Kumpulan Font Aksara Bali untuk Menulis Bahasa Sanskerta di Komputer - Salam Tekno

Kumpulan Font Aksara Bali untuk Menulis Bahasa Sanskerta di Komputer

Seperti yang telah sedikit saya singgung pada artikel kemarin mengenai cara menulis aksara Bali, Anda harus sudah mempunyai dan memasang font aksara Bali terlebih dahulu agar bacaan aksara Bali bisa terbaca dengan baik jika diketik melalui aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Word di komputer maupun Android.

font aksara bali

Sejak tahun 2006, aksara Bali telah termasuk ke dalam standar Unicode dan menempati kodifikasi dari U+1B00 sampai U+1B7F. Sejak saat itu jugalah, karakter-karakter aksara Bali ini telah bisa digunakan untuk berbagai keperluan seperti penulisan halaman internet, surat elektronik, website atau blog, dan sebagainya. Tentu untuk dapat melakukannya, Anda sudah harus mempunyai font aksara Bali terlebih dahulu dan memasangnya pada komputer yang Anda miliki.

Adapun kumpulan font Bali yang saya bagikan pada artikel ini telah saya coba sendiri untuk menulis aksara Bali dan bahasa Sanskerta khususnya di perangkat komputer. Dan ternyata, font tersebut tidak hanya dapat digunakan pada software pengolah kata saja, namun dapat juga digunakan pada software untuk desain grafis seperti Corel Draw, Photoshop, dan lain-lain. Bagi Anda yang sedang mencari font aksara Bali untuk Corel Draw, silakan Anda unduh font yang saya sediakan di bawah ini.

Kumpulan Font Aksara Bali Lengkap

#1 Bali Simbar

Font aksara Bali pertama yang saya bagikan kali ini bernama Bali Simbar yang juga merupakan font aksara Bali untuk perangkat komputer yang pertama kali muncul dan beredar luas. Sebagai penemu Bali Simbar, I Made Suatjana membuat font ini dengan memanfaatkan alokasi dari kodifikasi ASCII untuk dikamuflasekan ke dalam bentuk karakter asli dari aksara Bali.

font bali simbar

Sejak pertama kali dibuat, font Bali Simbar ini masih terbatas penggunaannya hanya untuk keperluan pengetikan maupun penulisan aksara Bali dan bahasa Sanskerta menggunakan templat untuk Microsoft Word saja. Dan setelah terdaftar Unicode pada tahun 2006, Bali Simbar akhirnya disempurnakan sehingga penggunaannya telah meluas sampai kepada perangkat mobile seperti Android dan lain-lain. Download font aksara Bali untuk Android tersebut melalui link di bawah ini.

Download | Bali Simbar Font (Gratis)

#2 Noto Sans Balinese

Jika pada kumpulan font aksara Jawa sebelumnya ada Noto Sans Javanese, maka untuk font aksara Bali sendiri ada Noto Sans Balinese yang masih termasuk ke dalam bagian seri font Noto buatan Google.

noto sans balinese

Sebagai font buatan Google, tentunya Noto Sans Balinese ini telah mendukung penulisan aksara Bali di berbagai software maupun aplikasi yang ada di semua perangkat digital saat ini mulai dari komputer hingga mobile. Bahkan, font ini digunakan juga pada situs transliterasi aksara Bali online bernama Nulisa Aksara Bali yang telah saya bahas pada artikel sebelumnya.

Download aksara Bali font online tersebut dengan mengunjungi link google drive di bawah ini.

Download | Noto Sans Balinese (Gratis)

#3 Font Bali Simbar Dwijendra

Font aksara Bali ketiga sekaligus terakhir yang saya bagikan pada artikel kali ini bernama Bali Simbar Dwijendra yang merupakan program dari Yayasan Dwijendra Pusat Denpasar yang diketuai oleh Drs. Ida Bagus Gede Wiyana.

font bali simbar dwijendra

Sesuai namanya, font ini merupakan versi lain dari font Bali Simbar karya I Made Suatjana yang lebih disempurnakan dengan dibuat lebih tebal sehingga mudah dibaca dan dipelajari bagi yang ingin bisa menulis aksara Bali maupun bahasa Sanskerta secara manual maupun digital.

Download | Font Bali Simbar Dwijendra (Gratis)

Kesimpulan

Font aksara Bali yang saya bagikan pada artikel ini ada tiga buah, yakni Bali Simbar buatan I Made Suatjana, Noto Sans Balinese buatan Google, dan Bali Simbar Dwijendra dari Yayasan Dwijendra Pusat Denpasar. Ketiga font tersebut dapat digunakan dengan baik untuk menulis aksara Bali maupun bahasa Sanskerta pada Microsoft Word dan software lainnya di perangkat komputer maupun Android.

Nah, itulah beberapa font aksara Bali yang bisa saya bagikan kali ini. Jika Anda memiliki rekomendasi font lainnya yang mendukung pengetikan aksara Bali, jangan ragu untuk memberitahukannya melalui kolom komentar yang ada di bawah. Sekian dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kumpulan Font Aksara Bali untuk Menulis Bahasa Sanskerta di Komputer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel