Cara Menyimpan Foto di Google Drive Lewat Android dan Laptop - Salam Tekno

Cara Menyimpan Foto di Google Drive Lewat Android dan Laptop

Google Drive adalah salah satu layanan penyimpanan dalam jaringan (online) terbaik dan terpopuler saat ini. Dengan kapasitas penyimpanan gratisnya yang mecapai 15 GB, tentunya sangat cukup untuk menyimpan berbagai macam jenis file yang berukuran kecil hingga sedang. Misalnya saja cara menyimpan foto di Google Drive yang saya sajikan melalui artikel blog Salam Tekno kali ini.

Foto adalah sebuah file digital yang biasa digunakan untuk mengabadikan dan mendokumentasikan momen-momen penting yang membahagiakan dan jarang terjadi, seperti misalnya momen wisuda, acara pernikahan, momen liburan, dan lain-lain. Lebih dari itu, fungsi foto kini lebih meluas lagi tergantung siapa dan untuk apa foto itu dipakai.

cara menyimpan foto di google drive

Dengan kemajuan teknologi saat ini, smartphone Android terus memaksimalkan kualitas kameranya untuk menghasilkan sebuah foto yang menakjubkan, dan di sisi lain ukuran berkas foto menjadi lebih besar. Hal ini kerap kali menjadi kendala, apalagi jika kapasitas penyimpanan telepon tidak memadai. Menghapus foto dari galeri tentunya sayang dan pasti berat hati untuk dilakukan bukan? Untuk itulah cara menyimpan foto di google drive bisa menjadi jalan keluar dari kendala penyimpanan tidak memadai tersebut.

Sebenarnya, cara menggunakan google drive ini secara umum telah saya bahas panjang lebar pada artikel kemarin tentang cara menyimpan file di google drive. Dan kali ini saya akan mengkhususkan penjelasan mengenai cara menyimpan foto ke google drive ini karena saya rasa penting untuk dibuat artikelnya. Simak tutorialnya berikut ini.

Cara Menyimpan File Foto di Google Drive

Google Drive merupakan salah satu layanan yang disediakan oleh Google. Oleh karena itu, Anda diharuskan untuk membuat dan memiliki terlebih dahulu sebuah akun gmail sebelum menggunakannya untuk mempraktikkan cara menyimpan foto atau gambar ke google drive ini.

Cara Menyimpan Foto di Google Drive Android

Cara menyimpan foto dan video di google drive melalui smartphone Android akan lebih nyaman jika menggunakan aplikasi Google Drive. Biasanya, aplikasi Google Drive telah menjadi aplikasi bawaan dari setiap jenis dan merk smartphone saat ini. Jika ternyata di ponsel Anda tidak ada, Anda bisa download google drive tersebut melalui tautan Play Store di bawah ini.

Download Google Drive via Play Store

Buka aplikasi Google Drive dan masuklah ke akun gmail yang Anda miliki. Anda bisa mentap menu pilihan yang berikon tiga garis menyamping untuk menampilkan email saat ini yang Anda miliki.

cara menyimpan foto di google drive android

Untuk menyimpan gambar di Google Drive, klik ikon + dan pilih menu Upload untuk langsung memasukkan file, atau pilih menu Folder untuk membuat folder terlebih dahulu. Saya sendiri lebih memilih membuat sebuah folder terlebih dahulu agar foto yang akan diupload tersusun rapi.

menu baru
Berikan sebuah nama pada folder yang akan dibuat kemudian klik Oke.

memberi nama folder

Folder baru berhasil dibuat. Buka folder tersebut, kembali tap ikon + dan pilih menu Upload untuk memasukkan foto atau gambar.

upload foto
Cari lokasi foto yang akan Anda simpan pada Google Drive. Sebagai contoh, saya akan menyimpan foto dari hasil download gambar di Pinterest yang terletak di google photo album ponsel saya. Seleksi semua foto Anda kemudian tap Oke.

mencari lokasi foto

Cara menyimpan foto di google drive otomatis berjalan jika Anda menggunakan koneksi Wifi. Jika Anda menggunakan data seluler, Anda harus mengupload foto tersebut secara manual dengan mentap gambar panah melingkar yang berada di setiap file foto.

menunggu wifi

Foto Anda berhasil disimpan dan cara menyimpan foto di google drive android pun selesai. Untuk cara memindahkan file dari google drive ke hp nanti, tap titik tiga ke bawah dan pilih menu Download.

cara memindahkan file dari google drive ke hp

Maka hasil cara menyimpan foto dari google drive tersebut akan disimpan ke galeri ponsel bernama Unduhan.

galeri foto unduhan

Cara Upload Foto di Google Drive Lewat Laptop

Sebenarnya, cara upload foto di Google Drive lewat laptop kurang lebih langkah-langkahnya sama seperti di Android, mungkin yang membedakan hanya dari alatnya saja. Jika di Android menggunakan aplikasi google drive, sedangkan untuk laptop hanya bisa menggunakan browser untuk mengaksesnya.
Baca juga: Cara DM Instagram di browser
Buka browser di laptop kemudian akses situs web Google Drive. Setelah halaman terbuka, klik Kunjungi Google Drive.

cara upload foto di google drive lewat laptop

Masuk atau login ke akun gmail yang Anda miliki lalu klik Berikutnya.

login

Tampilan Google Drive di PC akan terbuka. Untuk membuat sebuah folder baru, klik tombol yang berikon + dan pilih menu Folder.

membuat folder baru

Bubuhkan sebuah nama pada folder baru Anda kemudian klik Buat.

membubuhkan nama folder

Setelah folder baru berhasil dibuat, klik dua kali (double click) pada folder tersebut untuk membukanya. Klik kembali tombol Baru berikon + dan pilih menu Upload file. Cara singkatnya adalah dengan menarik file foto dan melepaskannya di area web Google Drive.

upload file

Cari lokasi tempat menyimpan foto, seleksi semua foto yang akan diupload, kemudian klik Open.

mencari lokasi foto

Proses mengupload foto akan berlangsung, tunggulah beberapa saat.

proses menyimpan foto ke google drive

Cara menyimpan foto di google drive lewat laptop selesai. Untuk mengeceknya, tampilkan gambar tersimpan di google drive tadi dengan klik kanan pada salah satu file foto dan pilih Dapatkan link yang dapat dibagikan.

dapatkan link

Tempelkan link tersebut ke Address bar pada browser yang Anda gunakan. Screenshot di bawah ini adalah foto atau gambar yang saya contohkan pada artikel ini.

tampilkan gambar tersimpan di google
Artikel menarik lainnya: Cara download aplikasi Play Store di laptop

Kesimpulan

Cara menyimpan foto di google drive bisa menjadi jalan keluar jika penyimpanan memori tidak cukup dan Anda tidak mau menghapus foto tersebut. Cara menyimpan foto di google drive Android dapat menggunakan aplikasi google drive yang tersedia di play store, sedangkan cara upload foto di google drive lewat laptop hanya dapat diakses dengan mengunjungi situs webnya melalui software peramban web.

Demikian tutorial cara menyimpan foto di google drive yang dapat saya sampaikan, semoga Anda dapat memahami dan mempraktikannya dengan baik. Terima kasih telah berkunjung dan sampai jumpa pada tutorial menarik lainnya di blog Salam Tekno.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menyimpan Foto di Google Drive Lewat Android dan Laptop"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel