Cara Mengirim Pesan Lewat Email di Komputer dan HP Android - Salam Tekno

Cara Mengirim Pesan Lewat Email di Komputer dan HP Android

Apakah Anda sedang mencari cara mengirim pesan lewat email? Jika iya, tepat sekali Anda mengunjungi blog ini. Mengapa? Karena artikel Salam Tekno kali ini akan membahas secara lengkap bagaimana contoh cara mengirim pesan lewat email menggunakan HP Android maupun komputer (laptop/PC).

Meskipun saat ini telah banyak bermunculan media sosial yang memudahkan manusia untuk bertukar pesan, nyatanya cara mengirim pesan lewat email ini masih sangat penting dan masih banyak dilakukan oleh sebagian orang sampai saat ini.

cara mengirim pesan lewat email

Seperti misalnya mengirim berkas lamaran kerja ke perusahaan, mengirim tugas kuliah ke dosen, permintaan kerja sama antar organisasi, dan pengiriman pesan formal lainnya masih dilakukan dengan memanfaatkan layanan email ini. Email memang selalu digunakan dalam mengirim pesan yang sifatnya formal (resmi).

Cara mengirim pesan lewat email di hp maupun komputer hanya dapat dilakukan jika Anda telah memiliki sebuah akun email. Dan saat ini sudah banyak layanan pembuat email gratis yang bisa Anda coba, yang populer di antaranya adalah GMail, Yahoo Mail, dan Outlook. Silahkan Anda membuat email terlebih dahulu menggunakan salah satu dari ketiga layanan tersebut. Saya rekomendasikan Anda untuk membuat email di GMail.


Baiklah, saya anggap Anda telah mempunyai sebuah akun email untuk mengirim pesan. Saya akan memberikan contoh cara mengirim pesan lewat gmail pada artikel kali ini, adapun cara mengirim pesan lewat email yahoo mungkin lain kali akan saya bahas.

Bagaimana Cara Mengirim Pesan Lewat Email?

Cara mengirim pesan lewat email akan saya bagi menjadi dua pembahasan, yakni cara mengirim email lewat komputer dan cara mengirim pesan lewat email pada hp. Selengkapnya simak di bawah ini.

Cara Mengirim Email Lewat Komputer

Cara mengirim email lewat komputer yang paling mudah adalah menggunakan peramban web (browser). Untuk itu, buka browser favorit Anda yang telah terpasang pada komputer atau laptop Anda.

Akses situs Gmail dan masuk ke akun yang telah Anda buat sebelumnya, kemudian tunggu proses memuat GMail berlangsung.

masuk ke akun gmail

Setelah email Anda terbuka, klik tombol +Tulis untuk membuat pesan email baru.

menulis pesan baru

Jendela Pesan Baru akan muncul. Pada kotak Kepada, masukkan email tujuan pesan Anda akan disampaikan, pada kotak Subjek isikan judul atau maksud pesan Anda dikirim, dan pada kotak terakhir isikan pesan Anda. Anda juga bisa menambahkan lampiran berupa dokumen, foto, musik, video, maupun cara mengirim scan lewat email. Setelah itu, klik Kirim.

jendela pesan baru

Tunggu beberapa saat sampai Anda melihat notifikasi Pesan terkirim. Jika ternyata Anda berubah pikiran, cara membatalkan pengiriman email bisa segera Anda klik tombol Urungkan pada notifikasi tersebut.

membatalkan pengiriman email

Cara mengirim email lewat komputer selesai, Anda bisa melihat kembali pesan yang telah Anda kirim tadi melalui menu pesan Terkirim.

cara mengirim email lewat komputer selesai


Cara Mengirim Pesan Lewat Email di HP Android

Cara kirim sms (pesan) lewat email di Android lebih nyaman menggunakan aplikasi Gmail. Kebanyakan ponsel Android telah menjadikan aplikasi Gmail ini sebagai aplikasi bawaan, sehingga Anda tidak perlu memasangnya lagi. Akan tetapi, jika ternyata di ponsel Anda tidak terdapat Gmail, klik tautan di bawah ini untuk mengunduh dan memasangnya otomatis pada Google Play Store.

Unduh dan Pasang | Gmail (Gratis)

Buka aplikasi Gmail yang telah terpasang pada HP Android Anda. Untuk membuat pesan baru, tap tombol atau ikon yang bergambar pensil.

membuat pesan email baru

Kotak Dari akan secara otomatis terisi dengan email Anda. Anda hanya perlu mengisikan email tujuan kemana pesan akan dikirim, Subjek pesan, dan isi pesan. Melalui aplikasi Gmail juga Anda dapat meyertakan lampiran pada pesan Anda. Untuk mengirim, tap ikon origami pesawat kertas.

menulis email di android

Proses mengirim pesan lewat email akan berlangsung, tunggu sampai ada notifikasi Terkirim. Sama seperti pada komputer, cara membatalkan pengiriman email di HP juga bisa Anda lakukan melalui menu Urungkan yang ada pada notifikasi tersebut.

cara membatalkan pengiriman email di android

Cara mengirim pesan lewat email di hp menggunakan aplikasi Gmail selesai. Anda dapat melihat kembali pesan Anda melalui menu pesan Terkirim, sedangkan untuk melihat pesan yang Anda batalkan bisa dilihat pada menu pesan Draf.

cara mengirim pesan lewat email di hp selesai

pesan draf

Kesimpulan

Cara mengirim pesan lewat email masih dirasa penting untuk dilakukan sampai saat ini, meskipun telah banyak bermunculan media sosial yang memudahkan Anda untuk bertukar pesan. Cara mengirim email lewat komputer yang paling mudah adalah melalui browser, sedangkan cara mengirim pesan lewat email di hp yang paling nyaman adalah dengan aplikasi Gmail.

Demikian tutorial Salam Tekno kali ini, semoga bermanfaat. Semoga dapat membantu Anda khususnya yang akan mencoba mengirim pesan lewat email. Jika terdapat pertanyaan, tanggapan, saran, dan kritik yang membangun saya tunggu melalui kolom komentar di bawah. Sekian dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengirim Pesan Lewat Email di Komputer dan HP Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel