Cara Menyimpan File di Gmail Lewat HP Android, Apakah Bisa? - Salam Tekno

Cara Menyimpan File di Gmail Lewat HP Android, Apakah Bisa?

Mungkin yang selama ini kita tahu, Gmail (Google Mail) hanya berfungsi untuk mengirim dan menerima email saja, namun ternyata lebih dari itu. Dengan Anda mempunyai sebuah akun Gmail, Anda akan dapat menikmati seluruh fasilitas dan layanan yang ditawarkan oleh Google. Seperti salah satunya adalah cara menyimpan file di Gmail yang akan saya bahas pada artikel Salam Tekno kali ini.

Meskipun saat ini ada Google Drive yang merupakan sebuah layanan dari google yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan online, mungkinkah cara menyimpan file di gmail ini bisa dilakukan? Awalnya saya ragu, namun ternyata Gmail juga dapat dimanfaatkan untuk menyimpan file melalui fitur lampirkan file di dalamnya. Namun sayangnya ukuran file yang akan disimpan harus kurang dari 25 MB sekali simpan, tidak bisa lebih dari itu.

cara menyimpan file di gmail

Untuk itu, saya lebih menyarankan agar Anda memanfaatkan Google Drive saja untuk urusan penyimpanan file secara online. Cara menyimpan file di google drive android telah saya bahas pada artikel Salam Tekno kemarin, Anda bisa mengunjungi artikel tersebut untuk membaca dan mempraktikkan tutorialnya. Jika Anda ingin membackup foto karena tidak mau menghapusnya untuk menghemat ruang penyimpanan ponsel, Anda juga dapat mengunjungi artikel cara menyimpan foto di google drive kemarin untuk Anda coba praktikkan.

Meskipun demikian, cara simpan file di gmail juga perlu untuk diketahui karena mungkin suatu saat Anda akan membutuhkannya. Simak tutorial lengkapnya berikut ini.

Cara Menyimpan File di Gmail Lewat HP Android

Gmail pada dasarnya adalah sebuah layanan email gratis, oleh karena itu untuk dapat mengikuti cara menyimpan file di gmail android ini Anda harus membuat dan mempunyai sebuah email dari gmail terlebih dahulu. Saya rasa Anda sudah dapat membuatnya sendiri, jadi saya anggap Anda telah mempunyai sebuah akun gmail dalam tutorial kali ini.

Langkah-langkah dan cara menyimpan file lewat gmail sebenarnya sama seperti cara mengirim pesan lewat email pada artikel terdahulu. Namun yang ditekankan dalam tutorial kali ini bukan pada proses mengirim emailnya, melainkan pada pemanfaatan fitur lampirkan file yang ada di Gmail.

Langsung saja, buka aplikasi Gmail yang telah terpasang di ponsel Android Anda. Biasanya Gmail ini telah menjadi aplikasi bawaan dari setiap ponsel Android, jadi Anda tidak perlu lagi mengunduh dan memasangnya.

Masuklah ke akun gmail yang Anda miliki. Jika Anda memiliki lebih dari satu akun gmail, Anda dapat tampilkan alamat email saat ini yang Anda punya dengan mentap menu tiga garis ke samping. Dengan menu tersebut, Anda dapat beralih dari satu email ke email lainnya dengan singkat.

menampilkan alamat email

Tulis sebuah pesan email baru dengan mentap ikon pensil yang berada di sebelah kanan bawah layar.

tulis pesan baru

Kotak Dari akan secara otomatis terisi dengan alamat email yang Anda gunakan. Anda hanya perlu memasukkan kepada siapa Anda akan mengirimkan email, subjek, dan juga isi pesannya.

tampilan penulisan pesan

Untuk menyimpan file di gmail lewat hp, tap dan pilih ikon penjepit kertas yang merupakan menu untuk melampirkan file. Menu ini selain digunakan untuk mengirim berkas ke alamat alamat email tujuan, juga dapat dimanfaatkan untuk menyimpan file di email Gmail si pengirim. Tap ikon tersebut dan pilih Lampirkan file.

cara menyimpan file di gmail android

Cari lokasi file yang akan Anda simpan di Gmail kemudian tap Buka. Anda dapat menyimpan semua jenis file, termasuk cara menyimpan foto di gmail. Seleksi semua file tersebut dengan catatan ukuran semuanya tidak lebih dari 25 MB.

mencari lokasi file

File-file yang Anda pilih tersebut akan dilampirkan bersama pesan email yang Anda tulis. Kirimlah pesan email tersebut dengan mentap menu Kirim yang dilambangkan dengan ikon origami pesawat. File dan pesan Anda akan otomatis tersimpan pada menu email Terkirim.

mengirim pesan email

Cara menyimpan file dari gmail ke flashdisk atau dari google ke laptop tersebut nanti, masuklah ke menu email Terkirim, pilih dan buka email yang di dalamnya terdapat file yang Anda simpan, kemudian tap ikon Download yang terdapat pada setiap file yang dilampirkan. File tersebut akan didownload dan disimpan pada folder Unduhan. Cara menyimpan file di gmail pun selesai.

cara menyimpan file dari gmail

Kesimpulan

Cara menyimpan file di gmail dapat dilakukan dengan memanfaatkan fitur lampirkan file yang terdapat pada gmail ketika menulis pesan baru. Namun, cara menyimpan file di gmail android ini dibatasi oleh ukurannya yang tidak boleh lebih dari 25 MB. Oleh karena itu, saya menyarankan agar Anda menggunakan Google Drive saja untuk menyimpan dan mengamankan file-file penting yang Anda miliki.

Setelah membaca artikel ini, pasti Anda tidak menyangka kalau cara menyimpan file di gmail ternyata bisa dilakukan bukan? Untuk itu, tetap ikuti blog Salam Tekno ini agar Anda selalu mendapatkan artikel-artikel terbaru setiap harinya yang tentunya menarik untuk dibaca dan sayang untuk dilewatkan. Sekian dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menyimpan File di Gmail Lewat HP Android, Apakah Bisa?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel