Cara Scan Dokumen dengan Menggunakan Printer Canon, Epson, dan HP


Cara scan dokumen saat ini sudah bisa dengan menggunakan printer. Tak seperti dulu yang hanya bisa dilakukan dengan alat scanner khusus.

Printer yang seperti apa? Tentunya tidak semua printer bisa digunakan untuk cara scan dokumen. Hanya printer multi fungsi (All in One) yang bisa melakukannya.

cara scan dokumen dengan printer
Image Credit via Freepik

Printer multi fungsi ini selain bisa Anda gunakan untuk mencetak dokumen (ngeprint), juga memiliki fungsi yang lain. Di antaranya adalah mengirim fax, mem-fotocopy dokumen, dan tentu saja melakukan cara scan dokumen.
Artikel lain yang terkait dengan dokumen:
Cara convert word menjadi pdf
Cara mengembalikan file yang terhapus
Printer jenis ini sudah banyak digunakan oleh kantor perusahaan, instansi pemerintah, kampus dan sekolah, bahkan penggunaan pribadi di rumah.

Untuk itu saya sarankan kepada Anda khususnya bagi mahasiswa yang berencana akan membeli printer agar memilih printer multi fungsi ini.

Kita tahu bahwa aktivitas mahasiswa tidak jauh dari yang namanya ngeprint dan fotocopy serta scan dokumen. untuk itu dengan membeli printer multi fungsi ini setidaknya dapat menekan biaya yang keluar dari kantong mahasiswa.

Banyak sekali pilihan printer multi fungsi yang bisa menjadi rekomendasi untuk Anda beli. Untuk merk Canon, Anda bisa pilih antara type canon MP237, Canon MP258, Canon MP280, dan masih banyak lagi.

Untuk merk Epson sendiri ada Epson L350, Epson L360, Epson Stylus TX300F, dan lain-lain. Sedangkan merk HP, Anda bisa pertimbangkan pada type HP A3, HP 1510, HP Officejet 6500, dan masih banyak lagi.

Oke kembali ke topik cara scan dokumen dengan printer. Ada beberapa tujuan mengapa dokumen atau berkas perlu discan. Saya sendiri biasanya bertujuan untuk menyalin teks dari gambar yang dihasilkan dari proses scan sebelumnya. Next artikel, akan saya bahas tutorialnya.

Baiklah langsung saja simak pembahasan cara scan dokumen menggunakan printer berikut ini.

Cara Scan Dokumen dengan Printer Canon, Epson, dan HP

Cara scan dokumen menggunakan printer dapat Anda lakukan dengan tiga cara. Ketiga cara tersebut akan Salam Tekno kupas tuntas pada artikel kali ini.

Sebelum Anda melakukan scan, sebaiknya Anda pastikan apakah driver printer telah terinstall pada laptop Anda. Hal ini penting mengingat proses scan tidak akan berjalan dengan baik jika driver printer Anda belum terinstall.

Driver printer ini biasanya telah diberikan sepaket dengan printer berupa kepingan CD/DVD. Anda juga bisa mengunduhnya di halaman web resmi milik perusahaan printer yang Anda gunakan.

Di bawah ini saya sediakan link untuk mengunduh driver printer sesuai merknya, silahkan Anda kunjungi dan cari yang sesuai dengan type printer Anda.


#1 Cara Scan Dokumen pada Device and Printers

Cara scan dokumen dengan printer yang pertama adalah memanfaatkan menu Device and Printers pada Windows. Untuk mengikuti cara ini sebaiknya laptop Anda telah benar-benar terinstall driver printernya.

Oke untuk tutorial ini saya mencontohkan cara scan dokumen dengan printer Canon. Untuk printer lainnya bisa mengikuti karena tidak jauh berbeda tutorialnya.

Pertama, sambungkan printer Anda ke laptop dengan kabel USB. Tentunya printer dan laptop harus dalam keadaan menyala.

Masukkan kertas dokumen yang akan Anda scan pada penutup scanner. Letakkan dokumen tersebut dengan menghadap ke bawah (tulisan berada di bawah). Selain dokumen, cara scan ktp di laptop maupun foto juga bisa Anda lakukan. Tutup kembali penutup scanner.

Pergi ke Control Panel dan pilih Hardware and Sound.

jendela control panel

Akan tampil semua hardware yang terpasang pada laptop Anda. Pilih Device and Printers.

Jendela hardware and sound

Pilihlah printer yang ada sesuai dengan nama printer Anda (seperti pada gambar di bawah ini, nama printer saya adalah Canon MP250 series Printer). Klik kanan dan pilih Start Scan.

Device and Printer

Akan muncul jendela New Scan. Aturlah sesuai gambar di bawah ini.

cara scan dokumen pada devices and printer

Keterangan gambar:

  • Pada Profile pilih sesuai tipe dokumen yang Anda scan. Jika Anda scan dokumen berupa photo, pilihlah profile Photo.
  • Pada Color Format terdapat tiga pilihan. Yaitu Color, Grayscale, dan Black and White. Jika dokumen yang Anda scan hampir tidak ada gambarnya, lebih baik pilih Black and White.
  • Pada File Type, pilihlah format gambar hasil scan dokumen nanti. Untuk cara yang pertama ini Anda tidak dapat melakukan cara scan dokumen ke pdf.
  • Anda dapat mengatur kecerahan dokumen dengan menu Brightness dan Contrast.
  • Anda dapat melihat preview dokumen sebelum discan dengan menu Preview.

Jika dirasa settingannya sudah pas, klik Scan. Tunggu proses scannya hingga selesai.

Proses scanning dokumen

Akan muncul jendela Import Pictures and Videos. Terdapat dua pilihan, pilihlah Import all new items now dan beri nama file Anda. Setelah itu, klik Import.

Jendela import pictures and videos

Proses Import file akan berlangsung dan selesai, Anda sudah bisa menggunakan cara scan dokumen menggunakan printer canon.

cara scan dokumen selesai

#2 Cara Scan Dokumen di Printer dengan Paint

Cara scan dokumen yang selanjutnya adalah menggunakan Paint.

Siapa sekarang ini yang tidak mengenal Paint, hampir semua pengguna Windows pasti mengenalnya. Ya, Paint adalah salah satu software bawaan dari Windows. Dengannya Anda bisa membuka dan mengedit foto, melakukan kompres foto, dan lain sebagainya.

Banyak yang mengenal Paint tapi belum banyak yang mengetahui bahwa Paint dapat digunakan untuk scan dokumen menggunakan printer. Bahkan lebih dari itu, Paint versi terbaru telah memperkenalkan pengolahan gambar 3D di dalamnya.

Baiklah langsung saja, buka software Paint Anda.

Software Paint

Klik menu File dan pilih From scanner or camera.

From scanner or camera

Akan terdapat empat pilihan untuk Anda gunakan. Color picture, Grayscale picture, Black and white picture or text, dan Custom Settings. Anda juga bisa melihat preview sebelum dokumen discan dengan menu Preview. Klik Scan untuk memulai scan dokumen Anda.

cara scan dokumen dengan paint

Tunggu proses scanning selesai sampai gambar dokumen Anda tampil pada jendela Paint.

Proses scanning dokumen di paint

Terakhir silahkan Anda save hasil scan tadi dengan CTRL+S dan tentukan lokasi penyimpanannya.

Jendela save as

Selesai, sekarang Anda sudah bisa melakukan cara scan dokumen menggunakan printer dengan Paint.

#3 Cara Scan Dokumen Menggunakan Windows Fax and Scan

Satu lagi software bawaan Windows yang dapat Anda gunakan untuk melakukan scan dokumen di printer canon adalah Windows Fax and Scan.

Sesuai dengan namanya, Windows Fax and Scan memang dirancang untuk digunakan dalam mengirim/menerima fax dan juga digunakan untuk melakukan scan dokumen Anda tentunya.

Berikut tutorial cara scan dokumen di printer canon menggunakan Windows Fax and Scan.

Buka Windows Fax and Scan. Caranya bisa dengan memanfaatkan fitur Windows Search.

windows search

Setelah Windows Fax and Scan terbuka, klik New Scan.

windows fax and scan

Akan tampil jendela New Scan yang sama seperti cara scan dokumen yang pertama. Silahkan Anda sesuaikan kembali pengaturannya. Jika sudah, klik Scan.

scan dokumen menggunakan printer canon

Proses scanning dokumen akan berlangsung, tunggu hingga selesai.

proses scanning dokumen di wfs

Berhasil, file hasil scan akan otomatis tersimpan di dalam folder Scanned Documents. Anda bisa menemukannya pada folder My Douments >> Scanned Documents.

Lokasi dokumen

Kesimpulan

Cara scan dokumen dengan menggunakan printer canon terbagi ke dalam tiga cara. Perbedaan dari ketiga cara scan dokumen tersebut terletak pada software yang digunakan. Adapun software yang dapat Anda gunakan untuk scan dokumen adalah Device and Printers, Paint, dan Windows Fax and Scan.

Baiklah sekian artikel mengenai cara scan dokumen dengan printer kali ini, semoga bermanfaat, dan jangan lupa like fanspage facebook Salam Tekno untuk mendapatkan update terbaru dari kami. Terima kasih.

Related Posts:

0 Response to "Cara Scan Dokumen dengan Menggunakan Printer Canon, Epson, dan HP"

Post a Comment