Tips Memilih Kartu Kredit yang Sesuai - Salam Tekno

Tips Memilih Kartu Kredit yang Sesuai

Di era modern yang serba canggih saat ini banyak orang memilih menggunakan kartu kredit dari pada uang tunai untuk melakukan berbagai transaksi. Alasanya yaitu kepraktisannya ketika digunakan untuk berbelanja dan melakukan transaksi keuangan lainnya.

tips memilih kartu kredit

Saat ini banyak bank yang saling berlomba-lomba menerbitkan kartu redit dan masing-masing memberikan berbagai penawaran menarik. Bahkan banyak bank yang mengklaim berbagai kemudahan dan keamanan untuk menarik minat konsumen agar memilihnya sebagai alat pembayaran yang tepat.

Sedang mencari kartu kredit terbaik? Untuk memenuhi kebutuhan informasi Anda, silahkan simak tips memilih kartu kredit yang sesuai untuk kebutuhan anda.
Baca juga: Kartu kredit untuk milenial

Pengertian Kartu Kredit

Kartu kredit adalah alat pembayaran berupa kartu seperti kartu debit yang fungsinya untuk mengganti uang tunai, dimana kartu tersebut bisa dimanfaatkan penggunanya untuk ditukarkan dengan berbagai layanan jasa maupun barang ditempat-tempat tertentu  yang memberikan fasilitas tersebut.

Biasanya kartu kredit dikeluarkan oleh bank tertentu untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya agar lebih praktis dalam melakukan berbagai transaksi di tempat-tempat yang menerima kartu tanpa harus membayar uang tunai.

Pengertian lain dari credit card menurut Wikipedia yaitu salah satu cara bertransaksi ritel dan sistem kredit. Kartu kredit berbeda dengan kartu debit, dimana kartu ini berfungsi untuk meminjamkan uang sedangkan kartu debit digunakan untuk menarik uang dari rekening. 

Kartu kredit biasanya memiliki ukuran yang sama meskipun diterbitkan dari berbagai jenis bank, karena telah dispesifikasikan dengan standar ISO 7810. Credit Card juga diartikan uang elektronik yang digunakan sebagai alat pembayaran dan diterbitkan oleh perbankan agar dapat digunakan pengguna kartu untuk mendapatkan berbagai layanan kredit, dimana waktu pengembaliannya dapat diangsur setiap bulan aatau dalam batas waktu yang telah ditentukan.

Tips Memilih Jenis Kartu Kredit yang Tepat

Sebelum membuat kartu kredit, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan agar bisa menentukan yang sesuai dengan kebutuhan. Yuk, simak beberapa tips dibawah ini!

1. Melihat kredibilitas bank

Hal utama yang harus Anda perhatikan saat memilih kartu kredit yaitu mengetahui background dari yang menerbitkan kartu tersebut. Jika bank yang menawarkan tersebut memiliki reputasi dan kredibilitas yang baik, maka akan memberikan kenyamanan dan keamanan bagi Anda sebagai pemegang kartu. Selain itu, keuntungan yang didapatkan pun juga lebih besar.

2. Pertimbangkan tingkat keamanannya

Sebelum menjatuhkan pilihannya, sebaiknya Anda mempertimbangkan dari segi keamanannya ketika digunakan untuk bertransaksi. Sebuah bank penerbit kartu kredit yang berkualitas, sudah pasti akan memberikan kenyamanan bagi semua nasabahnya.  

Biasanya bentuk keamanan tersebut berupa pencetakan tanda tangan dan foto diri pada kartu kredit. Hal ini bertujuan untuk memperkecil resiko penyalahgunaan dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.   

3. Pertimbangkan biaya apa saja yang harus dibayar

Sebelum memilih kartu kredit, Anda harus mengetahui mengenai biaya-biaya yang harus dibayarakan seperti biaya administrasi, bunga, Iuran tahunan dan biaya lainnya.
  • Suku bunga tinggi

    Kartu yang memiliki suku bunga tinggi cocok bagi Anda yang menggunakan kartu tersebut untuk berbelanja, sehingga di setiap akhir bulannya langsung bisa melunasi tagihannya. Dengan begitu, maka semua biaya pengeluaran dapat terlacak secara detail.

    Meskipun jenis kartu ini menawarkan suku bunga tinggi, namun memiliki banyak keunggulan, diantaranya adalah bebas dari biaya tahunan, cashback, diskon dan memberikan point reward untuk setiap bertransaksi.
  • Suku bunga rendah

    Namun jika anda lebih memilih kartu kredit dengan suku bunga rendah, biasanya ini cenderung cocok untuk membayar tagihan atau cicilan dengan jumlah yang kecil. Kartu jenis ini biasanya mengenakan biaya tahunan dan tidak memberikan penawaran seperti cashback atau diskon. 

4. Penawaran diskon yang sedang berlaku

Penawaran diskon atau potongan harga juga menjadi salah satu hal yang wajib dipertimbangkan ketika memilih kartu kredit. Bagi Anda yang hobi berbelanja, sebaiknya mencari jenis kartu yang memberikan banyak penawaran diskon. Biasanya penerbit kartu kredit akan melakukan kerja sama dengan berbagai vendor penjualan atau merchant.

5. Memperhatikan customers service

Customer service juga menjadi bagian paling penting untuk dipertimbangkan saat memilih kartu kredit. Karena sebagai nasabah sudah pasti ingin mendapatkan pelayanan maksimal dari pihak penerbit kartu. Salah satunya yaitu dalam hal layananan untuk bertransaksi dan customer service yang menerima pengaduan selama 24 jam. 

Jika Anda termasuk orang sibuk dan selalu menghubungi penerbit kartu kredit untuk berbagai hal melalui telepon. Hal ini sangat penting untuk dipertimbangkan untuk memastikan bahwa bank yang Anda pilih sesuai dengan yang diharapkan. Ini juga untuk jaga-jaga jika sewaktu-waktu Anda mengalami kendala mengenai dengan kartu yang digunakan.

Jadi, dengan banyaknya penawaran kartu kredit yang menjanjikan dan memberikan banyak keuntungan menarik. Sebagai pengguna, maka Anda harus lebih cerdas dan bijak dalam menentukan kartu kredit yang akan digunakan. Dengan membaca beberapa tips yang telah dibahas di atas, semoga Anda bisa lebih bijak dalam menentukan kartu kredit yang tepat.

Jika Anda masih bingung mengenai berbagai layanan kartu kredit, maka Anda dapat memanfaatkan layananan cekaja.com di link berikut ini https://www.cekaja.com/kartu-kredit/

Cekaja.com adalah salah satu aplikasi toko financial online yang ada di Indonesia dengan menghadirkan berbagai informasi dan layanan berkualitas yang dapat membantu Anda dalam mengambil keputusan dalam hal yang berhubungan dengan financial. Anda bisa melakukan konsultasi dan mengajukan kartu kredit yang tepat secara online.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Memilih Kartu Kredit yang Sesuai"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel