5 Cara Menggunakan USB OTG (On The Go) di Semua Ponsel Android dan Tablet - Salam Tekno

5 Cara Menggunakan USB OTG (On The Go) di Semua Ponsel Android dan Tablet

Selama ini, kita tahu bahwa USB (Universal Serial Bus) dirancang untuk dapat digunakan pada perangkat komputer seperti laptop atau notebook saja. Namun dengan cara menggunakan OTG, kini beberapa perangkat USB juga dapat digunakan pada perangkat mobile seperti Android dan tablet. Menarik bukan?

cara menggunakan otg

USB OTG (On-The-Go) adalah spesifikasi standar yang memungkinkan perangkat mobile seperti Android dan iOS yang tidak memiliki port USB di dalamnya untuk bertindak sebagai Host USB, sehingga dapat membaca dan menjalankan perangkat USB seperti flashdisk atau flashdrive layaknya pada komputer atau laptop.

Perlu diketahui, tidak semua perangkat Android dapat menjalankan fungsi USB OTG. Untuk itu, silakan Anda cek dan periksa terlebih dahulu apakah ponsel yang Anda miliki telah mendukung USB OTG atau belum. Bagaimana cara mengeceknya? Ikuti tutorialnya berikut ini.

Cek Dukungan USB OTG di Android

Salah satu cara mengecek apakah Android Anda telah mendukung USB OTG atau tidak adalah dengan memasang aplikasi USB OTG Checker yang ada pada Google Play Store. Klik tautan di bawah ini untuk mengunduh dan memasangnya.

Download | USB OTG Checker (Gratis)

Setelah berhasil terpasang, buka aplikasi tersebut. Hasil pemeriksaan USB OTG akan langsung ditampilkan pada halaman depan setelah aplikasi terbuka. Anda bisa melihat hasil yang lebih detail dengan mengklik tombol Rincian.

cek kompatibel otg

Beberapa merk dan tipe ponsel Android yang saya ketahui telah mendukung OTG adalah Xiaomi Redmi 4A, Oppo A37, Oppo F3 Plus, Vivo Y53, Vivo 91, Vivo y71, Samsung J5, dan lain-lain.

Bagaimana jika ponsel yang Anda miliki ternyata tidak mendukung OTG? Tidak ada cara membuat Android support USB OTG saat ini. Untuk itu, sangat disayangkan karena Anda tidak bisa mengikuti cara menggunakan OTG pada artikel ini.

Beli dan Miliki Kabel atau Konektor OTG

Sebelum Anda menggunakan USB OTG, tentunya Anda harus dan wajib memiliki kabel ataupun konektor OTG untuk dapat menghubungkan perangkat USB ke Android terlebih dahulu. Anda bisa membelinya di toko aksesoris komputer maupun secara online. Harganya hanya kurang dari seribu rupiah saja di Shoope.

Beberapa merk flashdisk saat ini juga telah banyak didesain dengan bentuk dual fungsi, yakni port micro-USB (OTG) dan USB standar dalam satu produk. Harganya juga tidak jauh berbeda dari flashdisk biasa, sehingga bisa menjadi salah satu pertimbangan Anda ketika ingin membeli flashdisk baru. 

Cara Menggunakan OTG di Android

Kebanyakan orang menggunakan USB OTG hanya untuk transfer data atau file dari flashdisk atau flashdrive saja. Namun ternyata masih banyak cara menggunakan OTG di ponsel Android yang bisa Anda coba. Apa saja itu? Berikut adalah 5 kegunaan USB OTG di ponsel Android yang bisa Anda coba.

1. Transfer Data dari Flashdisk dan Sebaliknya

Flashdisk adalah perangkat USB yang paling mudah untuk dihubungkan pada Android menggunakan kabel OTG. Mengapa tidak, cukup Anda pasang maka Anda akan langsung dapat mentransfer semua jenis file dari dan ke flashdisk secara cepat sebagaimana Anda melakukannya pada komputer.

transfer data dari flashdisk

Agar berjalan dengan baik, pastikan format flashdisk Anda adalah FAT32 terlebih dahulu karena saat ini smartphone Android hanya mendukung penyimpanan eksternal dengan format FAT32 saja. Jika tidak, pasti Android Anda meminta untuk memformat flashdisk Anda setelah terhubung.

Untuk lebih lengkap, panduan mengenai cara memindahkan file ke flashdisk di ponsel Android telah saya bahas pada artikel sebelumnya. Silakan Anda kunjungi.

2. Bermain Game dengan Game Controllers

Bagi sebagian pengguna Android terutama gamers pasti telah mengetahui bahwa smartphone Android kini dapat mengunakan Stick USB untuk bermain game, tentunya dengan memanfaatkan OTG. Baca: Cara setting joystick di PC

bermain game dengan joystick

Namun, tidak semua game Android dapat dikendalikan dengan controller, hanya game yang kompatibel saja yang bisa. Game-game online seperti Mobile Legend (ML), PUBG Mobile, Free Fire, dan lain-lain terbukti dapat Anda mainkan dengan controller.

3. Kontrol Android dengan Keyboard dan Mouse

Cara menggunakan OTG berikutnya adalah dapat mengontrol Android Anda dengan keyboard dan mouse seperti halnya komputer. Hal ini cocok untuk dilakukan ketika ponsel Anda digunakan untuk mengetik dokumen dalam jumlah yang banyak maupun aktivitas lainnya.

keyboard dan mouse otg

Biasanya, Anda membutuhkan aplikasi papan ketik (keyboard) khusus seperti Colemak atau DVORAK untuk dapat mengontrol keyboard USB dengan baik.

4. Mencetak (Print) Dokumen dari Printer

Tak hanya keyboard dan mouse, mesin printer dengan plug and play USB standar juga dapat berfungsi dengan baik di perangkat Android menggunakan OTG. Hal ini memungkinkan Anda untuk mencetak dokumen tanpa harus mentransfernya terlebih dahulu ke komputer.

cetak dokumen dengan printer di android

Sayangnya, walaupun telah mendukung OTG hanya sebagian Android saja yang bisa mencetak dokumen dari printer USB. Berbeda dengan printer nirkabel yang bisa didukung oleh perangkat apa saja dan lebih mudah digunakan. Baca: Cara reset printer Canon IP2770

5. Mengontrol Kamera DSLR

Fotografer akan menyukai hal satu ini. Pasalnya, cara menggunakan USB OTG kelima sekaligus terakhir adalah dapat menyambungkan perangkat Android ke kamera DSLR dan mengubahnya menjadi layar kamera lengkap dengan kemampuan untuk mengambil foto atau video, mengatur fokus, mengontrol shutter speed, dan banyak lagi.

mengontrol DSLR

Untuk melakukannya, Anda membutuhkan aplikasi bernama DSLR Controller yang bisa Anda beli seharga $8 di Google Play Store. Aplikasi ini ideal untuk kamera Canon dan beberapa tipe kamera Nikon dan Sony.

Kesimpulan

Ada 5 cara menggunakan USB OTG (On The Go) di ponsel Android pada artikel ini, yakni transfer data dari flashdisk, bermain game dengan game controllers, kontrol Android dengan keyboard dan mouse, mencetak dokumen dari printer, dan mengontrol kamera DSLR. Sebelum itu, cek terlebih dahulu apakah ponsel Anda mendukung OTG dengan aplikasi USB OTG Checker.

Itulah beberapa cara menggunakan OTG di Android, keren dan menarik bukan? Tinggalkan jejak jika Anda berhasil menerapkan salah satu cara di atas melalui kolom komentar. Selamat mencoba!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Cara Menggunakan USB OTG (On The Go) di Semua Ponsel Android dan Tablet"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel