Kumpulan Font Aksara Jawa untuk Menulis Hanacaraka di Microsoft Word - Salam Tekno

Kumpulan Font Aksara Jawa untuk Menulis Hanacaraka di Microsoft Word

Sebelum Anda dapat menulis aksara Jawa pada software pengolah kata seperti Microsoft Word dan sebagainya, Anda harus dan wajib untuk memasang font aksara Jawa terlebih dahulu pada komputer atau laptop yang Anda miliki. Jika tidak, maka dapat dipastikan Anda akan kesulitan dalam mengetik aksara Jawa karena tidak adanya font yang mendukung karakter huruf jawa tersebut.

font aksara jawa

Font aksara Jawa secara resmi termasuk ke dalam Unicode sejak bulan Oktober tahun 2009, bertepatan dengan dirilisnya Unicode versi 5.2. Dengan blok Unicode yang terletak pada kode U+A980 sampai U+A9DF, aksara Jawa mempunyai sejumlah 91 kode yang terdiri dari 53 huruf, 19 tanda baca, 10 angka, dan 9 vokal.

Dengan resminya aksara Jawa sebagai Unicode, baru 4 tahun setelahnya (sekitar tahun 2013) bermunculan lah sejumlah font aksara Jawa asli yang mulai beredar luas. Di antara font aksara Jawa tersebut ialah Hanacaraka/Pallawa oleh Teguh Budi Sayoga, JG Aksara Jawa oleh Jason Glavy, dan Tuladha Jejeg oleh R.S. Winahanto yang telah berbasis teknologi Graphite SIL.

Jika Anda belum mengetahui dimana tempat ataupun website penyedia font aksara jawa free download, maka sangat tepat sekali Anda mengunjungi artikel Salam Tekno kali ini. Karena saya akan membagikan beberapa font aksara jawa yang telah saya kumpulkan dari berbagai situs online dan telah saya uji coba untuk menulis aksara Jawa di Microsoft Word. Dan hasilnya, semua font tersebut telah mendukung pengetikan aksara Jawa.
Baca juga: Cara download font gratis
Silakan download font aksara Jawa untuk Microsoft Word tersebut di bawah ini dan jangan lupa berterima kasih kepada pembuatnya.

Kumpulan Font Aksara Jawa Gratis

#1 Tuladha Jejeg Font

Font aksara Jawa pertama yang saya bagikan pada artikel kali ini bernama Tuladha Jejeg, font yang diciptakan oleh R.S. Winahanto dengan ciri khas menggunakan lebar goresan dengan karakter tebal tipis dan serif di beberapa glifnya.

tuladha jejeg font

Berdasarkan Wikipedia sendiri, Tuladha Jejeg adalah font aksara Jawa yang paling lengkap dibandingkan dengan font lain sejak kemunculannya tahun 2013 silam. Hal ini karena Tuladha Jejeg dibuat berdasarkan teknologi Graphite SIL sehingga mampu dan mendukung dalam menampilkan semua bentuk karakter Jawa dengan basis Unicode.

Font Tuladha Jejeg biasa digunakan pada beberapa situs web untuk menampilkan aksara Jawa pada halamannya, terutama pada situs-situs Wikimedia Foundation seperti Wikipedia dan beberapa situs translate aksara Jawa Hanacaraka. Lebih dari itu, font ini juga tentunya dapat Anda gunakan untuk menulis aksara Jawa pada Microsoft Word 2007 ke atas maupun software pengolah kata lainnya. Download font aksara jawa online tersebut di bawah ini.

Download | Tuladha Jejeg Font (Gratis)

#2 Hanacaraka Font

Font aksara Jawa kedua adalah Hanacaraka yang dibuat oleh Teguh Budi Sayoga dan mulai beredar sejak tahun 2004 hingga sekarang. Oleh karena font ini dibuat jauh sebelum aksara Jawa terdaftar sebagai Unicode, maka salah satu kekurangannya ialah pemakaiannya yang masih terbatas pada perangkat komputer saja dan tidak bisa digunakan untuk perangkat mobile seperti smartphone Android.

hanacaraka font

Di sisi lain, font Hanacaraka ini banyak sekali memiliki keunggulan. Seperti mendukung semua jenis format font entah itu Bold, Italic, Underline, dan lain-lain; bisa digunakan pada software Graphics Design (Corel Draw, Photoshop), Database, maupun pada situs untuk translate Jawa ke aksara Jawa; dan tentunya mudah dipelajari bagi yang baru belajar menulis aksara Jawa sekalipun. Bagi Anda yang sedang mencari font aksara Jawa Corel Draw, Anda bisa download font Hanacaraka tersebut di bawah ini.

Download | Hanacaraka Font (Gratis)

#3 Javanese Text dan Noto Sans Javanese

Font berikutnya yang bisa digunakan untuk mengetik aksara Jawa di Microsoft Word adalah Javanese Text dan Noto Sans Javanese. Bisa dikatakan, dua buah font aksara Jawa ini adalah font yang universal karena telah tersedia di beberapa situs penyedia font gratis seperti Google Fonts, Dafontfree, Legionfonts, Megafonts, dan lain-lain.

javanese text dan noto sans javanese

Saya sendiri belum mengetahui siapa pembuat font Javanese Text. Namun untuk Noto Sans Javanese sendiri, Google adalah pihak yang membuatnya tepat pada tahun 2014 silam. Sebagai font buatan Google, tentu Noto Sans Javanese termasuk ke dalam bagian dari seri font Noto dan mendukung semua bahasa di dunia selain tentunya aksara Jawa.

Download | Javanese Text & Noto Sans Javanese (Gratis)

#4 Nawatura dan Istaka

Nawatura dan Istaka adalah dua buah font aksara Jawa yang dibuat oleh seorang budayawan sekaligus kreator di bidang Tipografi asal Bandung bernama Aditya Bayu Perdana.

nawatura dan istaka

Font Nawatura memiliki bentuk yang menyerupai langgam klasik Jawa cetak pada jaman Belanda dengan kontras garis yang lebih rendah sehingga keseluruhan teks terlihat lebih tebal dan lebih mudah dibaca walaupun ukurannya kecil. Namun sayangnya, Aditya Bayu membuat font ini khusus untuk perangkat komputer Windows saja, penggunaan untuk HP Android atau lainnya tidak dijamin dapat bekerja.

Adapun font Istaka, memiliki bentuk yang sangat unik karena menyerupai langgam bata sarimbag yang memiliki ciri khas berupa counter sempit dan garis tebal, sehingga cocok digunakan untuk menulis judul maupun teks pendek yang penting. Sama seperti Nawatura, font ini juga dibuat khusus untuk perangkat komputer.

Download | Nawatura & Istaka (Gratis)

#5 Jamawi, Kramawirya, dan Nyk Ngayogyan

Tiga buah font aksara Jawa selanjutnya adalah Jamawi, Kramawirya, dan Nyk Ngayogyan. Berbeda dengan dua font sebelumnya yang dibuat oleh satu orang, ketiga font ini dibuat oleh orang yang berbeda. Dimana Jamawi dibuat oleh Arif Budiarto, Kramawirya dikembangkan oleh Yayat Suhiryatna beserta dua orang temannya, dan Nyk Ngayogyan diciptakan oleh Apri Nugroho.

jamawi, kramawirya, dan nyk ngayogyan

Meskipun dibuat oleh orang yang berbeda, namun ketiga font ini terinspirasi dari gaya tulisan yang umum digunakan oleh orang Jawa di berbagai daerah, khususnya Yogyakarta. Hanya ada sedikit perbedaan pada font Jamawi, dimana Arif Budiarto membuatnya berdasarkan naskah Serat Imam Nawawi yang mungkin banyak orang Jawa belum mengetahuinya.

Ketiga font ini dapat digunakan dengan baik untuk mengetik aksara Jawa pada Microsoft Word di komputer. Adapun jika Anda mencari font aksara Jawa Android, maka font Nyk Ngayogyan lah yang bisa Anda gunakan, karena Apri Nugroho juga membuatnya khusus untuk Hp Android.

Oleh karena dapat digunakan di Android, maka tentunya Anda dapat menjadikan Nyk Ngayogyan ini sebagai font aksara Jawa untuk Picsart, Picsay Pro, Pixellab, maupun aplikasi desain lainnya. Download font aksara Jawa Picsay Pro tersebut di bawah ini.

Download | Jamawi, Kramawirya, dan Nyk Ngayogyan (Gratis)

#6 Font Mirip Aksara Jawa

Kumpulan font aksara Jawa terakhir kali ini bukanlah font aksara Jawa asli, melainkan font latin biasa yang bentuk dan gaya tulisannya dibuat menyerupai aksara Jawa yang asli.

font mirip aksara jawa

Adapun nama-nama font tersebut yang berhasil saya kumpulkan yakni Aksara Jawa Palsu, Jawadwipa, dan Kemasyuran. Ketiga font tersebut biasa digunakan pada desain kartu undangan, kaos gaya Jawa, kalender, dan lain-lain. Anda bisa mendapatkan ketiga font tersebut di bawah ini.

Download | Font Mirip Aksara Jawa (Gratis)

Kesimpulan

Font aksara Jawa yang bisa digunakan untuk menulis huruf Jawa di Microsoft Word yang ada pada artikel kali ini adalah Tuladha Jejeg, Hanacaraka, Javanese Text, Noto Sans Javanese, Nawatura, Istaka, Jamawi, Kramawirya, Nyk Ngayogyan, dan font mirip aksara Jawa asli bernama Aksara Jawa Palsu, Jawadwipa, dan Kemasyuran. Anda dapat download semua font tersebut secara gratis untuk perangkat komputer dan ada beberapa untuk Android.

Itulah beberapa font aksara Jawa yang telah saya kumpulkan selama ini. Tidak perlu repot mencarinya lagi bukan? Tulis alamat email Anda pada kotak Berlangganan di bawah agar Anda selalu mendapatkan artikel menarik lainnya di blog ini nanti. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Responses to "Kumpulan Font Aksara Jawa untuk Menulis Hanacaraka di Microsoft Word"

  1. saya sdh mengunduh beberapa jenis font aksara jawa spt: kramawirya, ngayogyan dsb tetapi ketika saya coba menulis kok aksara pasangannya tidak ada.mohon keterangan lebih lanjut bagaimana caranya utk menampilkan aksara pasangannya.atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih & salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika menulisnya manual, aksara pasangan bisa ditampilkan dengan menekan tombol Shift pada keyboard terlebih dahulu, Anda bisa menggunakan On Screen Keyboard untuk mempermudah. Terima kasih.

      Delete
  2. Sebagai pelajar yang sedang clbk dengan budaya ibu Pertiwi, sangat berterima kasih karena telah menyediakan source yang sangat-sangat berharga seperti ini. Matur nuwun min.

    ReplyDelete
  3. min yg istaka kok gabisa dipake di PC ya?

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel