Cara Bermain Game PS2 di PC dengan Emulator PCSX2 - Salam Tekno

Cara Bermain Game PS2 di PC dengan Emulator PCSX2

Seiring perkembangan teknologi yang semakin maju, game PS2 kini dapat Anda buka dan mainkan dengan PC atau laptop. Tertarik untuk mencobanya? Silakan simak dan ikuti tutorial mengenai cara bermain game PS2 di PC yang akan dibahas pada artikel Salam Tekno kali ini.

cara bermain game ps2 di pc

Sebagai informasi, PS2 (PlayStation 2) merupakan konsol video game kedua yang diluncurkan oleh Sony Computer Entertainment pada tanggal 4 Maret 2000 di Jepang dan tanggal 26 Oktober 2000 di Amerika Serikat. Tercatat, konsol ini berhasil terjual lebih dari 155 juta unit di seluruh dunia hingga saat ini.

Adapun untuk cara bermain game PS2 di PC, Anda hanya perlu memasang sebuah emulator bernama PCSX2 saja, salah satu emulator PS2 PC terbaik dan terpopuler saat ini. PCSX2 ini bisa Anda dapatkan secara gratis dan tentu lebih hemat jika Anda membeli konsolnya langsung bukan? Harganya saat ini kurang lebih 550.000 rupiah.

Bisakah cara main game PS2 di PC tanpa emulator? Saya rasa tidak bisa. Alasannya, setiap software emulator memiliki fungsi yang sama, yakni mereplika atau meniru sebuah platform/perangkat tertentu untuk dapat dijalankan pada perangkat lain yang sama sekali berbeda.

PCSX2 adalah emulator peniru perangkat konsol PlayStation 2 sehingga program PS2 seperti game dapat dibuka dan dimainkan di perangkat PC. Dengan demikian, sangat mustahil sekali jika PC tanpa emulator PCSX2 dapat membuka dan memainkan game PS2 untuk saat ini.

Lalu, bagaimanakah cara bermain game PS2 di PC menggunakan emulator PCSX2? Simak dan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Bermain Game PlaySation 2 (PS2) di PC

Sebelum bermain game PS2 di PC dengan lancar, ada beberapa hal yang harus Anda siapkan terlebih dahulu. Apa saja itu? Pastinya yang menyangkut langsung dengan emulator PCSX2. Berikut selengkapnya.

File yang Harus Dipersiapkan

1. File Game PS2

Yang pertama harus Anda siapkan adalah tentunya file game PS2 yang ingin Anda mainkan. Ada dua jenis file game yang bisa dibuka di emulator PCSX2, yakni file game yang berformat ISO dan kaset CD/DVD yang berisi game PS2 di dalamnya. Silakan Anda pilih salah satunya.

Untuk cara memainkan game PS2 di PC dengan file ISO, Anda bisa download game PS2 ISO gratis dengan mengikuti tutorialnya pada artikel yang lalu, cara download game PS2 di laptop. Di artikel tersebut telah saya rekomendasikan beberapa situs web penyedia download game PS2 for PC Windows yang lumayan cukup lengkap.

2. Emulator PCSX2 dan BIOSnya

Selain ROM game PS2, Anda juga harus mengunduh emulator PCSX2 beserta file BIOSnya terlebih dahulu. Untuk mendapatkan keduanya, Anda bisa mengunjungi situs resmi PCSX2 melalui URL https://pcxs2.net/download.html, sedangkan untuk file BIOSnya dapat Anda unduh di sini.

3. Joystick atau Gamepad

Joystick atau gamepad ini sifatnya opsional, artinya Anda boleh mempersiapkannya boleh juga tidak. Namun, dari pada menggunakan keyboard sebagai kontroler game, lebih nyaman dan enak menggunakan joystick bukan?

Untuk Anda yang juga mempersiapkan Joystick, pastikan terlebih dahulu bahwa joystick tersebut telah dapat terdeteksi pada PC. Jika belum terdeteksi, kemungkinan besar joystick Anda juga tidak akan terdeteksi pada PCSX2 sehingga tidak dapat digunakan. Bagaimana agar terdeteksi? Silakan kunjungi cara setting joystick di PC dan ikuti tutorialnya di sana.

Langkah-Langkah Bermain Game PS2 di PCSX2

1. Instal Emulator PCSX2

Pertama, silakan Anda instal terlebih dahulu emulator PCSX2 yang telah Anda unduh sebelumnya. Cara instalnya tidak jauh berbeda seperti biasa Anda menginstal software lain di PC. Mungkinkah Anda belum pernah menginstal software apapun sebelumnya? Silakan kunjungi tutorial cara instal aplikasi di laptop untuk pemula.

2. Mengimpor File BIOS ke PCSX2

Buka PCSX2 yang telah berhasil Anda instal, jendela PCSX2 konfigurasi pertama kali akan muncul. Pilih terlebih dahulu bahasa sistem ke bahasa yang Anda mengerti, klik Terapkan kemudian klik Lanjut.

memilih bahasa sistem

Selanjutnya akan muncul konfigurasi untuk memilih driver yang akan digunakan pada beberapa device yang tersedia. Ikuti konfigurasinya pada screenshot di bawah ini dan klik Lanjut.

konfigurasi driver pcsx2

Selanjutnya, silakan Anda impor file BIOS yang telah Anda siapkan sebelumnya dengan mengekstraknya terlebih dahulu jika berformat Rar atau Zip. Caranya, hilangkan tanda centang pada kotak Gunakan pengaturan semula, klik tombol Cari, kemudian carilah lokasi tempat menyimpan folder BIOS yang telah disiapkan. Klik foldernya dan pilih Select Folder.

mencari folder bios

Akan muncul beberapa konsol BIOS yang harus Anda pilih, yakni Europe, Japan, dan USA. Pilihlah BIOS USA kemudian klik tombol Akhiri.

memilih konsol bios

3. Mengatur Konfigurasi PCSX2

Agar lancar dan tidak lag ketika bermain game PS2 di PC dengan emulator PCSX2, Anda harus mengatur konfigurasi yang ada di PCSX2 terlebih dahulu. Cukup Anda ikuti pengaturannya yang ada dalam screenshot yang saya sediakan.

Pertama, pilih menu Konfigurasi dan pilih Emulasi Pengaturan. Sesuaikan pengaturan pada bagian Windows GS dan Speedhacks dengan gambar di bawah ini.

konfigurasi window GS

Kedua, ikutilah pengaturan plugin pada konfigurasi Video (GS) dengan pengaturan yang saya rekomendasikan.

konfigurasi video GS

Ketiga, atur juga konfigurasi Audio (SPU2) sesuai yang saya atur dalam gambar agar suara game tidak patah-patah.

konfigurasi audio

Terakhir, pilih konfigurasi Controllers (PAD) dan sesuaikan tombol pada PCSX2 dengan tombol pada joystick atau keyboard. Kunjungi artikel cara setting joystick di PCSX2 untuk penjelasan yang lebih lengkapnya.

konfigurasi controllers (PAD)

4. Memasukkan Game PS2 ke PCSX2

Cara bermain game PS2 di PC berikutnya adalah memasukkan file game PS2 yang telah Anda download ke dalam emulator. Caranya, klik menu CDVD dan pilih Temukan.

temukan CDVD

Carilah file game PS2 ISO dan klik Open, atau pilih penyimpanan CD Drive jika Anda ingin memainkan game PS2 di PC pake kaset.

membuka game PS2

5. Menjalankan dan Memainkan Game

Setelah melakukan pengaturan PCSX2, kini saatnya Anda untuk menjalankan game PS2 yang ingin Anda mainkan. Klik menu Sistem dan pilih Jalankan CDVD (penuh), game PS2 Anda akan terbuka dan selamat bermain.

menjalankan game ps2

Kesimpulan

Cara bermain game PS2 di PC dapat dilakukan dengan emulator PCSX2, dan tidak bisa jika tanpa emulator. Download game PS2 ISO gratis terlebih dahulu melalui website penyedia ROM game PS2 beserta installer PCSX2 dan file BIOSnya. Adapun langkah-langkahnya adalah instal emulator PCSX2, impor file BIOS, mengatur konfigurasi PCSX2, memasukkan game PS2, dan kemudian menjalankan dan memainkan game PS2 tersebut.

Demikianlah cara bermain game PS2 di PC dengan emulator PCSX2, saya harap bisa Anda ikuti dengan baik. Jika ada yang ingin Anda sampaikan, manfaatkan kolom komentar yang ada di bawah. Sekian dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Bermain Game PS2 di PC dengan Emulator PCSX2"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel