Cara Menyimpan File di Google Drive Melalui Android dan PC - Salam Tekno

Cara Menyimpan File di Google Drive Melalui Android dan PC

Dalam membackup file-file penting yang Anda punya, cara menyimpan file di Google Drive ini bisa menjadi sebuah solusi yang bisa dicoba. Karena kita tidak akan pernah tahu jika kemungkinan akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada file tersebut. Seperti misalnya tidak sengaja terhapus, terkena virus, atau yang lebih parah jika Windows Anda bermasalah dan diharuskan untuk diinstal ulang.

Tentunya Anda tidak akan pernah menginginkan kejadian tersebut terjadi pada file penting Anda bukan? Mencegah lebih baik daripada mengobati. Untuk itu, cara menyimpan file di Google Drive menjadi sebuah keharusan dalam mengamankan dan mengembalikan file jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan padanya nanti.

cara menyimpan file di google drive

Sebelum lanjut ke tutorial cara menyimpan file ke google drive, terlebih dahulu akan saya bahas sedikit mengenai apa itu google drive. Google Drive merupakan layanan penyimpanan dalam jaringan (online) milik Google yang diluncurkan pada 24 April 2012 silam. Kapasitas penyimpanan gratis Google Drive sendiri sebesar 15 GB dan dapat dikatakan cukup untuk digunakan dalam menyimpan file dokumen, foto atau gambar, video, musik, dan berkas berukuran kecil lainnya. Anda juga tentunya dapat menikmati kapasitas penyimpanan tanpa batas (unlimited) pada Google Drive ini, namun tidak gratis alias berbayar.

Selain digunakan untuk membackup file penting, cara menyimpan file pada google drive juga biasa digunakan oleh situs web penyedia game, film, dan berkas berukuran besar lainnya ke internet, seperti halnya cara download aplikasi untuk laptop yang telah saya bahas kemarin. Google Drive juga kadang digunakan pada aplikasi WhatsApp dalam mencadangkan chat beserta medianya, seperti cara mengganti tema WhatsApp yang telah saya bahas pada artikel Salam Tekno sebelumnya.

Tanpa berlama-lama lagi, simak tutorial cara menyimpan file di google drive gmail berikut ini.

Bagaimana Cara Menyimpan File di Google Drive?

Oleh karena Google Drive adalah salah satu layanan yang disediakan oleh Google, maka untuk dapat menyimpan atau upload file ke Google Drive Anda harus mempunyai sebuah akun Gmail terlebih dahulu. Hal ini juga berlaku pada cara mengirim pesan lewat email pada artikel kemarin. Cara membuat akun Gmail tidak akan saya jelaskan pada artikel ini, untuk itu saya anggap Anda telah mempunyai sebuah akun Gmail untuk mempraktikkan cara menyimpan file di google drive agar bisa di download di bawah.

Google Drive mempunyai aplikasinya sendiri di Google Play Store, maka cara menyimpan file di google drive Android tentunya bisa dilakukan selain melalui PC. Berikut ini saya akan praktikkan bagaimana langkah menyimpan file di Google Drive (Google Drive upload) melalui Android dan PC.

Cara Menyimpan File di Google Drive Android

Pertama, pastikan pada smartphone Android Anda telah terpasang aplikasi Google Drive. Biasanya Google Drive saat ini telah menjadi aplikasi bawaan dari setiap jenis dan merk ponsel Android, sehingga Anda tidak perlu memasangnya lagi. Namun jika ternyata di Android Anda tidak terdapat aplikasi Google Drive, klik tautan di bawah ini untuk mengunduh dan memasangnya langsung pada Play Store.

Download | Google Drive (Gratis)

Open Google Drive tersebut kemudian masuk melalui akun email yang Anda punya. Untuk melihat email yang Anda punya, kunjungi artikel Salam Tekno terdahulu mengenai cek email saya.

Untuk menyimpan file ke Google Drive, tap ikon + yang dapat Anda temukan di sebelah kanan bawah aplikasi.

cara menyimpan file di google drive android

Akan muncul enam buah menu, yakni Folder, Upload, Pindai, Google Dokumen, Google Spreadsheet, dan Google Slide. Pilih menu Upload untuk memasukkan file yang akan disimpan, atau pilih menu Folder untuk cara buat folder file di Google Drive. Sebagai contoh, saya akan membuat sebuah folder terlebih dahulu kemudian memasukkan beberapa file ke dalamnya.

menu baru
Tuliskan sebuah nama pada folder file yang akan dibuat kemudian klik Oke.

cara buat folder file di google drive

Folder berhasil dibuat. Buka folder tersebut kemudian kembali tap ikon + dan pilih menu Upload.

google drive upload
Cari lokasi file yang akan disimpan pada Google Drive. Semua jenis file bisa Anda upload tanpa terkecuali, seperti gambar/foto, musik, video, dokumen, aplikasi Android/PC, berkas iso/zip, dan lain sebagainya. Seleksi semua file Anda kemudian tap Buka.

mencari lokasi file

Berkas Anda sedang menunggu Wi-Fi untuk diupload. Jika Anda menggunakan koneksi Wifi, proses penguploadan akan dilakukan secara otomatis oleh Google Drive. Jika tidak, Anda harus menguploadnya manual dengan cara tap ikon panah melingkar yang berada di setiap file.

menunggu wifi

Cara menyimpan file di google drive android selesai. Untuk mengecek apakah file tersebut bisa didownload, tap tiga titik ke bawah pada salah satu file kemudian pilih Salin link.

salin link

Buka link yang Anda salin tadi melalui browser. Jika tampilannya seperti screenshot di bawah ini, berarti file tersebut dapat didownload oleh Anda atau orang lain yang Anda berikan link file google drive tersebut.

mengecek link

Cara Menyimpan File di Google Drive Melalui PC

Berbeda dengan Android, cara masuk Google Drive melalui PC hanya dapat diakses melalui browser saja. Untuk itu buka browser Anda dan akseslah situs Google Drive, setelah halaman terbuka klik Kunjungi Google Drive.

halaman web google drive

Log in atau masuklah ke akun Gmail yang Anda miliki.

login

Untuk menambahkan sebuah file atau membuat folder, caranya sama seperti pada aplikasi Google Drive di smartphone Android. Klik ikon bertanda plus (+), dan Anda bisa memilih salah satu menu di sana. Saya rasa cara menyimpan file di Google Drive melalui PC ini kurang lebih langkah-langkahnya hampir sama dengan melalui aplikasi. Untuk itu saya anggap Anda sudah mengerti.

tambah baru

Untuk memindahkan file ke dalam folder, klik kanan pada file tersebut kemudian pilih Pindahkan ke.

pindahkan ke

Tentukan di folder mana file tersebut akan disimpan, kemudian klik Pindahkan.

memilih folder

Cara menyimpan file pada Google Drive selesai. Untuk mengecek apakah file dapat didownload, klik kanan kemudian pilih Dapatkan link yang dapat dibagikan.

dapatkan link

Buka link tersebut dengan menempelkannya pada Address bar pada browser. Jika tampilannya seperti screenshot di bawah ini, berarti file Anda dapat diunduh. Cara menyimpan file dari google drive tersebut Anda cukup mengklik ikon Download yang berada di sebelah kanan atas halaman.

cara menyimpan file dari google drive

Kesimpulan

Cara menyimpan file di google drive dapat mengamankan dan mengembalikan file penting Anda jika suatu saat terjadi satu hal yang tidak diinginkan. Cara menyimpan file di google drive android bisa dilakukan melalui aplikasi Google Drive yang tersedia di Play Store, sedangkan jika melalui PC, cara masuk google drive hanya bisa diakses melalui browser.

Sekian artikel Salam Tekno kali ini mengenai cara menyimpan file pada google drive. Saya harap Anda bisa mempraktikannya dengan baik dan tidak ada kendala. Jika terdapat hal yang ingin ditanyakan, maupun saran dan kritik, silahkan tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Sekian dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menyimpan File di Google Drive Melalui Android dan PC"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel