Cara Menulis Aksara Jawa dengan Benar di Komputer dan Android - Salam Tekno

Cara Menulis Aksara Jawa dengan Benar di Komputer dan Android

Sudahkah Anda mengetahui bagaimana cara menulis aksara Jawa dengan benar di komputer maupun Android? Jika belum, sangat tepat sekali Anda mengunjungi artikel dari blog Salam Tekno kali ini, karena saya akan membahas tutorialnya secara detail untuk Anda praktikkan.

cara menulis aksara jawa

Sekedar informasi, aksara Jawa atau lebih dikenal dengan Hanacaraka dan Carakan adalah satu dari sekian banyak aksara tradisional Nusantara yang digunakan untuk menulis bahasa Jawa, bahasa Sunda, dan bahasa Sasak. Tulisan atau aksara Jawa ini ternyata berkerabat dekat dengan aksara Bali.

Cara menulis aksara jawa sendiri sangat penting untuk diketahui khususnya bagi pengajar atau guru bahasa Jawa di Sekolah Dasar maupun tingkat yang lebih atas, mengingat pelajaran bahasa Jawa ini telah menjadi salah satu pelajaran yang masuk ke dalam kurikulum Sekolah Dasar terutama di daerah Cirebon tempat saya menimba ilmu dan sekitarnya.
Baca juga: Cara download buku sekolah elektronik
Dalam mata pelajaran bahasa Jawa tersebut, tentu di dalamnya mempelajari beberapa hal mengenai aksara Jawa maupun Hanacaraka bukan? Untuk itulah mengapa cara menulis aksara Jawa di komputer ini saya katakan penting untuk dikuasai oleh setiap guru bahasa Jawa dalam menuliskan soal ujian bagi muridnya nanti.

Tak hanya guru, saya rasa setiap murid juga perlu untuk memahami bagaimana menulis aksara jawa di komputer ini agar cara cepat belajar menulis aksara Jawa bisa lebih mudah dikuasai melalui proses mempelajari, mengamati, dan menirukan tulisan atau aksara yang ditampilkan pada layar komputer. Baca: Cara meredupkan layar komputer

Mengingat begitu pentingnya cara menulis aksara jawa tersebut, silakan simak dan praktikkan lah tutorialnya berikut ini dengan baik.

Cara Menulis Aksara Jawa dengan Benar

Cara menulis aksara Jawa sangatlah sulit bagi yang baru pertama kali mencoba, saya sendiri merasakan betul hal itu. Menulis secara manual saja butuh waktu yang agak lama untuk menguasainya, apalagi menggunakan media komputer maupun hp Android.

Walaupun sulit, namun jangan langsung mengambil kesimpulan bahwa Anda tidak akan bisa menulis aksara Jawa. Karena melalui artikel Salam Tekno kali ini, saya akan memaparkan secara gamblang mengenai cara menulis aksara Jawa yang paling mudah yang pasti saya yakin dapat diikuti oleh semua orang termasuk Anda tanpa terkecuali.
Baca juga: Aplikasi perpustakaan digital

#1 Download dan Install Font Aksara Jawa

Bentuk tulisan aksara Jawa adalah unicode, artinya tidak semua font mendukung karakter aksara Jawa tersebut. Untuk itulah, mengapa langkah pertama dalam cara menulis aksara Jawa adalah mendownload dan mamasang font yang mendukung penulisan aksara Jawa terlebih dahulu.

Salah satu ciri jika font yang Anda gunakan tidak mendukung pengetikan aksara Jawa yang paling terlihat adalah tulisan akan menjadi simbol kotak-kotak. Dan tentunya hal tersebut tidak akan dapat dibaca oleh siapa pun, walaupun itu adalah orang yang sudah paham betul dengan aksara Jawa.

Salah satu font aksara Jawa yang dapat Anda gunakan adalah Tuladha Jejeg yang tersedia di situs milik R.S. Wihananto. Font yang menggunakan lebar goresan dengan karakter tebal tipis dan serif di beberapa glif ini dipastikan sangat mendukung semua karakter unicode aksara Jawa, entah itu aksara jawa angka, sandangan aksara jawa, aksara Jawa vokal (a, i, u, e, o), hingga tanda bacanya.

Untuk mendownload font aksara Jawa bernama Tuladha Jejeg tersebut, Anda bisa mengunjungi situs bapak Wihananto maupun melalui tautan download di bawah ini.

Download | Tuladha Jejeg Font (Gratis)

Setelah font berhasil didownload, instal font tersebut dengan mengekstrak file terlebih dahulu, klik dua kali pada nama font yang memiliki format .ttf, setelah itu klik menu Install. Proses pemasangan font aksara jawa akan berlangsung beberapa detik sebelum siap digunakan.

font aksara jawa

#2 Akses Tool Online untuk Mengetik Aksara Jawa

Mengapa di awal saya katakan cara ini adalah yang paling mudah untuk menulis aksara Jawa adalah karena kita hanya cukup mengunjungi tool ataupun website di internet yang bisa langsung mengubah tulisan latin yang kita ketik menjadi tulisan Hanacaraka. Di samping itu, melalui tool online ini juga disediakan penulisan aksara Jawa lengkap.

Cara ini tentunya lebih mudah dan singkat untuk dipraktikkan jika dibandingkan menggunakan On Screen Keyboard seperti halnya cara menulis Arab di Word pada artikel yang lalu, karena Anda hanya perlu melakukan proses copy paste saja dan semuanya langsung beres.

Adapun salah satu tool online yang sangat saya rekomendasikan untuk Anda manfaatkan saat ini adalah website Nulisa Aksara Jawa milik bang Bennylin. Situs yang dibuat pada 6 April 2013 ini, memang dibuat untuk mempermudah penulisan aksara Jawa dan sekaligus berfungsi untuk translate aksara jawa Hanacaraka atau translate jawa ke aksara jawa maupun sebaliknya. Selain Nulisa Aksara Jawa, Bennylin juga membuat tool translate Nulisa Aksara Bali untuk memudahkan cara menulis aksara Bali di Word.

Kunjungi website Nulisa Aksara Jawa tersebut kemudian tulis atau ketik kata apa yang akan Anda ubah ke dalam aksara Jawa. Anda juga bisa mencoba beberapa mode yang ada di sana, seperti mode ketik, mode kopas, mode murda, mode tanpa spasi, dan mode tanpa spasi. Ketika Anda mengetik, maka pratayang dari aksara jawa yang Anda ketik juga akan ditampilkan. Dalam tutorial kali ini saya akan memberikan contoh tulisan atau kalimat aksara Jawa pasangan dengan kata "Saya makan nasi".

mengetik kata latin

Jika telah selesai mengetik kata latin yang ingin Anda translate ke aksara Jawa, tekan tombol Enter pada keyboard. Dengan begitu, tulisan aksara Jawa translate dari kata yang Anda masukkan tadi akan muncul pada kotak yang kedua.

hasil tulisan aksara jawa

Blok tulisan aksara Jawa tersebut kemudian klik kanan dan pilih menu Copy. Atau bisa juga melalui cara singkatnya Ctrl+C pada keyboard.

menyalin teks

Anda juga bisa mengecek kembali aksara Jawa tersebut apakah telah sesuai dengan kata yang Anda ketik dengan menerjemahkannya melalui tombol jawa > latin.

translate aksara jawa hanacaraka

#3 Buka Software Microsoft Word

Cara menulis aksara Jawa selanjutnya adalah tentu dengan membuka software atau aplikasi pengolah dokumen seperti Microsoft Word untuk menempelkan (paste) aksara Jawa yang telah Anda copykan tadi. Baca juga: Cara download Microsoft Office

Sebelum mempastekan, pilih terlebih dahulu jenis font yang mendukung karakter unicode aksara Jawa (dalam hal ini Tuladha Jejeg) beserta ukurannya. Setelah itu, klik segitiga kecil pada ikon Paste dan pilih lah Keep Text Only.

paste teks di ms word

Dengan demikian, aksara Jawa yang telah Anda copy tadi akan terpaste pada Microsoft Word. Selanjutnya silakan Anda lengkapi tulisan tersebut dengan misalnya contoh soal aksara Jawa maupun yang lainnya.

contoh soal aksara jawa

Kesimpulan

Cara menulis aksara Jawa dengan benar di komputer maupun Android dapat Anda lakukan dengan tiga tahap yang paling mudah. Tiga tahap tersebut yakni mendownload font aksara Jawa dan memasangnya, mengunjungi Nulisa Aksara Jawa yang merupakan situs translate aksara jawa Hanacaraka, dan terakhir membuka Microsoft Word untuk mempastekan aksara Jawa yang telah dicopy pada situs Nulisa dan melengkapinya dengan tulisan lain.

Bagaimana menurut Anda, sangat mudah bukan cara menulis aksara Jawa yang saya bahas pada artikel ini? Mungkin pada artikel selanjutnya, akan saya bahas juga cara mengetik aksara Jawa menggunakan On Screen Keyboard. Untuk itu, terus ikuti blog ini untuk mendapatkan update artikel menarik lainnya. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menulis Aksara Jawa dengan Benar di Komputer dan Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel