Cara Mengecek NIK KTP dan Kartu Keluarga yang telah Terdaftar ketika Registrasi Kartu Perdana - Salam Tekno

Cara Mengecek NIK KTP dan Kartu Keluarga yang telah Terdaftar ketika Registrasi Kartu Perdana

Bagi Anda yang sedang membutuhkan NIK (Nomor Induk Kependudukan) untuk keperluan tertentu namun lupa atau bahkan tidak mengetahui sama sekali berapa NIK yang Anda miliki, saya mungkin bisa membantu Anda dengan sebuah cara mengecek NIK KTP dan kartu keluarga yang akan saya informasikan pada artikel Salam Tekno kali ini.

cara mengecek NIK kartu keluarga

Cara mengecek NIK yang saya maksud tersebut adalah melalui kartu perdana seluler yang telah diregistrasi sebelumnya. Seperti yang kita tahu, nomor NIK merupakan syarat utama selain nomor kartu keluarga yang sangat dibutuhkan ketika proses registrasi kartu perdana.

Pada operator seluler tertentu, ternyata nomor NIK ini tersimpan dengan suatu kode dial yang bisa dicek kembali jika Anda melupakannya.

Bahkan, cara mengecek NIK E-KTP yang terdaftar di kartu perdana ini juga dapat mengetahui sudah ada berapa kartu perdana yang Anda daftarkan dengan NIK yang Anda miliki. Berdasarkan ketentuan pemerintah, sebuah NIK milik seorang warga negara hanya dapat digunakan untuk registrasi maksimal hingga tiga buah kartu perdana saja.

Lalu, bagaimanakah cara mengecek NIK kartu keluarga melalui kartu perdana yang saya maksud? Simak dan ikuti tutorialnya berikut ini.

Cara Mengecek NIK Kartu Keluarga yang Telah Terdaftar di Kartu Perdana

Nomor Induk Keluarga (NIK) terdiri dari 16 digit angka yang berbeda pada setiap pemiliknya. Angka-angka tersebut tidak didapatkan secara acak, namun dibuat dengan melambangkan informasi tertentu di dalamnya. Informasi yang dilambangkan oleh ke 16 digit pada NIK tersebut yakni:

  • 2 digit awal (pertama dan kedua) merupakan kode provinsi.
  • 2 digit setelahnya merupakan kode kota/kabupaten.
  • Digit ke 5 dan 6 melambangkan kode kecamatan.
  • 6 digit setelah kode kecamatan merupakan tanggal lahir dalam format HHBBTT (Hari, Bulan, Tahun). Untuk tanggal lahir seorang wanita ditambah 40.
  • 4 digit terakhir merupakan nomor urut yang dimulai dari 0001.

Sebagai contoh, misalkan seseorang lahir di Kabupaten Cirebon tanggal 16 September 1991 maka NIK-nya jika ia seorang perempuan adalah 3209095609910001, dan jika seseorang itu adalah laki-laki, maka NIK-nya menjadi 3209091609990001.

Informasi tersebut penting untuk Anda ketahui sebelum mengecek NIK yang terdaftar pada registrasi kartu perdana. Kenapa demikian? Alasannya dapat diketahui ketika proses pengecekan NIK berlangsung.

Langkah-langkah Mengecek NIK dengan Kartu Perdana

Kartu perdana yang saya maksud menyimpan informasi NIK pada saat proses registrasinya adalah provider XL dan AXIS. Bagaimana dengan provider yang lain? Mereka hanya dapat mengecek NIK apabila Anda telah mengetahui nomor NIK Anda sebelumnya.
Kuota XL paling murah 30 GB sebulan hanya 10 ribu, mau? Kunjungi cara internet gratis XL dan dapatkan tipsnya.
Untuk cek NIK KTP dengan kartu perdana XL atau Axis, dial kode USSD *123*4444# pada ponsel Anda.

mengecek NIK dengan perdana Axis

Akan muncul Info operator yang berisi nomor pelanggan XL/Axis beserta NIK yang digunakan untuk mendaftarkannya.

info operator

Dalam screenshot di atas, terlihat bahwa ada 6 digit angka pada NIK yang disensor dengan tanda bintang. Jika Anda perhatikan informasi sebelumnya, dapat dengan mudah diketahui bahwa angka yang disensor tersebut merupakan 6 angka dari tanggal, bulan, dan tahun kelahiran Anda. Inilah alasan mengapa informasi pada 16 digit NIK sangat penting untuk Anda ketahui.

Untuk mengetahui sudah berapa nomor NIK Anda digunakan untuk registrasi kartu, pilih 1 untuk Cek Nomor dan ketuk Kirim.

mengecek NIK KTP

Nomor sim card yang telah terregistrasi dengan NIK Anda akan muncul. Terlihat di bawah ini, saya baru mendaftarkan NIK saya dengan dua buah kartu perdana sehingga masih ada satu lagi sim card yang bisa didaftarkan dengan NIK saya tersebut.

mengecek NIK yang terdaftar saat registrasi

Lalu bagaimana cara mengecek NIK kartu keluarga dan KTP yang terdaftar di operator seluler yang lain? Anda harus mengetahui nomor NIK milik Anda terlebih dahulu, kemudian untuk mengecek nomor yang telah terdaftar dengan NIK tersebut, berikut caranya:

  1. Mengecek NIK Indosat: Kirim SMS ke 4444 berisi INFO#NIK atau INFO#MSISDN, atau melalui website-nya pada tautan https://myim3.indosatooredoo.com/ceknomor/.
  2. Mengecek NIK kartu Telkomsel: Dial kode USSD *444# kemudian pilih nomor 2.
  3. Cek NIK registrasi kartu Tri: Kunjungi website https://registrasi.tri.co.id.

Bagaimana jika Anda belum mengetahui berapa nomor NIK yang Anda miliki? Adakah cara untuk cek NIK secara online?

Berdasarkan keterangan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) sebagaimana yang telah saya sampaikan pada cara mencari NIK berdasarkan nama di artikel sebelumnya, mereka tidak pernah membuka layanan cek NIK online lagi sejak mereka menutup layanan website pengecek NIK pada 2016 yang lalu. Dengan demikian, cara mengecek NIK KTP secara online tidak dapat dilakukan.

Alternatifnya, Anda dapat mengetahui Nomor Induk Kependudukan yang Anda miliki melalui KTP, kartu keluarga, SIM, paspor, maupun dokumen kenegaraan lainnya yang mencantumkan informasi NIK Anda di dalamnya.

Itulah bagaimana cara mengecek NIK KTP dan kartu keluarga yang telah terdaftar saat registrasi kartu perdana, baik itu XL atau Axis, Indosat, Telkomsel, Tri, dan lain sebagainya. Apakah artikel ini membantu? Silakan tinggalkan jejak Anda melalui kolom komentar di bawah. Sekian dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengecek NIK KTP dan Kartu Keluarga yang telah Terdaftar ketika Registrasi Kartu Perdana"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel