Cara Menyembunyikan Aplikasi di Xiaomi untuk Semua Tipe Agar Tidak Terlihat Tanpa Bantuan Aplikasi Lain - Salam Tekno

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Xiaomi untuk Semua Tipe Agar Tidak Terlihat Tanpa Bantuan Aplikasi Lain

Anda pengguna ponsel cerdas (smartphone) Xiaomi? Sudah mengetahui bagaimana cara menyembunyikan aplikasi di Xiaomi yang telah terpasang di dalamnya? Jika belum, sangat tepat sekali Anda mengunjungi artikel Salam Tekno kali ini karena saya akan mengulas tutorialnya secara lengkap untuk Anda ikuti.

cara menyembunyikan aplikasi di xiaomi

Cara menyembunyikan aplikasi di hp xiaomi bagi saya sangatlah penting guna mengamankan privasi yang Anda miliki dalam aplikasi tersebut dari 'kekepoan' orang lain, entah itu teman maupun keluarga Anda ketika mereka meminjam ponsel yang Anda miliki. Seperti contohnya WhatsApp, tentunya Anda tidak ingin bukan riwayat chat Anda diketahui oleh orang lain?

Perlu diketahui, fitur dan menu untuk menyembunyikan aplikasi telah dimiliki oleh beberapa merk ponsel Android saat ini, dan salah satunya adalah ponsel Android Xiaomi. Dengan demikian, cara menyembunyikan aplikasi di xiaomi tidak harus menggunakan aplikasi yang lain lagi dalam prosesnya.

Lalu, bagaimanakah cara menyembunyikan aplikasi di Android Xiaomi tanpa aplikasi agar tidak bisa dilihat bahkan dibuka oleh orang lain? Silakan simak dan praktikkan tutorialnya berikut ini.
Tahukah Anda bahwa sekarang untuk membangunkan dan mematikan layar HP Xiomi tidak harus menggunakan tombol power lagi? Silakan kunjungi artikelnya jika Anda penasaran dan ingin mencobanya juga.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi

Fitur untuk menyembunyikan aplikasi di Xiaomi sementara baru saya temukan pada versi MIUI 8 dan MIUI 10, sehingga semua tipe merk ponsel Xiaomi dengan dua versi MIUI tersebut tidak harus memasang aplikasi untuk menyembunyikan aplikasi Android lagi.

Untuk itu, silakan Anda cek terlebih dahulu versi MIUI berapa yang digunakan pada ponsel Android Xiaomi yang Anda miliki sebelum mengikuti tutorial yang ada di bawah. Lalu, bagaimana jika ternyata bukan MIUI 8 atau MIUI 10 setelah dicek? Anda bisa menggunakan aplikasi penyembunyi aplikasi Android seperti yang telah saya bahas pada artikel sebelumnya, atau menyesuaikannya dengan mengganti ROM yang digunakan ke MIUI 8 atau MIUI 10.

Menyembunyikan Aplikasi di Xiaomi MIUI 8

Semua tipe ponsel Xiaomi dengan MIUI 8 sebagai operasi sistemnya dapat menyembunyikan aplikasi apapun yang telah terpasang di dalamnya, entah itu Xiaomi Redmi 4a, Redmi 4x, Redmi Note 4x, Redmi 5a, Redmi Note 5a, Redmi 5 Plus, dan lain sebagainya. Berikut tutorialnya.

Pergi ke Pengaturan atau Setelan Android Xiaomi Anda kemudian pada kotak pencarian di sebelah atas tuliskanlah "App Invisible" (tanpa tanda petik). Akan muncul sebuah menu pengaturan yang bernama sesuai dengan apa yang Anda tuliskan, ketuk menu tersebut untuk membukanya.

mencari app invisible

Setelah terbuka, pilihlah satu atau beberapa aplikasi yang ingin Anda sembunyikan dengan memberi tanda centang pada lingkaran yang ada di sampingnya.

memilih aplikasi

Setelah memilih aplikasi yang akan disembunyikan, ketuk tombol OK yang berada di bagian kanan atas. Setelah itu, silakan Anda masuk atau kembali ke tampilan utama atau homescreen ponsel Anda. Jika Anda tidak menemukan aplikasi yang telah Anda pilih untuk disembunyikan, maka cara menyembunyikan aplikasi di Xiaomi telah berhasil Anda lakukan.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Xiaomi MIUI 10

MIUI 10 adalah versi operasi sistem untuk smartphone Xiaomi yang paling terbaru ketika artikel ini dipublikasikan. Dan tentunya, banyak sekali menu dan fitur yang tidak dapat Anda temukan pada versi MIUI di bawahnya, salah satunya adalah fitur untuk menyembunyikan aplikasi yang telah terpasang di dalam ponsel.

Tidak semua ponsel Xiaomi mendapat kesempatan untuk mencoba MIUI 10 ini, bagaimana dengan ponsel yang Anda miliki? Anda bisa mengecek apakah ponsel Anda mendukung MIUI 10 ini pada halaman ini, sedangkan bila Anda ingin mengupgrade versi MIUI ponsel Anda ke MIUI 10, Anda bisa download ROM MIUI 10 tersebut melalui halaman ini.

Adapun untuk menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi, MIUI 10 memiliki sebuah built in bernama Hidden App di dalamnya yang dapat Anda manfaatkan. Lalu bagaimana cara menemukan dan menggunakannya? Simak tutorialnya di bawah ini.

Cara Menemukan Hidden App dan Menggunakannya

Pergi ke Setelan Android Xiaomi Anda, gulir ke bawah dan buka menu Kunci aplikasi yang berada di deretan menu APL.

pilih menu kunci aplikasi

Jika Anda baru membuka menu ini, buatlah sebuah pola keamanan yang mudah untuk Anda ingat. Gambarlah pola Anda kurang lebih tiga kali kemudian tap Berikutnya.

membuat pola keamanan

Anda bisa menambahkan akun Mi Anda agar dapat mengatur ulang pola yang telah Anda buat tadi jika suatu saat lupa atau mengabaikannya dengan langsung mentap Nanti.

tambah akun Mi

Anda akan diarahkan pada pengaturan Kunci apl. Untuk menemukan menu Hidden App, ketuk ikon pengaturan di sebelah kanan atas.

klik ikon pengaturan

Gulir ke bawah dan Anda akan menemukan menu Apl tersembunyi di sana. Aktifkan menu tersebut dengan mengetuk tombol slider yang ada di sampingnya sampai berwarna biru.

mengaktifkan apl tersembunyi

Setelah slider tersebut Anda ketuk, akan muncul tutorial penggunaannya terlebih dahulu. Anda dapat melewatinya dengan mengetuk tombol Mulai.

tutorial penggunaan

Langkah selanjutnya, pilihlah satu atau beberapa aplikasi yang akan Anda sembunyikan dengan mengetuk tombol slider di sampingnya. Sebuah peringatan akan muncul terlebih dahulu sebelum aplikasi disembunyikan, Anda hanya perlu menyetujui peringatan tersebut dengan mentap Oke.

tentang apl tersembunyi

Terakhir, silakan Anda periksa aplikasi yang telah Anda sembunyikan pada homescreen ponsel Xiaomi Anda. Jika Anda tidak menemukannya, artinya cara menyembunyikan aplikasi di Xiaomi MIUI 10 telah berhasil Anda lakukan.

Cara Membuka Aplikasi yang Disembunyikan

Untuk membuka aplikasi yang telah Anda sembunyikan, lakukanlah pinch out (seperti ketika Anda men-zoom foto) pada homescreen Xiaomi Anda, gambar pola yang telah Anda atur sebelumnya, kemudian pilih aplikasi apa yang ingin Anda buka pada menu Apl tersembunyi.

membuka aplikasi tersembunyi

Catatan: Saya tidak bisa memberikan gambar panduan yang lebih lengkap karena Xiaomi tidak membolehkan saya melakukan screenshot pada proses di atas.

Memunculkan Aplikasi yang Disembunyikan

Pergi dan akses kembali pengaturan Android Xiaomi Anda sampai pada menu Hidden App (Apl tersembunyi), kemudian ketuk dan buka menu Kelola apl tersembunyi.

kelola apl tersembunyi

Pilih aplikasi apa yang akan Anda tampilkan kembali dengan menonaktifkan tombol slider yang berada di sampingnya. Selesai, aplikasi yang telah disembunyikan akan muncul kembali pada homescreen ponsel.

memunculkan kembali aplikasi

Pelajari lebih jelas tutorial menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi tersebut melalui video di bawah ini.


Kesimpulan

Cara menyembunyikan aplikasi di hp xiaomi semua tipe seperti redmi 4a, redmi 4x, redmi 5a, dan sebagainya tidak harus memasang aplikasi yang lain lagi karena telah ada fitur bawaannya untuk dimanfaatkan. Fitur tersebut bernama App Invisible di MIUI 8 dan Hidden App atau Apl Tersembunyi di MIUI 10. Adapun untuk MIUI 9 atau yang lainnya, hanya dapat menyembunyikan aplikasi dengan memasang aplikasi pihak ketiga di Play Store.

Demikianlah tutorial kali ini mengenai bagaimana cara menyembunyikan aplikasi di Xiaomi tanpa aplikasi tambahan, mudah bukan? Semoga dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung, sampai jumpa pada artikel menarik lainnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Cara Menyembunyikan Aplikasi di Xiaomi untuk Semua Tipe Agar Tidak Terlihat Tanpa Bantuan Aplikasi Lain"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel