Cara Mengatasi Can't Find a Backup in '/sdcard/GBWhatsApp' dengan Mudah - Salam Tekno

Cara Mengatasi Can't Find a Backup in '/sdcard/GBWhatsApp' dengan Mudah

Apakah aplikasi GBWhatsApp di ponsel Android kalian pernah menampilkan pesan error can't find a backup in '/sdcard/GBWhatsApp'!? Tahukah kalian apa artinya pesan error tersebut serta cara mengatasinya? Temukan jawaban sekaligus pembahasannya melalui artikel Salam Tekno kali ini.

cara mengatasi can't find a backup in '/sdcard/gbwhatsapp'

Pesan error can't find a backup in '/sdcard/GBWhatsApp' artinya aplikasi GBWhatsApp kalian tidak bisa menemukan folder tempat menyimpan cadangan atau backup data WhatsApp yang di dalamnya berisi chat, media, stiker, log panggilan, dan lain sebagainya. Masalah error ini kadang ditampilkan juga dengan pesan "no backup found".

Pesan error tersebut tidak hanya terjadi di GBWhatsApp saja, hampir semua aplikasi WhatsApp mod lainnya seperti YoWhatsApp, FMWhatsApp, WhatsApp Plus, Fouad WhatsApp, dan lain-lain juga bisa menampilkan pesan error tersebut.

Sebenarnya, apa si yang menyebabkan GBWhatsApp dan aplikasi WhatsApp mod lainnya tidak bisa menemukan cadangan data WhatsApp sehingga pesan error can't find any backup in '/sdcard/GBWhatsApp' ini muncul? Berikut beberapa penyebabnya.
Baca juga: Cara download WhatsApp Aero

Penyebab Pesan Can't Find a Backup in '/sdcard/GBWhatsApp' Muncul

Pesan error can't find a backup in '/sdcard/GBWhatsApp' biasanya muncul ketika kalian menginstal aplikasi GBWhatsApp sebagai pengganti aplikasi WhatsApp Messenger di smartphone Android kalian.

Pesan error ini muncul karena kalian lupa melakukan pencadangan atau backup data di aplikasi WhatsApp Messenger kalian sebelumnya.

Memangnya penting ya melakukan backup data WhatsApp? Tentu saja. Jika sampai tidak kalian lakukan, maka dapat dipastikan semua chat, media, log panggilan, serta data lain yang sebelumnya ada di WhatsApp akan hilang walaupun kalian mendaftarkan nomor telepon yang sama di GBWhatsApp.

Pesan error "no backup found" juga akan tetap muncul di GBWhatsApp meskipun kalian telah mencadangkan data WhatsApp sebelumnya. Hal ini karena data cadangan (backup) WhatsApp tersebut harus kalian atur terlebih dahulu supaya bisa terbaca untuk dipulihkan di GBWhatsApp atau WhatsApp mod lainnya nanti.
Baca juga: Perbedaan YoWhatsApp dan Fouad WhatsApp

Cara Mengatasi Can't Find any Backup in '/sdcard/GBWhatsApp'

Cara mengatasi can't find a backup in '/sdcard/YoWhatsApp' di bawah ini bisa kalian ikuti setelah mencadangkan atau backup data WhatsApp dan belum menginstal GBWhatsApp, YoWhatsApp, atau aplikasi WhatsApp mod lainnya.

Kalau kalian sudah terlanjur menginstal aplikasi WhatsApp mod tapi telah mem-backup data WhatsApp, kalian bisa uninstall terlebih dahulu aplikasi WhatsApp mod tersebut.

Pokoknya, kunci dari cara mengatasi can't find a backup in '/sdcard/GBWhatsApp' yang saya ajarkan adalah adanya data backup WhatsApp. Kalau kalian tidak memilikinya karena lupa untuk mem-backup, pesan error tersebut tidak akan bisa kalian atasi. Berikut tutorialnya.

1. Buat sebuah folder baru di penyimpanan internal dengan nama "GBWhatsApp" atau "YoWhatsApp" atau "FMWhatsApp" atau sesuaikan dengan nama aplikasi WhatsApp mod yang kalian gunakan.

buat folder gbwhatsapp

2. Temukan folder bernama "WhatsApp", buka, dan salin atau copy semua folder di dalamnya. *Folder WhatsApp adalah tempat menyimpan data backup WhatsApp.

salin data backup whatsapp

3. Tempelkan isi folder WhatsApp ke dalam folder GBWhatsApp yang telah kalian buat.

paste ke folder gbwhatsapp

4. Buka folder Media yang telah kalian copy. Ganti semua nama folder yang ada kata WhatsApp menjadi GBWhatsApp, YoWhatsApp, atau nama WhatsApp mod yang kalian gunakan. Misal: WhatsApp Stickers menjadi GBWhatsApp Stickers, dan begitu seterusnya.

ubah nama folder

5. Di tahap ini, silahkan kalian instal kembali aplikasi GBWhatsApp atau WhatsApp mod lain yang ingin kalian gunakan, kemudian daftar dengan nomor telepon yang sama dengan yang kalian gunakan di WhatsApp Messenger.

Dengan cara mengatasi can't find a backup in '/sdcard/GBWhatsApp' di atas, maka aplikasi GBWhatsApp akan bisa menemukan backup data WhatsApp tanpa menampilkan pesan error tersebut lagi.

backup whatsapp ditemukan

Tutorial di atas adalah salah satu tahap dalam memindahkan data WhatsApp resmi ke GBWhatsApp yang telah saya bahas duluan di artikel dan blog yang lain. Kalian bisa mengunjungi artikel tersebut untuk mempelajari lebih lengkap.

Kesimpulan

Can't find a backup in '/sdcard/GBWhatsApp' artinya aplikasi GBWhatsApp tidak bisa menemukan folder tempat menyimpan cadangan atau backup data WhatsApp yang di dalamnya berisi chat, media, stiker, log panggilan, dan lain sebagainya. Cara mengatasinya, kalian harus backup data WhatsApp dan mengaturnya supaya terbaca di GBWhatsApp atau aplikasi WhatsApp mod yang lain.

Itulah bagaimana cara mengatasi can't find a backup in '/sdcard/GBWhatsApp' yang bisa kalian praktikkan, sangat mudah sekali bukan? Kalau kalian masih mengalami kesulitan, silahkan beritahu saya melalui kolom komentar yang ada di bawah artikel ini. Sekian dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengatasi Can't Find a Backup in '/sdcard/GBWhatsApp' dengan Mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel