Cara Fotocopy di Printer Canon, Per Lembar Maupun Bolak-Balik - Salam Tekno

Cara Fotocopy di Printer Canon, Per Lembar Maupun Bolak-Balik

Printer merupakan perangkat eksternal (output) yang biasa digunakan untuk menghasilkan dan mencetak data dari komputer yang berbentuk digital ke dalam bentuk fisik dengan bantuan kertas. Namun, kini perangkat printer tidak hanya berfungsi untuk mencetak data dari komputer saja. Lebih dari itu, printer telah hadir dalam bentuk multifungsi, di mana printer dapat menscan dan memfotocopy dokumen yang mana hal itu akan dibahas pada artikel Salam Tekno kali ini mengenai cara fotocopy di printer Canon.

cara fotocopy di printer canon

Perlu Anda ketahui, tidak semua printer dapat melakukan proses fotocopy dokumen, hanya printer yang memiliki fitur multifungsi saja lah yang bisa digunakan. Dan setiap merk printer pasti mempunyai dan telah mengedarkan tipe printer multifungsi ini, entah itu merk Canon, HP, Epson, Pixma, dan lainnya. Untuk cara fotocopy di printer Canon sendiri, Anda bisa menggunakan tipe printer canon mg2570s, canon g2000, canon ip2770, canon mp287, canon mp258, dan lain sebagainya.
Baca juga: Cara download video di Google
Berbeda dengan cara scan di printer canon mp287, canon e410, dan tipe printer canon lainnya yang telah saya bahas pada artikel terdahulu, untuk fotocopy dokumen ini Anda tidak perlu menyertakan dan menggunakan laptop dalam prosesnya nanti. Anda hanya cukup mempersiapkan printer, kertas, dan dokumen yang akan Anda fotocopy saja. Selengkapnya, simak dan praktikkan langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Fotocopy Dokumen di Printer Canon

Untuk mencontohkan tutorial ini, saya menggunakan printer Canon tipe MP258. Adapun untuk tipe maupun merk printer lainnya, saya kira langkah-langkahnya sama saja seperti yang akan saya contohkan di bawah ini.

Cara Fotocopy Dokumen Per Lembar pada Printer Canon

Pertama, masukkan satu atau beberapa lembar kertas kosong pada dudukan atau baki kertas (paper tray) yang ada pada printer. Letaknya bisa berada di atas maupun di bawah, tergantung tipe dan merk printer yang Anda gunakan.

memasukkan kertas ke paper tray

Buka penutup scanner pada printer dan masukkan dokumen yang akan Anda fotocopy dengan posisi menghadap ke bawah (tulisan atau data yang dicopy berada di bawah). Tutup kembali penutup scanner.

letakkan dokumen ke kaca scanner

Perhatikan tombol-tombol yang ada pada printer Anda! Anda dapat mengatur jumlah salinan atau copyan dokumen Anda dengan menekan tombol + yang berada di samping layar indikator. Pilih dan tekan salah satu tombol Start untuk mulai memfotocopy dokumen. Untuk fotocopy berwarna Anda dapat menekan tombol Color, sedangkan untuk fotocopy hitam putih, tekan tombol Black.

tombol printer canon

Proses menyalin atau memfotocopy akan berlangsung, tunggu beberapa saat hingga berhenti.

proses mengcopy dokumen

Cara Fotocopy Bolak-Balik di Printer Canon

Cara fotocopy bolak-balik di printer Canon, tutorialnya sama saja seperti di atas. Yang perlu diperhatikan adalah ketika membalik dokumen dan kertas yang dijadikan salinan.

Setelah sisi depan tercopy, buka kembali penutup scanner kemudian balik lah dokumen Anda dari sebelah kiri ke sebelah kanan. Setelah itu, tutup kembali penutup scanner.

membalikkan dokumen

Letakkan kertas yang telah dipakai untuk mengcopy bagian depan dokumen tadi ke baki kertas pada printer, balikkan kertas tersebut dari kiri ke kanan seperti membalikkan dokumen tadi.

membalikkan kertas salinan

Atur kembali jumlah salinan dokumen melalui tombol + sesuai dengan yang Anda atur untuk mengcopy jumlah halaman depan dokumen. Tekan tombol Black atau Color untuk memulai proses pengcopyan.

Proses memfotocopy bagian belakang dokumen akan berlangsung, silakan tunggu kembali prosesnya beberapa saat hingga cara fotocopy bolak-balik di printer Canon tersebut selesai.

proses fotocopy bolak-balik

Kesimpulan

Hanya printer multifungsi saja yang bisa dimanfaatkan untuk menyalin dokumen. Seperti halnya cara fotocopy di printer canon bertipe MP258 yang saya bahas pada artikel ini, proses mengcopy dokumen sangat lah mudah, Anda hanya cukup menambah kertas pada paper tray, memasukkan dokumen pada kaca scanner, atur jumlah copyan, dan tekan tombol Start pada printer. Cara fotocopy bolak-balik perlu diperhatikan hanyalah ketika membalikkan dokumen dan kertas salinan.

Setelah mengikuti tutorial cara fotocopy di printer Canon per lembar maupun bolak-balik ini dengan baik, saya yakin pasti semua jenis dokumen entah itu KTP, ijazah, maupun lainnya dapat juga Anda fotocopy. Terima kasih, semoga artikel ini bermanfaat, dan sampai jumpa pada artikel menarik lainnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Fotocopy di Printer Canon, Per Lembar Maupun Bolak-Balik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel