrome, UC Browser, dan Opera Browser yang merupakan tiga buah aplikasi browser yang paling populer saat ini.

Aplikasi untuk Membuka URL di Android

#1 Google Chrome

Dikutip dari Wikipedia, Google Chrome adalah sebuah peramban web (browser) gratis yang dikembangkan oleh Google pada proyek Chromiumnya dengan menggunakan mesin rendering Webkit.

Awal pertama kali dirilis tanggal 2 Septembar 2008, Google Chrome ini hanya diperuntukkan untuk Microsoft Windows karena masih dalam status beta ketika itu. Baru pada tanggal 11 Desember di tahun yang sama, Google Chrome akhirnya mencapai versi stabil dan langsung diluncurkan untuk semua sistem operasi termasuk Android sebagai salah satu sistem operasi smartphone.

Banyak tutorial-tutorial menarik yang telah saya jelaskan menggunakan Google Chrome ini. Di antaranya adalah cara download gambar di google agar tidak pecah, cara dm instagram di browser, dan lain sebagainya. Anda dapat mengunjungi artikel-artikel tersebut jika tertarik untuk membaca dan mempraktikannya.

#2 UC Browser

Aplikasi untuk membuka URL di google yang paling populer kedua adalah UC Browser. Aplikasi yang diluncurkan pada tahun 2004 oleh UCWeb ini dapat digunakan di semua sistem operasi smartphone, entah itu Android, IOS/IPhone, Symbian, Black Barry, Java, dan lain-lain. Bahkan sekarang, UC Browser ini sudah telah mendukung dan menjangkau perangkat PC yang beroperasi sitem Windows.

UC Browser sendiri lebih dikenal akan kecepatannya dalam menjelajah dan mendownload sebuah file, sehingga tak heran jika aplikasi ini telah memiliki lebih dari 500 juta pengguna aktif di seluruh dunia. Dengan teknologi U3 kernel yang dimilikinya, UC Browser memang dapat memberikan penggunanya pengalaman menjelajah web dan pengunduhan file yang cepat, nyaman, dan aman.

Ada satu tutorial menarik di blog ini yang dulu pernah saya bahas, yakni cara download lagu di UC Browser. Silakan kunjungi artikel tersebut jika Anda ingin mendownload lagu-lagu terbaru di tahun ini.

#3 Opera Browser

Cara melihat URL aplikasi Android ketiga sekaligus terakhir yang saya rekomendasikan adalah Opera Browser. Aplikasi browser satu ini memiliki banyak fitur yang kemudian diadopsi oleh peramban web lainnya. Dengan kata lain dapat dikatakan, beberapa fitur keren yang ada di setiap aplikasi browser Android saat ini, terinspirasi dari fitur yang telah ada di Opera Browser.

Sama seperti Google Chrome, Opera juga akhirnya memutuskan menggunakan teknologi Webkit tepat pada tanggal 13 Februari 2013, yang sebelumnya Opera terbiasa memakai teknologi Presto dalam pengembangannya. Sehingga sejak saat itu sampai kini, Opera dibangun berdasarkan dari proyek terbuka Chromium, lisensi terbuka dari pengembang Google Chrome.

Cara Membuka URL di Android dengan Aplikasi Browser

Setelah Anda mengetahui beberapa aplikasi untuk membuka URL yang dapat digunakan, lalu bagaimanakah cara membuka url di android menggunakan aplikasi tersebut? Simak tutorialnya berikut ini.

#1 Buka aplikasi browser Google Chrome yang telah terpasang di ponsel Android. Ketikkan URL dari sebuah situs web yang akan Anda buka pada kotak Telusuri atau ketik alamat web kemudian klik tanda panah ke kanan yang berada pada keyboard.

cara membuka url di android

Dalam beberapa saat, maka situs web yang ingin Anda kunjungi melalui URL tadi akan terbuka. Jika Anda tidak bisa membuka URL, mungkin terdapat kesalahan dalam menuliskan URL tersebut.

halaman web terbuka

#2 Buka aplikasi UC Browser Anda kemudian ketikkan URL yang ingin dituju pada kotak Cari atau Masukkan URL. Harap teliti dalam menuliskan alamat URL Anda.

uc browser

Halaman situs web dari alamat URL tersebut akan terbuka.

tampilan blog di uc browser

#3 Untuk di Opera Browser sendiri caranya hampir sama dengan dua aplikasi di atas. Buka Opera Browser dan ketikkan URL yang ingin Anda kunjungi pada Address bar atau kotak penelusuran bertuliskan Cari atau masukkan alamat.

opera browser

Selesai, tidak membutuhkan waktu lama hingga situs web atau blog yang Anda tuliskan URLnya tadi akan terbuka.

tampilan blog dari url yang dibuka

Kesimpulan

Aplikasi untuk membuka URL di Android dapat dipasang dan digunakan untuk mengatasi tidak ditemukan aplikasi untuk membuka URL. Adapun beberapa aplikasi pembuka url (browser) yang paling terkenal saat ini adalah Google Chrome, UC Browser, dan Opera Browser. Cara membuka URL di Android menggunakan ketiga browser tersebut juga hampir serupa langkah-langkahnya.

Demikianlah artikel kali ini mengenai aplikasi untuk membuka URL di Android, semoga dapat bermanfaat dan membantu permasalahan di ponsel Android Anda. Terima kasih telah berkunjung dan sampai jumpa pada tutorial menarik lainnya.


0 Response to "Aplikasi untuk Membuka URL di Android, Jelajahi Dunia!"

Post a Comment