Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Layanan Google Play di Android - Salam Tekno

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Layanan Google Play di Android

Cara mengaktifkan layanan google play adalah sebuah langkah awal agar semua aplikasi pada ponsel Android Anda tetap berjalan dengan baik dan tidak mengalami masalah. Bahkan, cara mengaktifkan Google Play Service pun bisa menjadi solusi jika beberapa aplikasi Android Anda telah mengalami masalah atau kerusakan.

Sebagaimana yang kita ketahui, Layanan Google Play (Google Play Service) adalah aplikasi bawaan dari sistem Android yang akan membantu agar aplikasi Android Anda selalu terbarukan. Untuk melakukan tugasnya tersebut, tentunya Layanan Google Play yang terpasang pada ponsel Anda juga harus sudah versi terbaru.

cara mengaktifkan layanan google play

Pada artikel yang lalu, Salam Tekno telah membahas mengenai cara memperbarui layanan google play disertai link download layanan google play apk terbaru, silahkan Anda kunjungi artikel tersebut untuk mengecek apakah pada ponsel Android Anda telah terpasang versi Google Play Service terbaru ataukah belum.

Sejak pertama kali Anda membeli ponsel Android, sebenarnya layanan google play ini sudah aktif secara otomatis karena merupakan aplikasi sitem Android, sehingga Anda tidak perlu lagi melakukan pengaktifan Google Play Service.

Akan tetapi, tentunya cara mengaktifkan layanan google play ini sangat perlu untuk diketahui agar ponsel Android Anda tetap terjaga, dan jika suatu saat mengalami masalah tidak diketahui pada layanan google play, Anda sudah tahu bagaimana cara memperbaikinya.

Lalu bagaimanakah cara mengaktifkan dan menonaktifkan layanan google play service? Simak pembahasannya berikut ini.


Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Layanan Google Play di Android

Ada dua cara bagi Anda untuk dapat mengaktifkan layanan google play sekaligus menonaktifkannya. Mengingat sangat pentingnya layanan ini, saya rasa untuk menonaktifkannya tidak perlu dan tidak disarankan untuk dilakukan.

Mengaktifkan Google Play Service Melalui Setelan Android

Buka setelan atau pengaturan ponsel Android Anda, gulir ke bawah dan pada menu APL (Aplikasi), tap dan pilih menu Kelola apl.

setelan android

Carilah aplikasi Layanan Google Play pada daftar kelola aplikasi yang tampil. Jika Anda sulit menemukannya, tap tombol titik tiga ke bawah di sebelah kanan atas dan pilih Tampilkan semua apl.

tampilkan semua apl

Dengan cara menampilkan semua aplikasi tadi, maka Layanan Google Play akan muncul pada daftar kelola aplikasi. Tap Layanan Google Play tersebut.

mencari layanan google play

Pada tahap ini Anda dapat melihat pengaturan atau setelan yang dimiliki oleh Layanan Google Play. Jika Google Play Service di ponsel Anda nonaktif, maka menu yang ditampilkan adalah Aktifkan di samping menu Hapus data, Anda harus mentap menu tersebut untuk mengaktifkan layanan google play. Sebaliknya, jika Layanan Google Play aktif, maka menu yang ditampilkan di samping Hapus data adalah Paksa henti. Anda dapat menggunakan menu Paksa henti untuk menonaktifkan layanan google play.

mengaktifkan google play service

Tutorial cara mengaktifkan layanan google play yang pertama di atas saya menggunakan ponsel Android Xiaomi sebagai contoh, untuk ponsel Android lainnya saya kira sama saja.

Mengaktifkan Google Play Service dengan Play Store

Oleh karena Layanan Google Play tidak dapat dengan mudah ditemukan pada Google Play Store, tap tautan di bawah ini. Anda akan langsung dialihkan pada pengaturan Google Play Service.


Pada tahap ini Anda akan melihat menu yang berbeda tergantung kondisi ponsel Anda. Yang jelas, cara mengaktifkan google play service yang telah berhenti akan muncul menu Aktifkan. Sedangkan jika layanan google play berjalan dengan baik, menu yang muncul adalah Nonaktifkan, Anda bisa memanfaatkan menu ini untuk mematikan/menonaktifkan layanan google play.

google play services

Kesimpulan

Cara mengaktifkan layanan google play (google play service) dapat dilakukan melalui dua cara. Yakni melalui setelan Android dan dengan tautan menuju google play store. Oleh karena begitu pentingnya layanan google play ini, menonaktifkan atau mematikannya adalah suatu hal yang tidak perlu dan tidak disarankan untuk dilakukan.

Jadi, dari dua cara mengaktifkan layanan google play di atas, manakah yang menurut Anda paling mudah untuk digunakan? Anda dapat menuliskan jawabannya melalui kolom komentar di bawah. Sekian dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Layanan Google Play di Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel