Cara Mengatasi Tinta Printer Infus Tidak Naik dan Tidak Mengalir ke Cartridge - Salam Tekno

Cara Mengatasi Tinta Printer Infus Tidak Naik dan Tidak Mengalir ke Cartridge

Tinta printer infus tidak naik dan tidak mengalir ke cartridge adalah masalah yang wajar terjadi pada printer, terlebih pada printer infus hasil modifikasi. Jika masalah tersebut kebetulan sedang menimpa pada printer yang Anda miliki, simak dan ikuti tutorial cara memperbaiki tinta printer infus yang macet pada artikel Salam Tekno kali ini.

mengatasi tinta printer infus tidak mengalir

Tinta printer yang tidak mengalir ke cartridge dapat menyebabkan tinta di dalamnya menjadi kosong karena tidak ada tinta yang masuk. Akibatnya, tinta pada hasil cetakan terlihat putus-putus atau bahkan blank dan tidak keluar sama sekali. Jika hal ini terus Anda biarkan, cartridge printer Anda akan cepat rusak.

Salah satu kerusakan pada cartridge adalah tidak dapat terdeteksi oleh printer yang mengakibatkan munculnya kode error E05. Jika printer Anda mengalami masalah tersebut, kunjungi tutorial cara mengatasi error E05 Canon MP287 pada artikel sebelumnya.

Sebenarnya apa yang menyebabkan tinta pada selang infus printer tidak naik? Ada beberapa sebab. Yang sering terjadi adalah adanya udara yang masuk ke dalam infus sehingga menyumbat aliran tinta di dalamnya. Kondisi ini sering disebut dengan istilah "masuk angin" oleh sebagian orang. Kenapa udara bisa masuk? Bisa jadi karena printer tidak digunakan dalam waktu yang lama dan oleh sebab lainnya.

Lalu bagaimanakah cara memperbaiki printer infus yang tintanya putus-putus karena masuk angin? Berikut langkah yang saya lakukan untuk memperbaikinya.

Cara Mengatasi Tinta Printer Infus Tidak Mengalir

Ada banyak cara mengalirkan tinta pada selang infus printer jika Anda mencarinya di internet. Namun, pada artikel ini saya hanya akan memberitahukan Anda satu cara saja yang sering saya gunakan ketika infus printer Canon MP258 yang saya miliki mengalami penyumbatan.

Cara mengatasi tinta printer macet yang saya maksud adalah dengan melakukan Deep Cleaning (pembersihan mendalam) pada printer. Dibanding dengan cara yang lain, menurut saya Deep Cleaning adalah solusi yang paling mudah untuk memperbaiki tinta printer infus yang tidak naik.

Mengalirkan Tinta Printer Infus dengan Deep Cleaning

Deep Cleaning atau Head Cleaning merupakan salah satu perawatan printer yang berfungsi untuk membuang kotoran seperti tinta dan debu yang menyumbat saluran pengeluaran tinta (nozzle) pada kepala (head) cartridge.

Ketika proses Deep Cleaning berjalan, printer akan menyedot tinta dari kepala cartridge dan membuangnya melalui saluran pembuangan. Ketika itu, tinta yang ada pada selang infus juga akan ikut tersedot menuju cartridge dan mendorong udara keluar.

Lalu, bagaimana cara melakukan Deep Cleaning untuk mengalirkan tinta printer infus yang macet? Bisa dengan dua cara, yakni dengan dan tanpa bantuan PC atau laptop. Berikut tutorial selengkapnya.

1. Cara Deep Cleaning Printer dengan Laptop

Nyalakan printer, buka semua penutup tabung infus kecil pada semua warna tinta (hitam, kuning, biru, dan merah), kemudian hubungkan printer dengan laptop dengan kabel USB.

membuka penutup tabung

Pergi ke Control Panel > Hardware and Sound > Devices and Printers pada laptop, klik kanan pada printer yang terdeteksi dan pilih menu Printer Properties.

pilih printer properties

Pada tab Maintenance, klik menu Deep Cleaning dan pilih warna yang tintanya tidak mengalir pada selang infus. Jika hanya warna hitam yang tidak keluar ketika ngeprint, maka pilihlah Black. Atau tidak, pilih saja All Colors agar semua warna bisa mengalir pada infus. Klik Execute.

menu deep cleaning

Start print head deep cleaning? Klik OK. Proses Deep Cleaning akan berjalan, jangan lakukan operasi apapun hingga selesai.

start print head deep cleaning

Jika Anda perhatikan pada selang infus ketika proses Deep Cleaning berlangsung, tinta akan mengalir karena tersedot oleh printer seperti yang saya katakan sebelumnya.

Lakukan Deep Cleaning berulang-ulang hingga tinta telah mengalir sampai pada cartridge. Anda bisa membuka penutup atas printer untuk memeriksanya. Setelah itu, Anda bisa klik Print Check Pattern untuk memeriksa apakah tinta bisa keluar atau tidak ketika mencetak.

print check pattern

2. Deep Cleaning dengan Tombol Perawatan Printer

Jika printer tidak terdeteksi pada laptop pada cara yang pertama, bisa jadi driver printer tersebut belum terpasang pada laptop, sehingga Anda tidak bisa melakukan Deep Cleaning bahkan mencetak (print).

Kabar baiknya, Anda masih bisa melakukan Deep Cleaning tanpa bantuan laptop, yakni dengan tombol perawatan yang ada pada printer. Printer Canon dengan tipe MP258, MP287, IP2770, dan tipe lainnya serta printer Epson memiliki tombol tersebut untuk melakukan Deep Cleaning. Berikut tutorialnya.

Pada posisi printer menyala dan penutup tabung infus terbuka, tekan tombol perawatan yang bergambar tang dan obeng kecil di atasnya sebanyak tiga kali sampai layar indikator menunjukkan huruf Y.

deep cleaning manual

Tekan tombol Start Black untuk hanya mengalirkan tinta berwarna hitam, atau tekan Start Color untuk mengalirkan semua tinta pada infus printer. Proses Deep Cleaning akan berjalan dan tunggu hingga selesai sampai layar indikator menunjukkan angka 1 (satu).

Kesimpulan

Cara mengatasi tinta printer infus tidak naik dan tidak mengalir ke cartridge yang paling mudah adalah dengan melakukan Deep Cleaning yang bisa dilakukan dengan bantuan laptop maupun dengan tombol perawatan yang ada pada printer. Deep Cleaning akan menyedot tinta melalui head cartridge sehingga tinta yang ada pada selang infus bisa mengalir dan mendorong udara keluar.

Itulah sebuah solusi untuk memperbaiki tinta printer infus yang tidak mengalir karena masuk angin. Cukup mudah bukan? Silakan hubungi saya melalui kolom komentar jika Anda mengalami kesulitan. Terima kasih dan selamat mencoba!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengatasi Tinta Printer Infus Tidak Naik dan Tidak Mengalir ke Cartridge"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel