Cara Mencari NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dan Cek NISN Ku Secara Online - Salam Tekno

Cara Mencari NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dan Cek NISN Ku Secara Online

Bagaimana cara mencari NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) sekaligus cek kebenaran NISN ku secara online di internet? Bagi Anda yang sedang membutuhkan panduan tersebut, sangat tepat sekali Anda mengunjungi artikel Salam Tekno kali ini karena saya akan membahas langkah-langkahnya lengkap dengan gambar agar mudah untuk Anda ikuti.

cara mencari nisn

Sebelum ke tutorial cara mencari NISN, sudahkah Anda tahu apa itu NISN serta apa tujuan dan manfaat memilikinya? Jika belum, ijinkan saya untuk membahas kedua hal tersebut terlebih dahulu.

NISN (singkatan dari Nomor Induk Siswa Nasional) merupakan nomor tanda pengenal identitas siswa yang dimiliki oleh setiap peserta didik untuk membedakannya dengan peserta didik lain di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri. Layanan yang dikelola oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) ini memiliki sifat yang unik, standar, dan berlaku sepanjang masa.

Selain sebagai pembeda identitas antar pelajar di seluruh Indonesia, NISN juga memiliki beberapa tujuan dan manfaat yang lain, seperti yang dijelaskan pada website Kemdikbud berikut ini:
  • Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.
  • Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit-unit Kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.
  • Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, PIP, SNMPTN, dan lain-lain.

Itulah bahasan singkat mengenai apa itu NISN beserta tujuan dan manfaat yang dimilikinya. Kembali ke inti pembahasan, berikut ini langkah-langkah cara mencari NISN siswa dengan mudah di internet.
Ingin mendapatkan jumlah like di status Facebook lebih banyak dari biasanya? Saya mempunyai tips dan cara menambah like di Facebook yang bisa Anda coba pada artikel sebelum ini.

Cara Mencari NISN (Nomor Induk Siswa Nasional)

Setiap siswa yang mulai bersekolah pasti akan mendapatkan nomor NISN bahkan di jenjang pendidikan yang paling rendah seperti PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dan TK (Taman Kanak-Kanak).

NISN ini berlaku sepanjang masa dan tidak akan berubah jika peserta didik beranjak ke jenjang yang lebih tinggi, bahkan jika sudah lulus, kuliah, maupun tidak bersekolah lagi.

Untuk itu, cara mencari NISN siswa MI/SD, SMP/MTs, maupun SMA/SMK/MA langkah-langkahnya sama saja dan tidak akan mungkin hasil yang didapatkan berbeda sejak pertama bersekolah.

Cara mudah mencari NISN secara online di internet dapat dengan mengunjungi situs website Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), tepatnya pada halaman https://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data.

Setelah halaman tersebut Anda akses, Anda bisa mengecek kebenaran NISN atau cek NISN ku dengan cara mengetik NISN pada kotak yang disedikan, maupun mencari NISN berdasarkan nama dan tempat tanggal lahir.

Mencari NISN Berdasarkan Nama dan Tempat Tanggal Lahir

Akses halaman situs Kemendikbud melalui URL yang saya berikan di atas, pilih tab Pencarian Berdasarkan Nama.

mencari nisn berdasarkan nama tempat tanggal lahir

Isilah nama siswa, tempat lahir, tanggal lahir, dan nama ibu, kemudian klik tombol Cari. Anda tidak akan mendapatkan NISN Anda jika cara mencari NISN siswa tanpa nama ibu.

hasil pencarian nisn

Tunggu beberapa saat hingga hasil pencarian NISN berdasarkan nama dan tempat tanggal lahir berhasil ditampilkan.

Mengecek Kebenaran NISN Ku

Setelah halaman situs NISN Kemdikbud terbuka, pilih tab Pencarian Berdasarkan NISN, masukkan nomor NISN siswa dan nama ibu kandung Anda, kemudian klik tombol Cari.

cek NISN ku

Jika nomor NISN Anda benar, maka semua informasi siswa hasil pencarian NISN mulai dari nama, jenis kelamin, hingga tempat dan tanggal lahir akan muncul dengan keterangan bahwa data tersebut telah tercatat di arsip.

informasi siswa

Jika NISN tidak ditemukan, bisa jadi Anda keliru mengetikkan nomor NISN atau mungkin pihak sekolah belum mendaftarkan diri Anda untuk mendapatkan nomor NISN.

Untuk cara mencari NISN yang tidak ditemukan tersebut, Anda bisa memperoleh panduannya melalui menu FAQ (Frequently Asked Questions) NISN pada situs Kemdikbud.

Itulah tadi tutorial serta langkah-langkah untuk cara mencari NISN siswa sekaligus mengecek kebenaran NISN ku. Semoga bermanfaat dan semoga Anda bisa menemukan nomor NISN Anda tanpa ada kendala apa pun. Sekian dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mencari NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dan Cek NISN Ku Secara Online"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel