Cara Mengatasi Error E05 pada Printer Canon MP258, MP287, dan MP280 - Salam Tekno

Cara Mengatasi Error E05 pada Printer Canon MP258, MP287, dan MP280

Apakah printer Canon Anda tidak dapat digunakan untuk mencetak karena munculnya kode error E05 pada layar indikatornya? Jangan khawatir, Anda masih bisa memperbaikinya sendiri dengan mengikuti panduan cara mengatasi error E05 pada printer Canon MP258, MP287, dan MP280 pada artikel Salam Tekno kali ini.

mengatasi error e05 canon mp287 mp258

E05 merupakan salah satu kode error pada printer yang menandakan bahwa terdapat suatu masalah atau kerusakan pada cartridge. Cartridge sendiri adalah perangkat terpenting dalam printer karena berfungsi sebagai penampung sekaligus penyemprot tinta pada kertas ketika mencetak. Dan tahukah Anda, kebanyakan error pada printer bersumber dan disebabkan oleh cartridge yang bermasalah.

Salah satu kerusakan printer yang disebabkan oleh cartridge yang bermasalah adalah E05. Kerusakan ini biasa terjadi pada semua tipe printer merk Canon, entah itu MP258, MP287, MP280, MG2170, dan sebagainya. Cara mengatasinya adalah dengan memperbaiki masalah pada cartridge tersebut, bukan dengan meresetnya. Percayalah, cara reset error E05 Canon MP258 tidak akan berhasil untuk menghilangkan kode error tersebut.

Lalu bagaimanakah cara mengatasi error E05 pada printer Canon? Simak dan ikuti langkah-langkah yang telah saya lakukan berikut ini.
Apakah Anda tahu bahwa game PlayStation 2 bisa juga dimainkan di PC? Kunjungi tutorial cara bermain game PS2 di PC dan segera mainkan gamenya!

Cara Mengatasi Error E05 Canon MP287, MP258, dan MP280

Sebelum pada solusi mengatasi error E05 Canon MP287, pastikan terlebih dahulu bahwa printer Anda benar-benar mengalami error E05 atau bukan. Mengapa demikian? Setiap kode error yang muncul pada printer Canon memiliki penyebabnya masing-masing, sehingga cara mengatasinya juga berbeda-beda. Berikut ini cara membedakan kode error E05 dengan kode yang lainnya.

Cara Mengetahui Printer Anda Mengalami Error E05

Cara membedakan kode error E05 dengan kode error lainnya pada printer Canon sangatlah mudah. Ketika printer dinyalakan, layar indikator printer akan memunculkan kode E05 secara bergantian dan lampu pada Alarm, Color Ink, dan Black Ink di bawahnya akan berkedip secara bersamaan.

Printer yang mengalami error E05 masih dapat terdeteksi pada laptop. Namun, ketika akan digunakan untuk mencetak, akan muncul peringatan "The following ink cartridge cannot be recognized" yang kurang lebih memberitahukan bahwa cartridge tidak dapat dikenali oleh printer.

Dengan munculnya kode error E05, printer Canon Anda tidak akan bisa digunakan untuk ngeprint, memfotocopy, maupun menscan dokumen. Baca: Cara fotocopy di printer Canon dan cara scan dokumen dengan printer.

Penyebab Error E05 pada Printer Canon

Ada beberapa penyebab munculnya error E05 Canon MP258 yang mungkin juga terjadi pada printer Anda. Apa saja itu? Simak di bawah ini.

1. Cartridge Tidak Terdeteksi

Error E05 Canon MP280 bisa terjadi karena salah satu atau kedua cartridge yang dipasang tidak dapat terdeteksi oleh printer. Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal, seperti chip konektor cartridge rusak atau kotor oleh tinta atau debu, cartridge tidak terpasang dengan baik, serta kemungkinan lainnya.

2. Cartridge Tidak Kompatibel dengan Printer

Setiap printer mempunyai ketentuan sendiri terhadap tipe cartridge yang dapat dipasang, termasuk printer Canon. Oleh karena itu, jika Anda memasang tipe cartridge yang tidak sesuai dengan ketentuan yang disyaratkan, printer Anda akan bermasalah dan ditandai dengan munculnya kode error E05.

Mengatasi Kode Error E05 Printer Canon

Cara mengatasi error E05 Canon MP287 berbeda-beda tergantung penyebabnya di atas. Jika penyebabnya karena cartridge tidak kompatibel dengan printer, maka solusinya adalah menggantinya dengan cartridge yang sesuai dengan ketentuan printer.

Lalu bagaimana mengatasi Canon MG2170 error E05 yang disebabkan karena cartridge tidak terdeteksi? Berikut ini cara yang saya lakukan untuk memperbaikinya.

1. Dalam posisi printer menyala, buka penutup atas printer dan lepaskan kedua cartridge dari dudukannya. Matikan printer dengan menekan tombol power. Baca: Cara mematikan printer dengan laptop

melepaskan cartridge

2. Ambil tisu dan bersihkan chip cartridge secara perlahan hingga kotoran seperti debu atau tinta hilang. Bersihkan juga konektor chip pada dudukan tinta hingga bersih.

membersihkan chip cartridge

3. Pasang kembali kedua cartridge pada dudukannya. Agar cartridge bisa terdeteksi oleh printer, dorong perlahan hingga terdengar bunyi "klek". Setelah itu, Anda bisa menutup kembali penutup atas printer maupun tidak.

4. Nyalakan printer dan lihat layar indikator. Jika printer menunjukkan angka 1 (satu), maka printer sudah dapat digunakan. Namun, jika masih muncul kode error E05, silakan Anda bersihkan kembali chip dan konektor cartridge hingga benar-benar bersih. Pengalaman saya bahkan bisa lebih dari 5 kali lepas pasang cartridge hingga printer dapat mendeteksinya.

5. Jika kode error E05 Canon MP287 masih muncul setelah berkali-kali Anda bersihkan, bisa jadi memang cartridge printer Anda mengalami kerusakan pada bagian chipnya. Jalan keluar satu-satunya adalah mengganti cartridge tersebut dengan yang baru.

Kesimpulan

Cara mengatasi Error E05 pada printer Canon MP258, MP287, dan MP280 berbeda langkahnya tergantung penyebab mengapa error E05 itu muncul. Jika penyebabnya adalah cartridge tidak terdeteksi, solusinya adalah membersihkan chip cartridge dari debu atau tinta hingga bersih. Dan jika penyebabnya adalah cartridge rusak atau tidak kompatibel dengan printer, maka solusinya adalah mengganti cartridge dengan yang baru sesuai ketentuan.

Demikianlah artikel kali ini terkait dengan cara mengatasi error E05 pada semua tipe printer Canon, cukup mudah bukan? Semoga Anda berhasil mempraktikkannya sehingga tidak perlu repot untuk pergi ke tempat service. Sekian dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengatasi Error E05 pada Printer Canon MP258, MP287, dan MP280"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel