Aplikasi Perpustakaan Digital Online Gratis untuk Smartphone Android - Salam Tekno

Aplikasi Perpustakaan Digital Online Gratis untuk Smartphone Android

Apakah Anda tengah kebingungan dalam mencari buku referensi untuk menyelesaikan tugas sekolah maupun kuliah? Mau mengunjungi perpustakaan namun jaraknya jauh dari rumah? Tenang saja, kini telah hadir aplikasi perpustakaan digital online untuk smartphone Android yang menawarkan buku untuk Anda pinjam kapan pun dan dimana pun Anda berada.

aplikasi perpustakaan digital

Seiring perkembangan teknologi, perpustakaan yang tadinya hanya berupa gedung di sekolah maupun kampus dengan ribuan buku di dalamnya, kini seakan disulap menjadi aplikasi perpustakaan digital yang dapat dimiliki di rumah masing-masing hanya dengan sebuah smartphone Android. Sungguh menarik bukan?

Hebatnya lagi, aplikasi perpustakaan tersebut memiliki jumlah buku yang lumayan banyak yang tentu setiap harinya terus diupdate dengan menambahkan buku-buku baru pada katalognya. Semua buku yang tersedia di aplikasi perpustakaan tersebut bisa Anda pinjam secara gratis, namun terbatas selama beberapa hari saja.
Baca juga: Aplikasi untuk membuka URL
Sebelum saya lanjutkan mengenai apa saja aplikasi perpustakaan online yang dapat diinstal, Anda juga bisa coba untuk mengunduh buku-buku paket pelajaran sekolah dari SD hingga SMA yang siapa tahu ada materi yang Anda butuhkan di dalam buku tersebut.

Untuk mendapatkan buku pelajaran sekolah, Anda bisa mengunjungi artikel Salam Tekno sebelumnya mengenai cara download buku gratis, di sana Anda akan mendapati tiga buah situs web yang menyediakan banyak sekali Buku Sekolah Elektronik. Situs-situs tersebut saya katakan sebagai aplikasi perpustakaan berbasis web, karena sama-sama memiliki banyak buku yang dapat dinikmati semua kalangan.

Di samping buku, untuk mencari referensi materi juga bisa dan diperbolehkan menggunakan ebook maupun jurnal online bukan? Jika Anda belum mengetahui bagaimana cara mendapatkan sebuah jurnal di internet, kunjungi juga artikel saya sebelumnya, cara download file pdf. Dengan begitu, Anda tak perlu lagi kebingungan dalam menyelesaikan tugas kuliah jika kekurangan sumber referensi.

Kembali lagi ke topik pembahasan, berikut ini beberapa aplikasi perpustakaan gratis yang bisa Anda instal dan akses melalui ponsel Android.

Aplikasi Perpustakaan Digital Online untuk Android

Semua aplikasi perpustakaan yang saya rekomendasikan di bawah ini dapat Anda cari dan pasang melalui Google Play Store, dan saya rasa pasti Anda sudah mengetahui mengenai bagaimana cara memasang aplikasi melalui Google Play Store tersebut.

#1 Aplikasi Perpustakaan Nasional (iPusnas)

Aplikasi perpustakaan digital pertama dalam artikel kali ini adalah iPusnas yang merupakan aplikasi perpustakaan gratis resmi dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Sampai sekarang, aplikasi ini baru diunduh sekitar kurang lebih 100 ribu kali, angka yang begitu kecil dibandingkan dengan jumlah pelajar dan mahasiswa yang ada di seluruh Indonesia.

Unduh dan instal aplikasi iPusnas pada Google Play Store di ponsel Android Anda kemudian buka. Tap Mulai Sekarang dan izinkan semua permohonan izin dari iPusnas yang muncul.

aplikasi perpustakaan nasional

Untuk dapat menikmati seluruh fitur dari aplikasi perpustakaan android iPusnas seperti meminjam dan membaca buku, Anda harus mendaftarkan diri Anda terlebih dahulu. Cara daftar iPusnas, tap menu berikon tiga garis horizontal kemudian pilih menu Login Sekarang.

Login sekarang

Anda dapat menggunakan akun facebook maupun akun email untuk melakukan registrasi. Saya sendiri lebih menyarankan Anda untuk memilih akun email.

gunakan akun email

Masukkan alamat email Anda yang masih aktif beserta passwordnya kemudian tap Selanjutnya. Ini dilakukan untuk memunculkan menu registrasi, jadi masukkan saja sembarang password.

hubungkan via email

Akan muncul notifikasi bahwa Anda beserta email yang Anda gunakan tadi belum terdaftar di iPusnas. Silakan lakukan registrasi terlebih dahulu melalui menu Registrasi Sekarang.

registrasi sekarang

Masukkan nama, nomor telepon, password, dan konfirmasi password untuk mendaftar iPusnas. Alamat email akan secara otomatis terisi dengan email yang Anda masukkan sebelumnya. Tap Simpan untuk melanjutkan.

proses registrasi

Setujui kebijakan lisensi yang muncul setelah Anda melakukan registrasi dengan mentap Terima. Setelah itu, iPusnas akan menyarankan beberapa teman untuk membantu Anda mengenal iPusnas, Anda dapat mengabaikannya dengan langsung mentap Selanjutnya.

kebijakan lisensi

Setelah proses registrasi selesai, Anda akan dibawa pada halaman depan aplikasi perpustakaan nasional iPusnas tanpa harus mengkonfirmasi email Anda terlebih dahulu. Koleksi, ePustaka, iPusnas, Rak Buku, dan Notifikasi adalah lima buah menu yang ada di iPusnas.

aplikasi iPusnas

Untuk mencari dan meminjam buku, Anda bisa memanfaatkan menu pencarian maupun melalui menu kategori buku. Sebagai contoh, saya akan meminjam buku Cepat Menguasai C++ dari Jubilee Enterprise yang ada pada kategori Komputer & Internet.

mencari buku

Detail buku yang Anda pilih akan ditampilkan mulai dari informasi dan identitas buku, sinopsis, rating, dan sebagainya. Untuk meminjam buku, tap menu Pinjam.

pinjam

Pilihlah salah satu ePustaka yang masih menyediakan stok buku yang akan Anda pinjam.

daftar ePustaka

Oleh karena Anda baru pertama kali meminjam buku di aplikasi perpustakaan iPusnas, maka Anda harus kembali mendaftarkan diri Anda sebagai member. Tap Registrasi Sekarang, masukkan password yang telah Anda buat tadi, kemudian tap Ya untuk mengkonfirmasi peminjaman. Dengan begitu, maka Anda telah sukses meminjam buku yang Anda inginkan.

proses meminjam buku

Buku yang telah Anda pinjam tadi berada pada menu Rak Buku pada aplikasi iPusnas, dan Anda hanya perlu mentap buku yang Anda pinjam tersebut untuk membuka dan membacanya.

rak buku

Semua buku yang telah Anda pinjam pada aplikasi iPusnas dapat Anda akses secara offline. Sehingga iPusnas menjadi aplikasi perpustakaan offline untuk membaca buku yang telah dipinjam.

Anda hanya dapat meminjam tiga buah buku saja per harinya di aplikasi iPusnas ini. Ditambah, waktu atau durasi peminjaman buku paling lama adalah tiga hari. Jika dalam waktu tiga hari Anda tidak mengembalikan buku yang dipinjam, buku tersebut akan secara otomatis dikembalikan oleh sistem. Jadi, jangan khawatir jika Anda lupa untuk mengembalikan karena tidak ada denda apapun.

#2 iSantri Kementerian Agama Republik Indonesia

Aplikasi perpustakaan digital kedua yang saya rekomendasikan untuk Anda download adalah iSantri yang merupakan persembahan dari Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI).

Sesuai dengan namanya, aplikasi perpustakaan gratis satu ini hanya khusus berisi buku dan kitab dalam ajaran Agama Islam saja. Seperti misalnya buku-buku Hadis, Sejarah Kebudayaan Islam, Tasawuf, Majalah Islami, Fatwa-fatwa ulama, Bahasa Arab, kitab-kitab pesantren, dan lain sebagainya.

Adapun cara menggunakan aplikasi iSantri ini hampir semua langkah-langkahnya serupa dengan aplikasi perpustakaan nasional iPusnas, entah itu dari awal pendaftaran sampai dengan tahap peminjaman buku untuk dibaca.

#3 PT Woolu Aksara Maya

PT Woolu Aksara Maya bukanlah sebuah nama aplikasi perpustakaan digital, namun dia adalah nama suatu instansi atau lembaga yang merupakan pembuat dari kebanyakan aplikasi perpustakaan online yang ada di Google Play Store saat ini.

Bekerja sama dengan pemerintah daerah, PT Woolu Aksara Maya telah banyak sekali memproduksi aplikasi perpustakaan digital yang bertujuan untuk menumbuhkan minat baca masyarakat dari daerah tersebut.

Di antara nama aplikasi perpustakaan milik PT Woolu Aksara Maya yang dapat saya sebutkan yakni iJateng hasil kerjasamanya dengan pemerintah daerah Jawa Tengah, iJakarta, iBadung, iJogja, iToraya, iTangsel, iKalsel, iPustaka Aceh, iPekanbaru, iKaltim, iBI Library, iMalangkab, MPR Digital Library, iKebumen, iPurwakarta, iCirebon, dan lain-lain. Semua aplikasi tersebut bisa dengan mudah Anda temukan di Google Play Store dengan mengetikkan nama PT Woolu pada kotak pencariannya.

Dan bahkan dua aplikasi yang saya sebutkan di atas, iPusnas dan iSantri termasuk ke dalam aplikasi perpustakaan android milik PT Woolu Aksara Maya yang bekerja sama dengan Perpustakaan Nasional dan Kementerian Agama. Oleh karena itulah, mengapa cara menggunakan aplikasi iSantri dan aplikasi perpustakaan milik PT Woolu Aksara Maya lainnya hampir serupa dengan aplikasi iPusnas.

#4 ePerpus - Perpustakaan Digital

Aplikasi perpustakaan online yang keempat sekaligus terakhir yang saya bahas pada artikel kali ini adalah ePerpus - Perpustakaan Digital yang disediakan oleh Gramedia Digital Nusantara.

Sama seperti beberapa aplikasi sebelumnya, untuk dapat meminjam dan membaca buku di ePerpus ini, Anda juga diharuskan untuk melakukan registrasi terlebih dahulu. Bedanya, Anda harus mengkonfirmasi email terlebih dahulu setelah registrasi sebelum dapat menikmati fasilitas ePerpus.
Baca juga: Cara masuk ke akun google
Koleksi buku, majalah, dan koran digital dari berbagai kategori di aplikasi ePerpus ini juga cukup banyak yang dapat Anda temukan. Dan tentu untuk meminjam buku tersebut, Anda tidak akan dikenakan biaya sepeser pun namun dibatasi dalam waktu beberapa hari saja untuk dikembalikan.

Kesimpulan

Aplikasi perpustakaan digital online gratis untuk Android yang saya rekomendasikan untuk Anda gunakan pada artikel ini adalah aplikasi perpustakaan nasional (iPusnas), iSantri persembahan Kemenag RI, ePerpus dari Gramedia Digital Nusantara, dan semua aplikasi perpustakaan milik PT Woolu Aksara Maya. Semua aplikasi yang saya rekomendasikan tersebut dapat Anda temukan di Google Play Store.

Nah itulah beberapa aplikasi perpustakaan digital yang bisa saya rekomendasikan, seperti punya aplikasi perpustakaan pribadi sendiri bukan? Tetap ikuti terus blog ini dengan mendaftarkan email Anda untuk tetap mendapatkan update tutorial menarik lainnya. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Aplikasi Perpustakaan Digital Online Gratis untuk Smartphone Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel