Cara Menghapus Aplikasi di HP Android Sampai Bersih (Oppo, Samsung, Vivo, Xiaomi) - Salam Tekno

Cara Menghapus Aplikasi di HP Android Sampai Bersih (Oppo, Samsung, Vivo, Xiaomi)

Masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara menghapus aplikasi di HP Android sampai bersih, apakah termasuk Anda yang sedang membaca artikel ini? Jika benar demikian, maka artikel Salam Tekno kali ini hadir untuk membantu sekaligus memandu Anda dengan tutorial yang lengkap disertai dengan gambar agar lebih mudah untuk Anda ikuti.

cara menghapus aplikasi di HP

Menghapus atau uninstall merupakan proses mencopot dan melepaskan pemasangan suatu program atau software (aplikasi) yang sudah tidak diperlukan lagi oleh penggunanya di suatu perangkat elektronik, seperti misalnya perangkat Handphone (HP) Android pada pembahasan kali ini.

Langkah-langkah menghapus atau uninstall aplikasi yang telah terpasang di perangkat Android sebenarnya sama saja dan hampir tidak ditemukan perbedaannya pada semua merk dan tipe Android yang ada saat ini.

Oleh karena itu, cara menghapus aplikasi di HP Oppo maupun cara menghapus aplikasi di HP Vivo, Samsung, Lenovo, Xiaomi, LG, Advan dan merk-merk Android yang lain, semuanya dapat mengikuti tutorial yang akan saya bahas berikut ini.

Cara Menghapus Aplikasi di HP Android Sampai Bersih

Tidak semua aplikasi yang terpasang di HP Android dapat dihapus atau di-uninstall. Anda hanya dapat menghapus aplikasi yang bukan menjadi aplikasi bawaan ponsel Android Anda saja.

Aplikasi-aplikasi bawaan ponsel seperti Chrome tidak akan pernah bisa untuk dihapus kecuali jika ponsel Anda telah di root terlebih dahulu. Ponsel yang belum diroot hanya dapat menonaktifkan aplikasi bawaan agar berhenti beroperasi saja.

Cara menghapus aplikasi bawaan Android yang tidak bisa dihapus sebelum di root mungkin akan saya bahas pada artikel selanjutnya. Ingatkan saja jika saya lupa.

Adapun untuk meng-uninstall aplikasi yang bukan menjadi bawaan ponsel, ada beberapa cara yang bisa Anda praktikkan baik dengan maupun tanpa aplikasi. Berikut beberapa cara menghapus aplikasi di Android sampai bersih tersebut.

1. Seret dan Hapus (Uninstall)

Cara yang pertama ini hampir mirip dengan Drag and Drop pada cara memindahkan file ke flashdisk yang telah saya bahas sebelumnya pada artikel yang lalu. Bedanya, Anda hanya bisa menghapus aplikasi Android dengan cara ini secara bergiliran alias satu persatu dan tidak bisa sekaligus secara bersamaan.

Langkah-langkahnya pun cukup singkat. Pilih aplikasi yang ingin Anda hapus, sentuh dan tahan beberapa saat, kemudian seret atau geser aplikasi tersebut pada menu Uninstall yang muncul di sebelah atas.

seret dan hapus

Uninstall aplikasi akan menghapus semua data aplikasi. Cukup Anda pilih dan ketuk Uninstall, Copot, atau Hapus untuk mengkonfirmasi peringatan tersebut maka aplikasi Anda akan hilang dalam sekejap.

uninstall aplikasi android

2. Menghapus Aplikasi melalui Setelan Android

Cara menghapus aplikasi di HP Android berikutnya adalah melalui setelan Android itu sendiri. Berikut langkah-langkahnya.

Buka Setelan atau Pengaturan ponsel Android Anda, gulir ke bawah kemudian buka menu Aplikasi terinstal yang ada pada bagian Setelan Aplikasi.

setelan aplikasi terinstal

Setelan Kelola aplikasi akan terbuka. Untuk menghapus aplikasi Android, pilihlah menu Uninstall.

kelola aplikasi android

Pilihlah satu atau beberapa aplikasi yang ingin Anda hapus dengan memberikan tanda centang di sebelahnya kemudian ketuk tombol Uninstall di sebelah bawah.

memilih aplikasi
Uninstall aplikasi ini? Ketuk Oke untuk mengkonfirmasi, maka dalam sekejap aplikasi yang telah Anda pilih akan terhapus sampai bersih secara permanen.

konfirmasi penghapusan

3. Melalui Google Play Store

Selain dapat mencari, menginstall, dan memperbarui aplikasi Android, Google Play Store juga dapat Anda gunakan untuk menghapus dan mencopot aplikasi yang telah terpasang di ponsel Anda. Bagaimana caranya?

Buka aplikasi Play Store, ketuk tombolpilihandi sebelah kiri atas, dan pilih Aplikasi & game saya.

aplikasi & game saya

Pilih aplikasi Terinstal di sebelah atas kemudian pilih dan ketuk satu aplikasi yang akan Anda hapus. Sebagai contoh, saya akan menghapus aplikasi bernama Cek NISN New yang telah saya gunakan dalam membahas cara mencari NISN siswa pada artikel sebelumnya.

pilih aplikasi terinstal

Sama seperti cara yang pertama, menghapus aplikasi di HP Android melalui Play Store juga Anda hanya dapat melakukannya satu persatu.

Langkah berikutnya, ketuk tombol Uninstal kemudian pilih Oke untuk mengkonfirmasi. Tunggu beberapa saat hingga aplikasi berhasil terhapus. Selesai.

hapus aplikasi lewat play store

Itulah tadi beberapa cara menghapus aplikasi di HP Android sampai bersih yang bisa Anda coba, silakan Anda pilih salah satu cara yang menurut Anda paling mudah dan nyaman untuk dilakukan.

Jika Anda merasa sayang untuk menghapus aplikasi yang telah terpasang di ponsel Anda oleh karena satu dan lain hal, Anda bisa memilih untuk menyembunyikan aplikasi tersebut agar tidak tampil di layar utama ponsel Anda.

Untuk tutorialnya telah saya bahas pada artikel mengenai aplikasi untuk menyembunyikan aplikasi Android yang lalu. Bagi pemilik ponsel Xiaomi, cara menyembunyikan aplikasi di Xiaomi telah saya siapkan khusus untuk Anda pada artikel yang lain.

Demikianlah artikel kali ini mengenai cara menghapus aplikasi di HP Android sampai bersih yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah bersedia berkunjung. Sampai jumpa kembali pada artikel menarik lainnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menghapus Aplikasi di HP Android Sampai Bersih (Oppo, Samsung, Vivo, Xiaomi)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel