Cara Menghapus Blog Pribadi di Blogger (Blogspot) Lewat HP - Salam Tekno

Cara Menghapus Blog Pribadi di Blogger (Blogspot) Lewat HP

Apakah Anda mempunyai blog yang sudah tidak terurus karena kesibukan di dunia nyata dan berniat ingin menghapusnya? Jika benar demikian, maka Anda sudah berada di tempat yang sangat tepat karena tutorial dan langkah-langkah cara menghapus blog pribadi di Blogger (Blogspot) lewat HP Android tersebut akan saya bahas secara lengkap melalui artikel Salam Tekno kali ini.

cara menghapus blog lewat hp

Namun sebelum ke cara menghapus blog lewat HP, ijinkan saya bahas terlebih dahulu apa itu blog dan beberapa hal yang berkaitan dengannya.

Blog (singkatan dari web log) adalah sebuah media komunikasi satu arah dalam bentuk tulisan yang berisi beragam jenis informasi dari berbagai topik yang dapat diakses oleh semua pengguna internet di seluruh dunia secara online.

Media blog pertama kali diperkenalkan oleh Blogger yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002 lalu, sekaligus menjadi platform blog pribadi pertama dan paling populer di internet sebelum akhirnya muncul berbagai jenis platform yang lain seperti Wordpress, Weebly, Tumblr, Wix, Joomla, dan lain sebagainya.
Terlalu banyak aplikasi yang terinstal pada ponsel tentunya akan memakan cukup banyak memori internal. Anda dapat meng-uninstall aplikasi yang sudah tidak diperlukan dengan cara menghapus aplikasi di HP Android pada tutorial sebelumnya.

Cara Menghapus Blog di Platform Blogger

Sebelum mengikuti tutorial cara menghapus akun blog pribadi di platform Blogger, sebaiknya Anda pertimbangkan kembali niat Anda agar tidak muncul penyesalan di kemudian hari dengan memastikan bahwa blog yang akan dihapus tersebut benar-benar tidak bisa Anda kelola lagi ataupun karena alasan yang lain.

Namun untuk berjaga-jaga, Anda bisa mem-backup (mencadangkan) semua konten yang ada di blog Anda terlebih dahulu agar dapat diimpor ke blog yang baru suatu hari nanti setelah menghapus blog lama Anda. Berikut tutorialnya.

Cara Mem-backup Seluruh Konten Blog

Akses situs Blogger dengan aplikasi Chrome di HP Android atau iPhone Anda, klik tanda panah ke bawah di sebelah kiri atas, kemudian pilih blog yang akan di-backup. Jika Anda hanya memiliki satu buah blog, lewati langkah yang pertama ini setelah situs Blogger terbuka.

memilih blog di blogger

Di menu sebelah kiri, klik Setelan dan pilih menu Lainnya.

setelan lainnya

Pada bagian "Impor & cadangkan" di sebelah atas, klik Cadangkan Konten.

cadangkan konten

Konten yang akan dicadangkan adalah postingan, halaman, dan komentar. Klik Simpan ke komputer maka Chrome akan langsung melakukan pengunduhan seluruh konten blog Anda.

cara backup konten blog

Selain mem-backup konten yang ada di blog seperti postingan, halaman, dan komentar, Anda juga perlu menyimpan salinan tema atau template yang digunakan pada blog tersebut. Bagaimana caranya?

Di menu sebelah kiri, pilih Tema kemudian klik tombol Cadangkan / Pulihkan di sudut kanan atas.

cadangkan tema blog

Klik Download tema maka Chrome akan otomatis melakukan pengunduhan salinan tema atau template yang digunakan pada blog.

menyimpan salinan template blog

Silakan Anda simpan dengan baik dua buah file .xml yang berisi cadangan konten dan template blog Anda untuk digunakan di kemudian hari.

file backup

Cara Menghapus Blog Sendiri Lewat HP

Setelah mencadangkan seluruh konten yang ada pada blog entah itu postingan, halaman, komentar, maupun tema atau template yang digunakan, sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi jika ingin menghapus akun blog pribadi yang Anda miliki.

Lalu bagaimanakah cara menghapus blog sendiri pada platform Blogger lewat HP Android tersebut? Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Akses dan buka situs Blogger dengan aplikasi Chrome kemudian pilih blog yang ingin Anda hapus. Anda hanya dapat menghapus blog jika Anda adalah seorang admin.

memilih blog di blogger

Di menu sebelah kiri, klik Setelan dan pilih menu Lainnya.

setelan lainnya

Pada bagian “Hapus Blog”, di samping “Hapus blog Anda”, klik Hapus blog.

menghapus blog di blogger

Perlu untuk Anda ketahui, blog yang telah dihapus dapat dipulihkan dalam jangka waktu 90 hari sebelum dihapus selamanya. Jika Anda telah memahaminya, klik tombol Hapus Blog Ini.

menghapus blog pribadi lewat hp

Langkah-langkah di atas sebenarnya telah cukup untuk menghapus blog milik Anda sendiri. Namun, jika Anda ingin menghapus blog tersebut secara permanen ataupun memulihkannya, ikuti tutorialnya berikut ini.

Cara Memulihkan atau Menghapus Blog Secara Permanen

Setelah halaman dashboard Blogger Anda terbuka, klik tanda panah ke bawah di sebelah kiri atas kemudian pada Blog yang dihapus di bagian bawah, klik blog yang akan Anda pulihkan atau hapus secara permanen.

blog yang dihapus

Silakan putuskan apakah Anda ingin memulihkan blog tersebut atau menghapusnya secara permanen. Jika dihapus secara permanen, blog Anda tidak dapat dipulihkan dan URL blog tidak dapat digunakan dan didaftarkan kembali.

pulihkan atau hapus blog secara permanen

Itulah tadi tutorial bagaimana cara menghapus blog pribadi di Blogger (Blogspot) lewat HP sekaligus cara memulihkan atau menghapusnya secara permanen yang dapat saya jelaskan.

Jika Anda lebih ingin memiliki website dibandingkan dengan blog, silakan ikuti langkah-langkah membuat website dari awal hingga akhir secara gratis tanpa biaya sepeser pun pada artikel yang lalu. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menghapus Blog Pribadi di Blogger (Blogspot) Lewat HP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel