Cara Memindahkan File ke Flashdisk dari Laptop atau Komputer dan HP Android - Salam Tekno

Cara Memindahkan File ke Flashdisk dari Laptop atau Komputer dan HP Android

Apakah Anda seorang pengguna komputer baru dan ingin mengetahui bagaimana cara memindahkan file ke flashdisk dari laptop maupun HP Android? Jika betul, tepat sekali Anda mengunjungi artikel Salam Tekno kali ini karena saya akan memberikan panduannya secara lengkap dan detail agar mudah untuk Anda ikuti.

cara memindahkan file ke flashdisk

Sebagaimana yang kita tahu, flashdisk adalah sebuah alat penyimpanan (storage) yang dapat berfungsi untuk mentransfer dan memindahkan file atau data dari suatu perangkat komputer ke perangkat komputer lainnya secara cepat, mudah, dan praktis. Meskipun ukurannya kecil, flashdisk ternyata memiliki kapasitas penyimpanan yang besar hingga mencapai 512 Gigabytes.

Flashdisk juga dapat dijadikan untuk menginstal operasi sistem Windows dengan cara menggunakan Rufus yang telah saya bahas di artikel sebelumnya, dan hal itu bisa Anda lakukan dengan sangat mudah. Silakan Anda kunjungi artikel tersebut jika tertarik untuk mencobanya.

Cara Memindahkan File ke Flashdisk

Sebagaimana judul artikel ini, cara memindahkan file ke flashdisk akan saya bagi ke dalam dua sub pembahasan berdasarkan perangkat yang digunakan, yakni cara memindahkan file di laptop ke flashdisk dan cara memindahkan file dari flashdisk ke HP Android maupun sebaliknya.

Cara Memindahkan File di Laptop ke Flashdisk

Ada berbagai macam cara memindahkan file ke flashdisk yang ada di laptop atau komputer Anda. Namun sebelum itu, silakan colokkan flashdisk Anda ke lubang port USB yang ada di laptop terlebih dahulu.

colokkan flashdisk pada laptop

Pastikan juga flashdisk Anda terdeteksi dengan baik pada laptop agar siap digunakan. Akan sangat susah bahkan mustahil untuk memindahkan file jika flashdisk tidak dapat terdeteksi pada laptop.

pastikan flashdisk terdeteksi

1. Copy Paste dan Cut Paste

Cara memindahkan file ke flashdisk di laptop yang pertama adalah dengan melakukan Copy (penyalinan) atau Cut (pemindahan) terhadap file yang ada di laptop kemudian Paste (menempelkan)-kannya di flashdisk. Apa bedanya?

Cut adalah perintah transfer data yang dapat menghapus atau menghilangkan data yang dipilih dari penyimpanan komputer, sedangkan Copy hanya membuat duplikat atau penyalinan data tanpa menghilangkan data tersebut dari penyimpanan aslinya.

Cari dan pilihlah file pada komputer yang ingin Anda transfer ke flashdisk, entah itu video, dokumen, audio, gambar, cara pindah aplikasi ke flashdisk, dan lain sebagainya. Sebagai contoh, saya akan memilih dan membahas cara memindahkan file Microsoft Word dari laptop ke flashdisk dan cara memindahkan video dari laptop ke flashdisk.

Seleksi semua file yang akan Anda transfer kemudian klik kanan dan pilih Copy untuk menyalin atau pilih Cut untuk memindahkan file. Bisa juga dengan menekan tombol CTRL+C pada keyboard untuk perintah Copy atau CTRL+X untuk perintah Cut.

copy atau cut

Klik dan buka penyimpanan flashdisk, klik kanan dan pilih Paste, atau tekan CTRL+V pada keyboard. Anda juga bisa memindahkannya pada folder yang ada di dalam flashdisk dengan membuka foldernya terlebih dahulu kemudian mem-paste-kannya di sana.

paste pada flashdisk

Proses transfer file dari komputer ke flashdisk akan berjalan, lama tidaknya tergantung besarnya ukuran yang dimiliki file tersebut dan juga kecepatan flashdisk yang Anda miliki. Baca: Cara cek kecepatan flashdisk

proses transfer file

2. Memindahkan File ke Flashdisk dengan Drag and Drop

Drag and Drop (seret dan lepas) adalah proses penyalinan dan pemindahan data dari suatu penyimpanan ke penyimpanan lain dan dari suatu folder ke folder lain yang dilakukan dengan cara menarik dan menggeser data dari lokasi sumber kemudian melepaskannya di lokasi tujuan.

Seperti biasa, seleksi terlebih dahulu file yang akan Anda transfer ke flashdisk, klik dan tahan file tersebut sambil menggeser dan menggerakkan mouse atau pointer Anda ke arah flashdisk maupun folder di dalamnya kemudian lepaskan. Setelah itu, silakan tunggu proses penyalinan file berlangsung hingga selesai.

drag and drop

3. Menyalin File ke Flashdisk dengan Fitur Send to

Cara memindahkan file ke flashdisk dari laptop atau komputer ketiga sekaligus terakhir adalah dengan fitur Send to (kirimkan ke) yang ada pada Windows. Fitur ini hanya dapat menyalin (copy) data ke flashdisk saja, dan tidak bisa memindahkannya (cut) ke dalam folder yang ada di dalam flashdisk.

Caranya juga sangat mudah. Pilih dan seleksi file yang akan Anda kirimkan ke flashdisk, klik kanan kemudian pilih dan klik penyimpanan flashdisk pada menu Send to. Proses penyalinan file akan berlangsung dan tunggu hingga selesai.

send to flashdisk

4. Cara Menyimpan Data dari Internet ke Flashdisk

Jika Anda mendownload file di internet dan ingin langsung menyimpan data dari internet ke flashdisk, Anda bisa mengubah lokasi unduhan pada aplikasi browser maupun pada aplikasi pengunduh file seperti Internet Download Manager yang terinstal pada laptop Anda melalui menu pengaturannya.

Selesai Anda memindahkan file dari komputer ke flashdisk, sekarang Anda bisa mencabut flashdisk dari laptop yang tercolok pada lubang port USB dengan meng-eject-nya terlebih dahulu. Caranya, klik kanan pada penyimpanan flashdisk kemudian pilih dan klik Eject.

cara mencabut flashdisk dari laptop

Cara Memindahkan File dari Flashdisk ke HP Android

Dulu, proses transfer data dengan flashdisk hanya dapat dilakukan pada perangkat komputer saja. Namun sejak munculnya alat bernama OTG (On The Go), flashdisk akhirnya bisa digunakan pada perangkat mobile seperti Android dan iOS. Bahkan saat ini sudah banyak bermunculan flashdisk dengan bentuk OTG dan USB dalam satu produk.

Untuk memindahkan file dari flashdisk ke hp Android maupun cara memindahkan file dari HP ke flashdisk tanpa root, Anda harus memiliki kabel OTG terlebih dahulu. Tanpa OTG saya rasa mustahil flashdisk Anda bisa melakukan proses transfer file pada perangkat mobile.

Colokkan flashdisk pada port USB yang ada pada kabel kemudian colokkan kabel OTG melalui lubang charger pada ponsel. Untuk beberapa merk dan tipe ponsel Android tertentu, penyimpanan flashdisk akan langsung terbaca pada aplikasi File Manager. Namun jika tidak, Anda bisa memasang aplikasi EZ Penjelajah File di Google Play Store.

Setelah flashdisk terbaca dan terdeteksi pada ponsel, sekarang Anda bisa memindahkan file dari hp ke flashdisk maupun sebaliknya dengan cepat sebagaimana biasanya.

Kesimpulan

Cara memindahkan file ke flashdisk dari laptop atau komputer ada tiga pilihan, yakni dengan Copy Paste atau Cut Paste, Drag and Drop (seret dan lepas), dan memanfaatkan fitur Send to yang ada pada Windows. Sedangkan cara memindahkan file dari hp Android ke flashdisk tanpa root maupun sebaliknya harus menggunakan alat bernama OTG (On The Go) dan aplikasi EZ Penjelajah File.

Itulah panduan bagaimana cara memindahkan file ke flashdisk untuk Anda seorang pemula, semoga bermanfaat. Ada pertanyaan? Silakan tuliskan melalui kolom komentar yang ada di bawah. Terima kasih dan selamat mencoba.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Memindahkan File ke Flashdisk dari Laptop atau Komputer dan HP Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel