Translate Aksara Bali ke Latin dan Sebaliknya Secara Online - Salam Tekno

Translate Aksara Bali ke Latin dan Sebaliknya Secara Online

Translate aksara Bali bisa menjadi alat yang dapat mempermudah Anda untuk menulis aksara Bali secara digital pada komputer maupun Android. Dan bagi Anda yang membutuhkan, melalui artikel Salam Tekno kali ini saya akan beritahukan beberapa alat translate aksara Bali ke latin di internet yang bisa Anda akses secara online.

translate aksara bali

Dengan adanya alat translate aksara Bali tersebut, Anda hanya perlu melakukan penyalinan (copy) terhadap wacana aksara Bali dari kata latin yang telah Anda ubah kemudian menempelkannya (paste) pada program pengolah kata seperti Microsoft Word dan sejenisnya. Sangat mudah sekali bukan?

Namun sebelum menggunakannya, Anda harus sudah memasang font aksara Bali pada komputer yang Anda miliki terlebih dahulu. Hal ini agar tulisan Bali yang dicopykan di situs translate aksara Bali bisa terbaca dengan baik ketika dipastekan pada Microsoft Word. Kumpulan font aksara Bali telah saya bagikan pada artikel sebelumnya, silakan Anda kunjungi kemudian unduhlah font bernama Noto Sans Balinese untuk digunakan.

Translate Aksara Bali ke Latin dan Sebaliknya

Ada dua buah situs web dan dua aplikasi translate aksara Bali untuk pengguna Android yang akan saya bahas, dan semuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk itu, pilihlah salah satunya yang menurut Anda bagus untuk digunakan.

Situs Transliterasi Aksara Bali

Situs web yang akan saya rekomendasikan di bawah ini fungsinya sama seperti Google Translate. Bedanya, jika Google Translate digunakan untuk menerjemahkan suatu bahasa ke bahasa yang lain, maka situs translate aksara Jawa hanya berfungsi untuk mengubah atau mengonversi tulisan latin yang kita masukkan ke dalam aksara Bali. Dan hingga kini, google translate aksara Bali belum tersedia fiturnya untuk dinikmati.

#1 Nulisa Aksara Bali

Nulisa Aksara Bali adalah situs translate aksara Bali yang mulai dibuat pada tanggal 6 April 2015 oleh Bennylin, seorang wikipediawan yang juga telah menciptakan Nulisa Aksara Jawa sebagai situs translate aksara Jawa Hanacaraka.

Sebagai situs pertama yang saya rekomendasikan, tentunya Nulisa ini memiliki kelebihan yang belum dimiliki situs lainnya. Nulisa Aksara Bali telah mendukung penulisan aksara Bali lengkap mulai dari penulisan aksara Bali Anacaraka, aksara Bali dan gantungannya, angka aksara Bali, dan lain sebagainya.

Selain dapat mengonversikan huruf latin ke aksara Bali, Nulisa juga dapat Anda manfaatkan untuk fungsi sebaliknya, yaitu translate aksara Bali ke bahasa Bali dan bahasa lainnya dalam bentuk tulisan latin biasa melalui fitur dan menu Bali > Latin yang dimilikinya.

Untuk penggunaan situs translate aksara Bali Nulisa, telah saya bahas secara detail pada tutorial sebelumnya pada artikel cara menulis aksara Bali secara digital. Silakan kunjungi artikel tersebut atau langsung menuju situsnya melalui link http://bennylin.github.io/transliterasijawa/bali.html jika Anda ingin bereksperimen sendiri.

#2 Transliterasi Aksara Bali

Transliterasi Aksara Bali adalah alat translate aksara Bali online sederhana yang dapat Anda temukan melalui website Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha), tepatnya pada halaman Program Studi (Prodi) Magister Ilmu Komputer.

Terdapat beberapa kelebihan di situs ini yang tidak dimiliki oleh Nulisa, dimana Anda dapat mengatur jarak spasi, ukuran huruf, dan juga warna dari aksara Bali yang dikonversi dari huruf latin yang Anda masukan. Di samping itu, Transliterasi Aksara Bali juga menyertakan beberapa Pangangge atau Sandhangan Bali yang hurufnya tidak terdapat pada keyboard komputer, sehingga Anda hanya perlu mengklik huruf Pangangge tersebut untuk menambahkannya pada kata latin yang akan Anda konversi.

Sayangnya, kekurangan dari situs ini adalah tidak dapat menyalin (copy) tulisan aksara Bali yang telah dikonversi, sehingga proses penulisan aksara Bali menjadi lebih sulit. Selain itu, Transliterasi Aksara Bali juga belum mempunyai fitur untuk mengubah tulisan aksara Bali ke dalam tulisan latin biasa seperti halnya yang dapat dilakukan oleh situs Nulisa.

Anda dapat mengunjungi situs website Transliterasi Aksara Bali tersebut melalui tautan http://pasca.undiksha.ac.id/ilkom/transliterasi/ baik pada komputer maupun ponsel Android yang Anda miliki.

Aplikasi Translate Aksara Bali

Ada dua buah translate aksara Bali Apk untuk ponsel Android, masing-masing bernama Aksara Bali dan Noto Bali. Keduanya dibuat oleh institusi yang sama, yakni Computer Science Graduate Program of Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha), Indonesia. Ya bisa dikatakan, dua buah alat translate tersebut merupakan versi aplikasi dari situs Transliterasi Aksara Bali yang saya bahas sebelumnya.

Cara translate aksara Bali menggunakan aplikasi tersebut sangatlah mudah. Download transliterasi aksara Bali Apk tersebut pada Google Play Store terlebih dahulu kemudian buka. Ketuk tombol Go!, ketik dan masukkan kata latin yang akan di konversi ke aksara Bali, kemudian kembali ketuk tombol Go!. Setelah itu, maka aksara Bali hasil konversi dari kata latin yang Anda masukkan akan ditampilkan.

Cara tersebut berlaku untuk aplikasi Aksara Bali maupun Noto Bali. Perbedaannya hanya terletak pada jenis font yang digunakan pada masing-masing aplikasinya saja, dimana Aksara Bali menggunakan font Bali Simbar sedangkan Noto Bali memakai font Noto Sans Balinese buatan Google.

Sayangnya, dua aplikasi tersebut juga tidak bisa melakukan penyalinan (copy) terhadap tulisan aksara Bali yang telah dikonversi. Selain itu, penerjemahan aksara Bali ke bahasa latin juga belum mendukung.

Kesimpulan

Translate aksara Bali saya bagi ke dalam dua media, yaitu situs website dan aplikasi Android. Situs translate aksara Bali ke latin di antaranya adalah Nulisa Aksara Bali buatan Bennylin dan Transliterasi Aksara Bali yang berada di website pascasarjana Undiksha. Adapun aplikasi translate aksara Bali yang ada di Google Play Store bernama Aksara Bali dan Noto Bali yang dibuat oleh institusi yang sama dengan situs yang kedua. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Itulah beberapa alat translate aksara Bali yang bisa saya bagikan. Jadi, manakah di antara alat tersebut yang menurut Anda bagus untuk digunakan? Tulis tanggapan Anda melalui kolom komentar di bawah. Sekian dan terima kasih. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Translate Aksara Bali ke Latin dan Sebaliknya Secara Online"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel