Cara Menghapus History Penelusuran di Semua Browser Android (Google Chrome, Opera, dan UC Browser) - Salam Tekno

Cara Menghapus History Penelusuran di Semua Browser Android (Google Chrome, Opera, dan UC Browser)

Artikel Salam Tekno kali ini akan membahas mengenai bagaimana cara menghapus history atau riwayat penjelajahan yang ada di semua aplikasi browser Android seperti Google Chrome, Opera, UC Browser, dan lain sebagainya. Bagi Anda yang belum tahu, silakan simak dan ikuti panduannya di bawah ini.

cara menghapus history browser

Setiap kali Anda browsing di ponsel Android, maka setiap data penjelajahan situs yang telah Anda akses akan tersimpan secara otomatis pada aplikasi browser yang Anda gunakan. Inilah yang dinamakan dengan history atau riwayat penjelajahan browser.

Semua data situs yang tersimpan di history browser tentunya adalah privasi pribadi yang harus Anda rahasiakan. Jika tidak ingin ada orang lain mengetahuinya, cara menghapus history browser harus Anda lakukan secara teratur setiap kali Anda selesai menggunakannya untuk browsing.

Lalu bagaimanakah cara menghapus halaman web yang pernah dikunjungi di Google pada aplikasi Chrome, Opera, UC Browser, dan aplikasi browser lainnya di HP Android? Berikut tutorial selengkapnya.
Baterai ponsel Anda cepat panas ketika sedang membuka aplikasi browser? Mengaktifkan tampilan dark mode browser bisa menjadi salah satu solusi ampuh yang bisa Anda coba. Kunjungi artikelnya dan ikuti tutorialnya.

Cara Menghapus History di Browser Android

Di bawah ini akan saya contohkan cara menghapus riwayat pencarian di Google HP Android beserta situs yang pernah Anda akses mulai dari browser Chrome, Opera, dan UC Browser.

1. Cara Menghapus History Web Google Chrome

Google Chrome adalah aplikasi browser bawaan Android yang paling populer saat ini. Hal ini dibuktikan oleh data statistik Chrome pada Play Store yang kini mencapai hingga 5 Miliar lebih unduhan.

Untuk menghapus history yang tersimpan di Chrome juga sangat mudah. Klik menu Chrome berlambang tiga titik vertikal di sebelah kanan atas dan pilih Histori, atau bisa juga ketik chrome://history di kotak pencarian.

menu histori chrome

Chrome akan menampilkan semua situs yang pernah Anda kunjungi, seperti contohnya situs Shopee yang telah saya kunjungi untuk membuat tutorial cara membeli barang di Shopee kemarin. Ketuk Hapus data penjelajahan.

hapus data penjelajahan

Selanjutnya silakan Anda pilih data apa saja yang ingin Anda hapus dari tab Dasar maupun Lanjutan beserta rentang waktu dari Semua hingga 1 jam terakhir. Untuk menghapus keyword pencarian di Google, menghapus URL dari history, menghapus history google account, dan menghapus semua situs yang telah dikunjungi, data Histori penjelajahan wajib Anda pilih. Ketuk Hapus data.

memilih data riwayat

Kosongkan penyimpanan situs? Tindakan ini akan menghapus data untuk semua situs. Ketuk Hapus untuk melanjutkan.

kosongkan penyimpanan situs

Proses penghapusan riwayat data penjelajahan di aplikasi Chrome akan berlangsung, silakan Anda tunggu hingga selesai.

proses menghapus history google chrome

2. Cara Menghapus History di Opera Browser

Aplikasi untuk membuka URL atau browser berikutnya untuk ponsel Android yang akan kita hapus riwayatnya adalah Opera Browser.

Buka aplikasi Opera Browser atau Opera Mini, ketuk logo Opera di sudut kanan bawah kemudian pilih Riwayat.

menu riwayat opera

Semua situs yang telah Anda kunjungi akan ditampilkan oleh Opera. Untuk menghapusnya, ketuk logo hapus bergambar tempat sampah di sebelah kanan atas.

menghapus riwayat opera

Semua riwayat penjelajahan akan dihapus. Ketuk OK, dan dalam sekejap semua situs yang ditampilkan tadi akan hilang dari riwayat Opera.

konfirmasi penghapusan riwayat opera

3. Menghapus Riwayat Browsing pada UC Browser

UC Browser adalah aplikasi browser Android terakhir yang akan saya contohkan cara menghapus keyword pencarian di Google dan riwayat situs yang pernah Anda kunjungi pada artikel ini.

Untuk memulai, ketuk tiga garis horizontal di bagian bawah tengah layar kemudian pilih ikon berlabel Riwayat & Penanda.

riwayat & penanda

Setelah Anda mengetuk ikon tadi, Anda akan melihat daftar Penanda Anda terlebih dahulu. Geser ke kiri, maka semua riwayat penelusuran Anda akan ditampilkan seperti situs Microsoft yang telah saya kunjungi untuk download Windows 10 ISO gratis. Ketuk Bersihkan di sudut kanan bawah.

bersihkan riwayat UC Browser

Ketuk Hapus pada pesan yang muncul untuk mengonfirmasi bahwa Anda benar-benar ingin menghapus semua riwayat browsing pada UC Browser. Selesai.

konfirmasi riwayat UC

Bagi Anda yang tak ingin menghapus history penelusuran browser, Anda masih bisa menjaga privasi Anda dengan menyembunyikan aplikasi browser tersebut supaya tidak terlihat di layar depan. Dua artikel sebelumnya, aplikasi untuk menyembunyikan aplikasi dan cara menyembunyikan aplikasi di Xiaomi telah terbit untuk membantu Anda.
Ingin download file yang berukuran besar namun kapasitas penyimpanan ponsel tidak memadai? Anda bisa mengubah lokasi download browser ke kartu memori sebagai solusinya.

Kesimpulan

Cara menghapus history atau riwayat penelusuran aplikasi browser Android seperti Google Chrome, Opera, dan UC Browser bertujuan untuk menjaga privasi Anda dari pengetahuan orang lain. Cukup dengan beberapa langkah, Anda akan dapat menghapus URL dari history, menghapus riwayat pencarian google, dan menghapus halaman web yang pernah dikunjungi dengan mudah.

Itulah tadi tutorial cara menghapus history penelusuran pada beberapa browser Android, semoga bermanfaat. Ikuti terus blog ini dengan mendaftarkan alamat email Anda pada kotak Berlangganan di bawah. Terima kasih dan selamat mencoba.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menghapus History Penelusuran di Semua Browser Android (Google Chrome, Opera, dan UC Browser)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel