Cek NIK Online dengan Situs Pengecek NIK milik Operator Seluler di Indonesia - Salam Tekno

Cek NIK Online dengan Situs Pengecek NIK milik Operator Seluler di Indonesia

Ingatkah Anda ketika saya mengatakan bahwa tidak ada cara untuk cek NIK online via internet pada artikel cara mencari NIK berdasarkan nama sebelumnya? Setelah saya periksa kembali, ternyata perkataan saya tersebut tidak sepenuhnya benar, terlebih setelah saya menerbitkan artikel tentang cara mengecek NIK kartu keluarga kemarin.

cek NIK online

Di artikel tersebut telah saya jelaskan bahwa jika Anda lupa atau bahkan tidak mengetahui sama sekali berapa NIK yang Anda miliki, Anda bisa mengetahui nomor NIK Anda melalui kartu perdana (SIM card) khususnya XL atau Axis yang telah terdaftar menggunakan nomor NIK pada saat proses registrasi.

Mengecek NIK dengan kartu perdana tersebut bisa dilakukan dengan tiga cara, yakni melalui dial kode USSD (Unstructured Supplementary Service Data), mengirim SMS (Short Message Sending) ke 4444, atau mengunjungi situs website resmi milik operator seluler yang Anda gunakan.

Cek NIK online yang akan dibahas pada artikel Salam Tekno kali ini tentunya menggunakan cara yang ketiga, yakni dengan mengunjungi situs website operator seluler tertentu di Indonesia yang memiliki layanan pengecek NIK secara online di dalamnya. Berikut tutorial selengkapnya.

Cara Cek NIK Online pada Situs Operator Seluler

Tidak seperti layanan cek NIK online milik Dukcapil Kemendagri yang telah mereka tutup pada 2016 lalu yang dapat menampilkan informasi dan identitas pemilik NIK, cek NIK secara online di situs operator seluler ini hanya dapat mengecek berapa jumlah kartu perdana yang telah diregistrasi dengan nomor NIK tersebut.

Cara cek NIK KTP valid atau tidak juga dapat dilakukan dengan layanan ini. Hal ini karena kartu perdana hanya dapat diaktifkan dengan nomor NIK dan KK (Kartu Keluarga) yang telah valid saja, sehingga jika Anda mengecek NIK pada kartu perdana yang telah berhasil diaktifkan, maka dapat diketahui bahwa NIK tersebut adalah valid.

Sama seperti ketika meregistrasi kartu perdana, Anda juga harus menyiapkan dan mengetahui terlebih dahulu nomor NIK yang Anda miliki sebelum dapat cek NIK secara online pada situs operator seluler.

Untuk mengetahui NIK yang telah terdaftar pada sim card XL atau Axis, Anda bisa melakukan dial *123*4444# pada ponsel. Untuk sim card yang lain, silakan Anda ingat dan cari NIK yang telah Anda gunakan untuk registrasi sim card tersebut pada KTP, dokumen Kartu Keluarga, paspor, dan sebagainya.

1. Cara Cek NIK Online pada Kartu XL

Bagi Anda pengguna kartu XL, Anda dapat mengecek NIK yang Anda miliki secara online dengan mengakses tautan https://www.xl.co.id/id/bantuan/akun/nik pada aplikasi browser di ponsel Anda.

Setelah halaman tersebut terbuka, masukkan 16 digit NIK yang Anda gunakan untuk registrasi kartu XL, masukkan kode keamanan, kemudian klik Cek Nomor.

cek nik online kartu XL

Hasil cek NIK online akan muncul berupa informasi jumlah nomor yang terdaftar dengan NIK yang Anda miliki.

hasil pengecekan nik XL

2. Cek NIK Online pada Situs Axis

Untuk mengecek nomor Axis yang terdaftar dengan NIK Anda saat registrasi, kunjungi website https://www.axisnet.id/cek-nik, masukkan nomor NIK, isi dan lewati captcha, centang kotak persetujuan, kemudian klik Cek Nomor.

cek nomor AXIS dengan NIK

Semua nomor Axis yang telah terdaftar dengan nomor NIK yang Anda miliki akan muncul. Dalam screenshot di bawah ini kebetulan belum ada nomor Axis yang terdaftar dengan NIK saya.

hasil pengecekan NIK kartu Axis

3. Mengecek NIK pada SIM Indosat

Untuk mengecek NIK secara online pada situs web Indosat, ada tambahan data yang harus Anda isi, yaitu nomor Kartu Keluarga yang Anda gunakan pada saat registrasi.

Untuk cek NIK via internet pada situs Indosat, silakan Anda akses tautan ini https://myim3.indosatooredoo.com/ceknomor/ melalui aplikasi browser favorit Anda dan lengkapi data yang dibutuhkan.

cek NIK secara online dengan Indosat

4. Cek NIK Online di Situs Smartfren

Kartu perdana terakhir yang menyediakan layanan pengecek NIK secara online melalui situsnya adalah Smartfren. Layanan tersebut berada pada laman web yang memiliki URL https://my.smartfren.com/check_nik.php.

Sama seperti ketiga situs operator seluler sebelumnya, cek NIK secara online pada situs Smartfren juga Anda harus mengisi beberapa data seperti nomor NIK, nomor prabayar atau MDN, menjawab kode keamanan, dan diakhiri dengan mengklik tombol Cek Status.

cek NIK smartfren

Nah, itulah beberapa operator seluler di Indonesia yang menyediakan layanan untuk cek NIK online pada situs web resmi miliknya beserta tutorial menggunakannya. Sangat mudah bukan? Silakan tulis tanggapan Anda melalui kolom komentar di bawah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cek NIK Online dengan Situs Pengecek NIK milik Operator Seluler di Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel