Cara Mematikan Printer yang Baik dan Benar Melalui Komputer - Salam Tekno

Cara Mematikan Printer yang Baik dan Benar Melalui Komputer

Mungkin yang selama ini kita tahu, untuk mematikan perangkat printer setelah digunakan untuk mencetak adalah dengan menekan tombol power yang sudah pasti terdapat di setiap jenis maupun merk printer. Tidak salah memang, namun dengan cara mematikan printer seperti itu, saya khawatir hal ini akan berdampak pada rusaknya tombol power pada printer tersebut karena sering digunakan secara terus menerus.

cara mematikan printer dari komputer

Saya sendiri lebih mengutamakan tombol power pada printer untuk hanya digunakan dalam menyalakan printer saja. Adapun untuk cara mematikan printer sendiri, saya terbiasa melakukannya melalui komputer atau laptop. Dan tentu untuk dapat mematikan printer pada komputer tersebut, Anda harus sudah memasang aplikasi driver sesuai jenis dan merk printer yang Anda miliki.

Tidak hanya sekedar mematikan printer, dengan memasang aplikasi driver di laptop juga Anda akan mendapati berbagai menu perawatan yang sangat dibutuhkan oleh printer. Seperti misalnya membersihkan (cleaning) kepala cartridge, mengecek informasi tinta, quiet mode, dan lain sebagainya. Baca juga: Cara scan dokumen dengan printer

Software driver printer sendiri biasanya telah disertakan di dalam keping DVD ketika Anda membeli printer baru, sehingga Anda tak usah repot-repot mendownloadnya lagi di internet. Jika tidak, Anda dapat mengunjungi situs web dari merk printer masing-masing untuk mendownload driver sesuai dengan tipe printer yang Anda miliki.

Untuk download driver printer di internet, Anda harus memperhatikan dan memilih driver yang requirement system (persyaratan sistem)nya sesuai dengan jenis Windows yang Anda pakai. Karena driver untuk cara mematikan printer di Windows 8, belum tentu dapat dipasang pada Windows 10, begitu pun sebaliknya.

Untuk mengikuti tutorial cara mematikan printer yang benar, saya anggap Anda telah memiliki dan memasang aplikasi driver di komputer Anda. Untuk mempermudah, saya akan memberikan gambar screenshot ketika saya mempraktikkan cara mematikan printer canon pixma mp258. Adapun untuk tipe dan merk printer yang lainnya seperti printer HP 2135, Epson L120, dan yang lainnya, saya rasa tutorialnya tidak jauh berbeda seperti yang akan saya contohkan berikut ini.
Artikel menarik lainnya: Cara fotocopy di printer canon

Cara Mematikan Printer Melalui Komputer

Pertama, pastikan printer telah dalam keadaan diam setelah digunakan. Karena untuk printer Canon sendiri, setelah selesai mencetak, dia akan melakukan suatu proses yang saya sendiri belum tahu dinamakan apa proses tersebut. Yang penting, selalu pastikan printer dalam keadaan stand by ketika akan dimatikan. Pastikan juga kabel USB printer masih terhubung dengan komputer.

Pergi ke Control Panel > Hardware and Sound > Devices and Printers, klik kanan pada printer Anda kemudian pilih Printer Properties. Anda juga bisa klik Create Shortcut agar konfigurasi printer Anda bisa tampil di desktop, sehingga dengan begitu Anda tidak perlu pergi ke Devices and Printers lagi untuk mematikan atau merawat printer.

devices and printers

Setelah pengaturan Printer Properties terbuka, pilih menu Maintenance, maka Anda akan mendapati banyak sekali menu untuk mengatur atau merawat printer yang Anda miliki sebagaimana yang saya singgung di atas. Untuk mematikan printer, pilih dan klik menu Power Off.

printer properties

Klik OK untuk mengijinkan komputer melakukan perintah kepada printer agar mematikan sistemnya. Dengan begitu, printer Anda akan mati dengan sendirinya tanpa harus Anda menekan tombol power terlebih dahulu.

mematikan printer

Kesimpulan

Cara mematikan printer yang benar tanpa menekan tombol power adalah melalui komputer yang telah terinstal aplikasi driver printer di dalamnya. Anda dapat pergi ke setelan Devices and Printers di Control Panel pada Windows, klik kanan pada printer dan pilih Printer Properties, maka Anda akan mendapati menu Power Off untuk mematikan printer.

Nah, seperti itulah bagaimana cara mematikan printer yang benar melalui komputer. Sekarang, biasakanlah menggunakan cara tersebut agar tombol power pada printer Anda bisa tercegah dari kerusakan. Terima kasih telah berkunjung dan sampai jumpa pada artikel menarik lainnya di blog Salam Tekno ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mematikan Printer yang Baik dan Benar Melalui Komputer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel