Cara Menulis Aksara Bali dan Bahasa Sanskerta di Microsoft Word Komputer dan Android - Salam Tekno

Cara Menulis Aksara Bali dan Bahasa Sanskerta di Microsoft Word Komputer dan Android

Di dalam artikel Salam Tekno kali ini akan dibahas beberapa langkah penting untuk menulis aksara Bali di Microsoft Word pada komputer maupun perangkat mobile khususnya Android. Untuk itu, bagi Anda yang ingin mengetahui sekaligus mempelajari bagaimana cara menulis aksara Bali secara digital, silakan Anda pahami dan ikuti langkah-langkahnya dengan baik.

cara menulis aksara bali

Menurut Wikipedia, aksara Bali atau lebih dikenal juga sebagai Hanacaraka adalah kerabat dekat aksara Jawa yang merupakan satu dari sekian banyak aksara atau huruf tradisional Nusantara yang berkembang di kalangan masyarakat daerah Pulau Bali.

Secara umum, aksara Bali ini digunakan untuk menulis bahasa Bali dan bahasa Sanskerta. Bahkan dengan sedikit perubahan saja, aksara Bali bisa juga untuk menulis bahasa Sasak yang digunakan di daerah Lombok. Dengan demikian, Anda hanya cukup mengikuti tutorial cara menulis aksara Bali ini dengan baik jika Anda bermaksud menulis bahasa Sanskerta maupun bahasa Sasak.

Sama seperti aksara Jawa, aksara Bali juga telah termasuk ke dalam standar Unicode versi 5.0 pada bulan Juli tahun 2006 silam. Oleh karena itu, miliki dan pasanglah terlebih dahulu font yang dapat menampilkan karakter tulisan aksara Bali pada komputer yang Anda miliki sebelum Anda menulis aksara Bali di program pengolah kata seperti Microsoft Word dan sebagainya.

Jika pada kumpulan font aksara Jawa ada font Noto Sans Javanese, maka untuk font aksara Bali sendiri Anda bisa menggunakan font bernama Noto Sans Balinese yang masih satu bagian dari seri font Noto buatan Google. Anda bisa mendapatkan font tersebut melalui tautan di bawah ini kemudian pasanglah untuk mengetik aksara Bali di komputer.

Download | Noto Sans Balinese Font (Gratis)

Cara Menulis Aksara Bali di Microsoft Word

Menulis aksara Bali ini saya jelaskan dengan cara yang paling mudah dan cepat dibanding dengan menggunakan On Screen Keyboard seperti pada artikel mengenai keyboard aksara Jawa kemarin. Sama halnya dengan cara menulis aksara Jawa, Anda hanya cukup menggunakan situs transliterasi aksara Bali yang ada di internet saja.

Satu dari beberapa situs translate tulisan latin ke aksara Bali di internet yang bisa Anda gunakan adalah Nulisa Aksara Bali buatan seorang Wikipediawan bernama Bennylin yang juga telah menciptakan Nulisa Aksara Jawa sebagai alat translate aksara Jawa Hanacaraka.

Nulisa Aksara Bali mulai dibuat pada 6 April 2015 dan hingga saat ini, Nulisa telah mendukung penulisan aksara Bali secara lengkap mulai dari penulisan aksara Bali Anacaraka, angka aksara Bali, aksara Bali vokal (a, i, u, e, o), dan lain sebagainya.

Untuk memulai menulis aksara Bali, buka aplikasi browser di laptop maupun Android Anda kemudian kunjungi situs Nulisa Aksara Bali melalui tautan http://bennylin.github.io/transliterasijawa/bali.html.

Setelah situs Nulisa terbuka, mulailah mengetik kata atau tulisan apa yang akan Anda ubah ke aksara Bali. Sebagai contoh, saya akan mengetik tulisan aksara Bali "Om Swastiastu" dan "Sang Hyang Widhi". Ketika Anda mengetik tulisan latin, maka pratayang aksara Bali dari apa yang Anda ketik tersebut juga akan ditampilkan oleh Nulisa.

Nulisa Aksara Bali

Selesai Anda memasukkan kata yang ingin Anda ubah, tekanlah tombol Enter yang ada pada keyboard. Dengan begitu, aksara Bali dari kata yang Anda masukkan tadi akan tampil pada kotak yang kedua.

tulisan aksara bali

Silakan Anda seleksi tulisan aksara Jawa pada kotak yang kedua tersebut kemudian salin (copy) untuk ditempelkan (paste) di software pengolah kata seperti Microsoft Word dan sebagainya.

menyalin teks

Agar Anda tidak lupa dengan alamat URL Nulisa, Anda dapat download transliterasi aksara Bali tersebut dan menyimpannya dengan menekan  CTRL+S pada keyboard kemudian klik tombol Save.

download transliterasi aksara bali

Langkah dalam cara menulis aksara Bali selanjutnya adalah membuka aplikasi Microsoft Word maupun aplikasi pengolah kata lainnya pada komputer maupun Android untuk menempelkan aksara Bali yang telah Anda copy sebelumnya. Laptop Anda belum terpasang Microsoft Word? Kunjungi cara download Microsoft Office.

Sebelum mempastekan, ganti terlebih dahulu font yang dipakai dengan Noto Sans Balinese yang telah Anda download dan pasang sesuai intruksi saya di atas, kemudian klik segitiga kecil di bawah ikon Paste dan pilih Keep Text Only (A).

paste teks bali

Dengan langkah di atas, maka tulisan aksara Bali yang akan Anda tulis telah muncul pada Microsoft Word. Anda hanya tinggal melengkapinya saja dengan tulisan latin maupun yang lainnya sesuai kebutuhan. Cara menulis aksara Bali dan bahasa Sanskerta akhirnya selesai.

aksara bali om swastiastu

Kesimpulan

Cara menulis aksara Bali dan bahasa Sanskerta dapat Anda lakukan dengan mengunduh dan memasang font aksara Bali bernama Noto Sans Balinese terlebih dahulu pada komputer yang Anda miliki. Baru kemudian mengunjungi situs transliterasi aksara Bali bernama Nulisa Aksara Bali buatan Bennylin secara online dan menyalin tulisan hasil konversi dari latin ke aksara Bali untuk kemudian ditempelkan pada software Microsoft Word maupun software pengolah kata sejenisnya.

Nah, itulah langkah yang paling mudah dan singkat dalam menulis aksara Bali sekaligus bahasa Sanskerta secara digital pada komputer maupun Android. Jika terdapat kesalahan maupun kekurangan, jangan ragu untuk memanfaatkan kolom komentar yang ada di bawah sebagai media diskusi. Sekian dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menulis Aksara Bali dan Bahasa Sanskerta di Microsoft Word Komputer dan Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel