Cara Menghapus History (Riwayat) Pencarian Google di HP Android - Salam Tekno

Cara Menghapus History (Riwayat) Pencarian Google di HP Android

Tahukah Anda bahwa setiap kali Anda mencari sesuatu di Google, maka riwayat pencarian dan kata kunci yang Anda cari tersebut akan tersimpan secara otomatis pada aplikasi browser dan akun Google yang Anda gunakan. Bagi Anda yang ingin menghapus riwayat tersebut, silakan ikuti cara menghapus history Google pada artikel kali ini.

cara menghapus history google

Keyword pencarian yang telah tersimpan tadi akan dimunculkan kembali di kotak penelusuran Google ketika Anda akan mencari sesuatu yang baru. Hal tersebut tentu memiliki dampak yang positif maupun negatif.

Positifnya, Anda tidak perlu lagi mengetik kata kunci yang sama untuk mencari kembali informasi yang sebelumnya Anda akses. Namun negatifnya, riwayat kata kunci tersebut dapat dilihat oleh siapapun yang meminjam ponsel Anda sehingga privasi Anda tidak terjaga dan dapat diketahui olehnya.

Dari kedua dampak tersebut, mengikuti tutorial cara menghapus riwayat pencarian di Google HP Android tentunya adalah keputusan yang paling tepat mengingat tidak ada satupun orang yang ingin rahasianya diketahui orang lain. Termasuk Anda bukan?

Lalu bagaimanakah cara menghapus history Google di HP Android? Selengkapnya silakan Anda simak dan praktikkan panduannya berikut ini.

Cara Menghapus History Google di HP Android

Ada beberapa cara menghapus keyword pencarian di Google yang akan saya contohkan pada artikel kali ini. Untuk itu, silakan pilih dan ikuti tutorial yang menurut Anda paling mudah dilakukan.

#1 Menghapus Satu Persatu Riwayat Pencarian Google

Cara menghapus hasil penelusuran pribadi di Google yang pertama adalah melakukan penghapusan satu persatu terhadap kata kunci yang telah tersimpan. Anda bebas untuk memilih mana keyword yang harus dihapus dan mana keyword yang ingin Anda pertahankan.

Pertama, buka aplikasi peramban web yang akan Anda hapus riwayat pencarian Google di dalamnya, bisa aplikasi browser (seperti Chrome, Opera, dan UC Browser) atau Google App yang merupakan aplikasi bawaan Android.

Akses halaman Google bagi Anda yang menggunakan aplikasi browser, atau klik kolom pencarian yang berada di layar utama (homescreen) ponsel untuk membuka layanan Google App.

Akan tampil saran kata kunci dari riwayat pencarian Anda sebelumnya. Pilih salah satu kata kunci yang ingin Anda hapus kemudian ketuk dan tahan, atau ketuka tanda silang (x) di samping kata kunci tersebut.

memilih keyword untuk dihapus

Menghapus kata kunci dari histori akan menghapusnya secara permanen dari akun Anda pada semua perangkat. Setujui notifikasi tersebut dengan mengetuk Hapus.

menghapus keyword pencarian google

Selesai, kata kunci yang Anda pilih tadi telah hilang dari riwayat penelusuran Google. Ulangi langkah-langkah di atas untuk menghapus kata kunci yang lainnya.

#2 Menghapus History Google Account

Seperti yang telah saya katakan di awal, riwayat pencarian Google akan tersimpan secara otomatis di akun Google yang telah sinkron dengan ponsel. Untuk itu, jika Anda menghapus history Google Account, maka riwayat pencarian Google yang telah Anda lakukan juga akan ikut terhapus. Baca: Cara menambah akun Google di Android

Buka Setelan atau Pengaturansetelan androidponsel Android, cari dan pilih menu Google pada Sistem & Perangkat, kemudian pilih menu Akun Google di dalamnya.

setelan google

akun google

Di bagian atas, tap Data & personalisasi kemudian pilih menu Aktivitas Saya pada bagian Aktivitas dan linimasa.

aktivitas saya

Di sebelah kanan kotak penelusuran, tap Lainnyalainnyadan pilih Hapus aktivitas menurut.

hapus aktivitas menurut

Tap tanda panah ke bawahtanda panahpada Hapus menurut tanggal dan pilih Semua untuk menghapus semua riwayat penelusuran Google. Anda juga tentunya bisa memilih waktu riwayat sesuka hati.

memilih waktu riwayat

Untuk menghapus semua riwayat akun, biarkan Semua produk terpilih. Namun, jika Anda ingin menghapus riwayat tertentu, silakan Anda ganti dengan mentap tanda panah ke bawah.

memilih produk

Tap Hapus dan lakukan konfirmasi jika muncul pop-up pemberitahuan yang terkait dengan penghapusan riwayat akun.

konfirmasi pop-up

#3 Menghapus Riwayat di Aplikasi Browser

Selain tersimpan di akun Google, riwayat penelusuran Google juga tersimpan di aplikasi browser yang Anda gunakan. Untuk itu, cara menghapus history google berikutnya adalah dengan menghapus riwayat yang tersimpan pada browser tersebut.

Selain dapat menghapus riwayat kata kunci Google, menghapus history browser juga dapat menghapus halaman web yang pernah dikunjungi di Google, menghapus URL dari history, dan lain sebagainya.

Untuk panduannya telah saya sediakan pada artikel yang lain, cara menghapus history browser Android dimana saya menggunakan aplikasi Chrome, Opera, dan UC Browser sebagai contoh.

Perlu diingat, riwayat atau history Google yang telah Anda hapus tidak akan bisa dipulihkan kembali. Untuk itu, pastikan Anda telah benar-benar yakin ingin menghapusnya. Baca: Cara mengembalikan file yang terhapus di laptop

Kesimpulan

Cara menghapus history Google baik keyword pencarian maupun hasil penelusurannya dapat dilakukan dengan tiga cara, yakni menghapusnya satu persatu, menghapusnya pada riwayat yang tersimpan di Google Account, dan menghapusnya pada aplikasi browser yang Anda gunakan seperti Chrome, Opera, UC Browser, dan lain sebagainya.

Demikianlah panduan bagaimana cara menghapus history Google, sangat mudah bukan? Silakan tinggalkan jejak dan tanggapan Anda melalui kolom komentar di bawah. Terima kasih dan selamat mencoba!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menghapus History (Riwayat) Pencarian Google di HP Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel